Sukses

Lebih Sehat dari Teh Hijau, Ini 5 Manfaat Minum Matcha

Konsumsi secara rutin matcha untuk merasakan manfaatnya untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Minuman matcha kini sudah menjadi sebuah tren, khususnya bagi masyarakat modern yang tinggal di perkotaan. Minuman khas Jepang ini berasal dari teh hijau yang diproses dengan cara ditumbuk atau digiling hingga halus menjadi bubuk.

Matcha dibuat dengan cara menggiling seluruh daun tehnya menjadi bubuk, oleh karena itu menjadikan nutrisi yang ada di dalam daunnya tidak terbuang. Berbeda dengan green tea yang disajikan dengan cara diseduh dengan menggunakan air panas.

Matcha juga memiliki kandungan yang sangat kaya akan antioksidan, bahkan kandungan antioksidannya lebih banyak dari jenis teh hijau lainnya. Salah satu antioksidan tertinggi pada matcha adalah katekin. Di mana zat ini mampu melawan proses peradangan, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan lain sebagainya.

Selain keunggulan tersebut, ada beberapa manfaat minum matcha lainnya yang bisa kamu rasakan. Berikut ini Liputan6.com, Senin (9/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minum matcha untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Berat Badan

Manfaat minum matcha yang bisa kamu rasakan pertama adalah bisa berkurangnya berat badan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan matcha memiliki kandungan tinggi katekin yang bisa membantu kamu mengatur nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengemil.

Kandungan katekin ini bisa membantu menghambat pergerakan glukosa menjadi sel-sel lemak, yang memperlambat kenaikan gula darah dan penyimpanan lemak selanjutnya. Nah, ketika gula darah tetap stabil, kamu akan cenderung tidak mudah merasakan lapar.

Selain itu, pada matcha juga mengandung antioksidan epigallocatechin gallate atau ECGC yang bisa membantu meningkatkan metabolisme. Kandungan ini juga lebih memungkinkan kamu untuk meningkatkan dan menurunkan berat badan. Apalagi kalau kamu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat lainnya.

3 dari 6 halaman

Mampu Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Matcha juga memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dari teh hijau. Kandungan ini menandakan matcha sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Selain itu, manfaat kafein juga bisa memperlambat penurunan kognitif, menambah daya ingat, serta energi.

Namun perlu diingat bahwa jangan mengonsumsi kafein sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu istirahat kamu. Selain itu, batasi juga asupan kafein hanya 300 – 400 miligram per harinya.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Kanker

Adanya kandungan antioksidan pada matcha, khususnya Epigallocathecin 3 gallate, bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Selain itu, kandungan katekinnya juga bisa mendorong enzim detoksifikasi bekerja.

Lainnya, enzim-enzim seperti glutathione S-transferase dan Quinone reductase juga dikenal mampu mencegah pertumbuhan tumor. Berdasarkan hasil penelitian, mengatakan bahwa kandungan polyphenols di dalam matcha bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Gigi

Minum secangkir matcha sehari bisa membantu menjaga gigi kamu tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kandungan di daun yang membantu menjaga kadar asam yang sehat di mulut kamu.

Selain itu, fluoride yang didapat tanaman dari tanah juga bisa membantu kesehatan gigi kamu. Sementara itu, air yang kamu gunakan untuk membuat matcha kemungkinan juga mengandung fluoride.

6 dari 6 halaman

Meredakan Peradangan

Adanya kandungan antioksidan dalam matcha yang disebut polifenol dikenal bisa meringankan masalah radang sendi. Ini juga dapat memperlambat kerusakan tulang rawan yang dapat menyebabkan radang sendi.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.