Nicki Minaj Putuskan Pensiun Bernyanyi, Begini Pejalanan Kariernya di Dunia Hiburan

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 09 Sep 2019, 15:15 WIB
Diperbarui 13 Sep 2019, 12:11 WIB
[Bintang] Nicki Minaj

Liputan6.com, Jakarta Nama Nicki Minaj tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik bergenre Hip Hop, R&B, dan EDM. Baru-baru ini Nicki menjadi perbincangan hangat netizen, lataran cuitannya di Twitter. Dalam cuitan tersebut rapper 36 tahun ini mengungkapkan keinginannya untuk pensiun di dunia hiburan. Pelantun lagu ‘Bang Bang’ ini mengaku akan segera meninggalkan dunia yang membesarkan namanya, seperti Liputan6.com dilansir dari BuzzFeed News, Senin (9/9/2019).

"Aku sudah memutuskan untuk berhenti (dari entertainment) dan berkeluarga. Aku tahu kalian sekarang sedang bahagia. Untuk fansku, tetap dukung aku sampai meninggal nanti. Aku cinta kalian semua!" tulis Nicki di akun Twitter-nya pada Kamis (5/9/2019).

Banyak yang tidak bisa percaya jika rapper legendaris itu benar-benar pensiun jadi artis untuk bisa membangun sebuah keluarga. Bahkan, tak sedikit yang meragukan Nicki Minaj benar-benar akan pensiun karena mengumumkannya melalui twitter. Sehari setelah cuitan tersebut, wanita kelahiran 8 Desember 1982 ini meminta maaf atas tindakannya.

Ia juga mengungkapkan tetap ingin pensiun dari dunia hiburan dan akan membahas rencananya tersebut di acara Queen Radio Apple Music Beats 1. 15 Tahun berkarier, berikut perjalanan karier Nicki Minaj yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019).

2 of 4

Kehidupan Nicki Minaj

[Bintang] Jlo-Drake-Nicki Minaj
Melansir Aceshowbiz (10/1), seorang sumber melaporkan pada Hollywoodlife.com bahwa Drake mengirimkan beberapa pesan untuk Nicki untuk memastikan kondisi Nicki setelah putus. Ia juga ingin memastikan Nicki tidak tersakiti. (AFP/Bintang.com)

Nicki Minaj adalah salah satu musisi Rap paling populer yang perjalanan kariernya cukup berliku. Menggabungkan suara unik dan dandanan nyentrik, ia sering disebut-sebut penerus tren Lady Gaga. Nicki Minaj lahir pada tanggal 8 Desember 1982 dengan nama asli Onika Tanya Maraj. Ia lahir di Trinidad & Tobago dan diasuh oleh neneknya, sedangkan kedua orangtuanya tinggal di Amerika Serikat.

Barulah saat umurnya sudah 5 tahun, pelantun ‘Anaconda’ ini pindah ke New York dan bersekolah di sekolah khusus musik dan seni. Di umur 19 tahun, ia terpaksa harus bekerja menjadi pelayan restoran. Berbagai macam pekerjaan ia lakoni dari menjadi asisten administrasi hingga customer service, dan manajer kantor. Nicki Minaj juga mengakui kalau dirinya ini pernah dipecat sebanyak 15 kali karena sikapnya yang tidak sopan kepada pelanggan.

Wanita keturunan India dan Afrika ini pernah memaparkan bahwa ayahnya bukanlah figur yang baik. Ayahnya adalah pecandu alkohol dan narkoba, dan kerap mengasari ibunya. Bahkan suatu kali, sang ayah berniat membunuh ibunya dengan membakar rumah. Namun hingga kini kedua orang tuanya masih tinggal bersama, dan sang ayah kabarnya tidak senang karena putrinya membeberkan masalah keluarganya.

3 of 4

Perjalanan Karier Nicki Minaj

Nicki Minaj
Nicki Minaj (Scott Roth/Invision/AP)

Nicki Minaj mengawali karier di dunia hiburan sudah sejak 2004 namun namanya mulai dikenal pada tahun 2007. Namanya mulai dikenal sejak keluar dari Full Force dan mengunggah lagu-lagu ke profil Myspace-nya, dan mengirimkan beberapa lagunya ke orang-orang di industri musik. Pada waktu itu, dia dimanajeri oleh Debra Antney. Kemudian, Fendi, CEO dari perusahaan rekaman asal Brooklyn bernama Dirty Money Entertainment, mengontrak Minaj selama 180-hari.

Tahun 2007, Nicki Minaj merilis mixtape pertamanya yang berjudul Playtime is Over. Lalu di tahun 2008, ia merilis mixtape keduanya yang berjudul Sucka Free. Di tahun itu juga Nicki Minaj mendapat penghargaan sebagai Female Artist of the Year dalam ajang Underground Music Awards 2008. Tahun 2009, ia merilis mixtape ketiganya yang berjudul Beam Me Up Scotty, dan salah satu lagunya yang berjudul I Get Crazy berhasil mendapat posisi 20 besar di US Billboard Hot Rap Songs.

Setelah itu ia bertemu dengan Lil Wayne, Nicki Minaj pun menandatangani kontrak dengan Young Money Entertainment dan muncul dalam album kompilasi We Are Young Money (2009). Bulan November 2010, rapper kondang ini merilis album debutnya yang bertajuk Pink Friday. Album ini berhasil mendapatkan penghargaan platinum dan meraih peringkat pertama di Amerika Serikat.

4 of 4

Karyanya Terus Melambung

[Bintang] Nicki Minaj - Ariana Grande
Ariana pun langsung mengatakan "aku mencintaimu" pada Nicki Minaj. Bahkan ia pun memberikan pelukan sebelum menerima peghargaan best Pop Video VMA. (E!)

Album keduanya yang berjudul Pink Friday : Roman Reloaded dirilis pada bulan April 2012. Lagi-lagi album Nicki Minaj mendapat penghargaan platinum. Album ini berisi campuran lagu bergenre hip-hop dan pop. Single pertama dari album ini, yaitu Starship, meraih posisi ke-5 dalam Billboard Hot 100 dan menjadi single yang paling laku di tahun 2012.

Berkat single Starship ini, ia berhasil menyabet penghargaan Best Female Video di ajang MTV Video Music Awards 2012 dan Best Hip-Hop di MTV Europe Music Awads 2012. Bulan Desember 2014, rapper yang pernah jadi juri American Idol ini merilis album ketiganya yang berjudul Pink Print.

Pada bulan yang sama juga, Nicki Minaj dinominasikan dalam 2 kategori sekaligus di Grammy Awards, yakni Best Rap Song 2015 untuk lagu Anaconda dan Best Pop Duo/Group untuk lagu Bang-Bang bersama dengan Jessie J dan Ariana Grande. Kesuksesan Nicki Minaj dianggap sebagai salah satu momen bersejarah rapper wanita di dunia musik Amerika Serikat.

Ia bahkan diakui sebagai salah satu musisi wanita yang ikut membentuk budaya hip-hop melalui musik dan gaya rap yang dimiliki. Selain itu, ia juga telah mencetak rekor luar biasa, di antaranya ia menjadi artis rap wanita pertama yang tampil di Stadion Yankee.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by