7 Jenis Lovebird Paling Mahal dengan Bulu Tercantik, Pecinta Kicau Wajib Punya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 06 Sep 2019, 17:30 WIB

Diperbarui 13 Sep 2019, 20:24 WIB

Jenis Lovebird Paling Mahal

Liputan6.com, Jakarta Jenis lovebird paling mahal ada banyak. Di setiap jenisnya masing-masing juga memiliki harga yang berbeda-beda. Semakin mahal jenis lovebird, maka perawatannya juga membutuhkan tenaga yang ekstra. Burung lovebird dianggap bagus dan indah apabila warnanya terbilang langka dan sulit ditemukan. 

Warna lovebird yang langka justru semakin banyak peminatnya. Maka tak heran kalau lovebird yang langka termasuk ke dalam jenis lovebird paling mahal. Ya, warna lovebird langka bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekornya.

Buat kamu yang tertarik ingin memelihara lovebird, tak ada salahnya untuk mencari beberapa referensi seputar lovebird ini. Berikut Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) juga telah mengumpulkan beberapa jenis lovebird paling mahal dengan bulu tercantik yang bisa kamu miliki.

2 of 8

Lovebird Biola Blue

Jenis Lovebird Paling Mahal
Lovebird Biola Blue (Sumber: Istockphoto)

Jenis lovebird paling mahal dengan bulu yang cantik pertama adalah si lovebird biola blue. Termasuk ke dalam jenis lovebird biola, lovebird biola blue termasuk ke jajaran jenis yang termahal. Harganya biasanya berada di atas harga biola lainnya. Perpaduan warna biru sangat menyatu dengan burung ini.

Dibandingkan varian lovebird biola lainnya, harga lovebird biola blue lebih fantastis. Dimana harga lovebird biola blue sekitar Rp 40 jutaan.

3 of 8

Lovebird Halfsider

Jenis Lovebird Paling Mahal
Lovebird Halfsider (Sumber: Istockphoto)

Jenis lovebird paling mahal selanjutnya adalah lovebird halfsider yang merupakan jenis yang tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird yang satu ini.

Ciri fisik dari lovebird halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Keunikan perpaduan lovebird halfsider juga cukup aneh karena berada tepat di tengah-tengah garis tubuhnya.

Nah, untuk harga dari jenis lovebird halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

4 of 8

Lovebird Batman

Jenis lovebird paling mahal berikutnya adalah lovebird batman. Lovebird batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan. Maka tak heran kalau cukup sulit menemukan lovebird batman ini.

Lovebird batman sangat sulit diternak kalau induknya tidak ada yang berwarna hitam batman. Warna lovebird batman ini juga tergolong mutasi warna baru, sehingga harganya pun lumayan mahal. Untuk harga lovebird batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu rupiah hingga Rp 1,3 juta rupiah.

 

5 of 8

Lovebird Violet

Lovebird violet
Lovebird violet (Sumber": My Lovebird)

Lovebird violet merupakan jenis lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird violet ini mempunyai penurunan sifat single dan double. Nah, untuk mencetak mutasi warna lovebird violet, salah satu indukan harus jenis lovebird violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri lovebird violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Warna bulu tersbeut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan di bagian perut lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau otanye tua.

Tidak hanya itu, lovebird violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan lovebird pastel violet. Warna bulu jenis lovebird ini didominasi putih, tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga lovebird violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu rupiah hingga Rp 800 ribu rupiah. Harga ini juga masih dilihat dari daerah dan usianya.

6 of 8

Lovebird Kepala Elang

Lovebird kepala elang juga termasuk ke dalam jenis lovebird yang langka dan sulit dibudidayakan. Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

Lovebird kepala elang termasuk ke dalam keluarga lovebird fischeri. Lovebird ini lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih.

Untuk harga dari lovebird kepala elang ini lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird violet. Harga lovebird ini berkisar Rp 1,5 juta rupiah hingga Rp 2 juta rupiah.

7 of 8

Lovebird Albino

Jenis Lovebird Paling Mahal
Lovebird Albino (Sumber: Istockphoto)

Berbeda dengan jenis lovebird paling mahal lainnya, lovebird albino ini memiliki keunikan tersendiri karena tidak memiliki variasi warna lain alias hanya ada warna putih saja. Beberapa orang kerap menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih.

Lovebird jenis ini juga sangat langka ditemukan di Indonesia. Lovebird albino ini terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Untuk lovebird albino mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu rupiah hingga Rp 750 ribu rupiah. Sedangkan lovebird albino mata merah dihargai sekitar RP 500 ribu rupiah hingga RP 1 juta rupiah.

8 of 8

Lovebird Cobalt

Jenis Lovebird Paling Mahal
Lovebird Cobalt / Sumber: upload.wikimedia.org

Lovebird cobalt merupakan salah satu jenis lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia, dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya karena memiliki varian warna yang banyak.

Ciri utama jenis lovebird cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lovebird lain yang mirip dengan cobalt, yaitu lovebird biru violet.

Untuk harga lovebird cobalt kamu berkisar Rp 450 ribu rupiah hingga Rp 750 ribu rupiah.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓