Sukses

Tak Biasa, Seniman Ini Buat Lukisan di Kaca dengan Dipecahkan

Seniman buat lukisan di kaca dengan dipecahkan, hasilnya bikin takjub.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang seniman, tentunya dibutuhkan imajinasi dan kreativitas untuk menghasilkan suatu karya seni yang indah dan bernilai. menghasilkan karya seni yang luar biasa dan bikin takjub menjadi kepuasan tersendiri bagi para penciptanya. 

Salah satu hasil karya seni yang hingga kini terus mengalami perubahan dan perkembangan yaitu karya seni lukis. Jika dulu lukisan hanya dapat diciptakan lewat media kanvas, cat minyak atau cat air serta alat pendukung lainnya, kini banyak seniman yang terus membuat gebrakan baru di dunia seni lukis. 

Seperti melukis dengan cara baru yaitu melukis di kaca. Terdengar biasa mungkin jika melukis di media kaca. Namun, salah satu seniman ini tak membutuhkan cat untuk menghasilkan lukisan di kaca. Ia beranggapan semakin banyak keterampilan teknis yang dimiliki, semakin baik utntuk dapat mempresentasikan ide-idenya.

Ia adalah seniman bernama Simon Berger. Seniman satu ini tak membutuhkan kanvas dan cat, melainkan alat pahat dan palu serta dinding kaca. Dengan barang-berang tersebut ia mampu menghasilkan karya seni lukisan di kaca yang bakal bikin takjub. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar dari Menjadi Seniman Kayu

Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) Simon Berger mengtaakan bahwa kaca adalah bahan yang memiliki begitu banyak potensi dalam seni. 

"Menggunakan pengalaman pengerjaan saya, saya telah menemukan teknik yang mungkin paling unik di seluruh dunia." ungkapnya dikutip dari Boredpanda. 

Awalnya ia menjadi seorang tukang kayu yang melatihnya soal karya artistik. Itu adalah pengalaman pertamanya dalam menciptakan seni artistik yang berasal dari kayu. Ia mulai bereksperimen dengan kayu dan mulai mencoba dengan bahan-bahan lainnya, salah satunya kaca.

3 dari 4 halaman

Lukisannya benar-benar bikin takjub.

Setelah menyadari jika kaca cocok sebagai media ekspreimennya, ia melanjutkan dengan berani mencoba membuat potret model di sebuah toko di pinggir jalan. Ia pun mulai berkeliling mencari dinding kaca yang cocok untuk ia garap.

Simon Berger kemudian membuat sketsa garis-garis pada panel kaca. Dari sana, ia mulai menandai tempat-tempat yang  ingin ia "hancurkan". Kaca terbaik untuk proyek-proyek ini adalah sesuatu yang tidak pecah segera setelah dipukul. Seperti kaca depan mobil.

"Wajah manusia selalu membuat saya terpesona," ungkapnya. 

Setelah membuat karya seninya di sebuah kaca toko, hasil lukisannya pun membuat pra pengunjung takjub. Meski sekilas terlihat abstrak, para pengunjung mulai menyadari bahwa itu adalah potret wajah manusia. 

4 dari 4 halaman

Gelar Pameran

Tak hanya pernah melukis pada umumny ayang menggunakan kanvas dan cat, Simon Berger juga memiliki pengalaman dengan memahat kayu hingga melukis di kaca yang membuatnya semakin dikenal. 

Ia bahkan sukses menggelar sebuah pameran di galeri Philipp Brogli Artstübli di Basel, Swiss. Di webnya, banyak netizen yang mengomentari hasil karya seninya yang luar biasa. 

"Ini adalah vandalism dilevel tinggi," tulis seorang netizen. 

"Usaha memecahkan kaca dengan luar biasa!!" timpal lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.