Unik, 6 Makhluk Hidup Ini Punya DNA Hampir Mirip dengan Manusia

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 05 Sep 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2019, 14:37 WIB
Ilustrasi simpanse (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Deoxyribonucleic Acid atau yang lebih dikenal DNA merupakan molekul kompleks yang menyimpan informasi genetik pada makhluk hidup. Uniknya, molekul ini tidak ada yang benar-benar mirip pada setiap individu. DNA sendiri memiliki peran yang amat penting bagi setiap makhuk hidup. DNA adalah bahan genetik mendasar yang mengontrol sifat-sifat makhluk hidup.

Seperti komputer, DNA pada manusia bisa diibaratkan sebagai kode genetik yang menjamin bahwa sel dari anak akan mewarisi karakteristik yang sama dari sel induknya. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun juga memiliki DNA. Tentunya DNA antara manusia, hewan dan tumbuhan sangat lah berbeda.

Namun belum lama ini para peniliti megungkapkan bahwa ada hewan dan tumbuhan yang memiliki kesamaan DNA lebih dari 50% dengan manusia. Bahkan sebagian dari makhluk hidup tersebut juga memiliki kepribadian dan perasaan sama dengan manusia. Kira-kira hewan dan tumbuhan apa yang memiliki DNA yang hamper mirip dengan makhluk tercerdas di bumi ini?

Berikut 6 makhluk hidup yang memiliki DNA mirip dengan manusia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2019).

2 of 7

1. Simpanse

Ilustrasi simpanse (iStock)
Ilustrasi simpanse (iStock)

Pada tahun 2005, dunia penelitian mengungkapkan bahwa Simpanse memiliki kemiripan DNA dengan manusia sebanyak 98%. Selain Simpanse, spesies jenis kera lainnya juga memiliki kesamaan DNA denga manusia sebanyak 80%.

Simpanse betina juga memiliki siklus reproduksi yang serupa dengan manusia, dengan kematangan seksual paling lama sebelum atau selama masa remaja mereka. Mereka juga memiliki masa gestasi sekitar 8 bulan.

3 of 7

2. Kucing

Ciri-ciri Kucing Stres
(Sumber: iStockphoto)

Kucing memang terkenal sebagai hewan peliharaan manusia. Kucing juga termasuk mamalia karnivora yang paling dekat dengan manusia.

Bahkan hewan dari keluarga Felidae ini telah menjadi sahabat manusia sejak enam ribu tahun sebelum masehi dan merupakan peliharaan paling populer di dunia. Siapa sangka hewan imut ini memiliki DNA yang mirip dengan manusia. Bahkan kemiripan DNA kucing dan manusia sebesar 90%.

4 of 7

3. Pisang

Ilustrasi Pisang
Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Setelah kelompok hewan, kini ada kelompok tanaman yang mempunyai DNA hampir mirip dengan manusia. Makhluk hidup tersebut adalah tanaman buah pisang. Pisang menjadi satu-satunya buah yang memiliki DNA mirip dengan manusia sebanyak 60%.

5 of 7

4. Kol

Ilustrasi Kol
Ilustrasi kol (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Selain keluarga buah, kini ada lagi perwakilan dari keluarga sayur yang memiliki DNA yang hampir mirip dengan manusia. Kol menjadi sayur pertama yang diketahui memiliki DNA yang mirip dengan manusia sebanyak 50%.

6 of 7

5. Tikus

ilustrasi tikus
ilustrasi tikus (iStockphoto)

Tikus adalah hewan pengerat dengan ciri khas gigi depannya yang panjang dan dapat ditemukan di seluruh belahan dunia. Ternyata, selain sistem organ tubuh yang mirip dengan manusia, tikus juga memiliki susunan DNA yang hampir mirip dengan manusia.

Tikus memiliki persamaan DNA dengan manusia sebesar 80%. Mungkin karena kemiripan DNA ini, tikus sering digunakan untuk menguji efek obat atau metode pengobatan atau semacamnya terhadap DNA manusia.

7 of 7

6. Sapi

Ilustrasi sapi
Ilustrasi (iStock)

Sapi adalah hewan ternak yang sering dipelihara untuk dimanfaatkan susu serta dagingnya untuk memenuhi kubutuhan pangan. Bahkan kulit hingga kotorannya pun juga diambil untuk keperluan manusia.

Menurut penelitian pada tahun 2009, sapi memiliki kemiripan sekitar 80% DNA dengan manusia. Bisa jadi, ini merupakan salah satu faktor yang membuat susu sapi sangat cocok untuk diminum oleh manusia.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by