6 Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia, Ada yang 71 Ribu Kilometer

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 04 Sep 2019, 11:20 WIB
Diperbarui 04 Sep 2019, 12:17 WIB
Paus Bungkuk

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata migrasi hewan. Jika mendengar tentang migrasi hewan pasti yang ada di bayangan kamu adalah gerombolan hewan-hewan yang sedang berjalan-jalan. Seperti yang kita ketahui, beberapa hewan di dunia ini melakukan migrasi layaknya manusia. Migrasi hewan adalah sebuah gerakan periodik hewan dari tempat di mana ia telah tinggal ke daerah yang baru dan kemudian melakukan perjalanan kembali ke habitat asli.

Faktor hewan bermigrasi biasanya untuk mencari makanan yang berlimpah dan tempat yang baik untuk berkembang biak. Migrasi hewan umumnya menggunakan rute yang sama dari tahun ke tahun atau dari generasi ke generasi. Tanah lintas hewan bisa berupa gunung, sungai, dan padang tanah yang luas. Bahkan sebagian dari hewan-hewan tersebut dapat bermigrasi hingga pindah benua atau lautan.

Berbekal keinginan bertahan hidup, kawanan hewan ini menjadikan alam sebagai kompas mereka. Beberapa jenis hewan bahkan menghabiskan 90 persen waktunya untuk berjalan untuk menuju tempat migrasi dan kembali lagi. Tak tanggung-tanggung ada juga hewan yang menempuh jarak migrasi hingga 71 ribu kilometer. Keren banget yang hewan-hewan ini.

Penasaran? Berikut 6 hewan dengan jarak migrasi terjauh di dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019).

2 of 7

1. Burung Arctic Tern

Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia
Burung Arctic Tern (sumber: pixabay)

Burung Arctic Tern bisa menempuh jarak migrasi hingga 71 ribu kilometer dalam satu tahun. Burung Arctic Tern ini bermigrasi untuk menyesuaikan suhu tubuhnya agara dapat berkembang biak dengan baik.

Bisanya para Arctic Tern ini akan bermigrasi pada bulan September. Mereka akan pergi terbang ke Eropa dan Afrika. Kemudian menghabiskan waktu di Antartika selama beberapa bulan. Lalu kembali lagi ke Arktik, daerah asalnya. Burung ini diketahui memiliki masa hidup selama 30 tahun.

Jika dihitung-hitung, total jarak migrasi Arctic Tern bisa sejauh jarak bumi ke bulan bahkan bolak-balik sebanyak 6 kali.

3 of 7

2. Burung Sooty Shearwater

Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia
Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia, Burung Sooty Shearwater (sumber: pixabay)

Burung laut atau yang dikenal dengan sooty shearwater adalah burung kedua yang memegang rekor migrasi terjauh di dunia binatang. Menurut data dari National Geographic, dalam setahun mereka bisa menempuh jarak 65 ribu kilometer di udara.

Burung laut rela menempuh perjalanan panjang demi mencari cuaca yang ideal dan mencari makanan. Mereka diketahui menggunakan arah angin sebagai kompas dalam berjalanan mereka.

4 of 7

3. Ikan Tuna

Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia, Tuna (sumber: pixabay)
Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia, Tuna (sumber: pixabay)

Setelah kelompok burung, kali ini ada kelompok ikan yang memegang peringkat ketiga. Peringkat ketiga hewan dengan jarak migrasi terjauh di dunia dalah ikan tuna. Tuna-tuna ini biasanya bermigrasi dari Jepang menuju Amerika serikat. Selama migrasi mereka menempuh perjalanan kira-kira sekitar 40 ribu kilometer.

5 of 7

4. Paus bungkuk

Paus Bungkuk
Seekor paus Bungkuk melompat ke permukaan laut Samudera Pasifik di Taman Alam Uramba Bahia Malaga, Kolombia, 12 Agustus 2018. Munculnya paus ini terjadi setiap tahun ketika bermigrasi dari Semenanjung Antartika ke Samudera Pasifik. (AFP/Miguel MEDINA)

Paus bungkuk merupakan mamalia dengan jarak migrasi terjauh di dunia. Paus bungkuk bisa menempuh jarak migrasi sejauh 22 ribu kilometer dalam setahun. Paus bungkuk bermigrasi untuk mencari iklam yang pas untuk melahirkan.

Di musim dingin biasanya paus bungkuk akan mengarah ke daerah beriklim tropis untuk melahirkan. Setelahnya kawanan paus tersebut akan pergi ke perairan kutub di lintang yang tinggi.

6 of 7

5. Gajah laut

Gajah Laut di Pantai California
Gajah laut dan anak-anaknya terlihat di Pantai Drakes, California, Jumat (1/2). Pemerintah setempat memutuskan menutup pantai itu hingga para gajah laut memutuskan untuk pergi, meski tak jelas kapan mereka akan meninggalkan tempat itu. (AP/Eric Risberg)

Gajah laut adalah spesies anjung laut yang memiliki belalai. Selain terkenal dengan belalainya, gajah laut dapat migrasi dalam setahun dengan jarak tempuh bisa mencapai 21 ribu kilometer.

7 of 7

6. Penyu Belimbing

6 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia
Penyu belimbing (Dermochelys Coriacea) disebut telah mendiami Bumi semenjak 100 juta tahun silam. Salah satu tempat bertelurnya ada kawasan pantai Papua Barat. (www.worldwildlife.org)

Leatherback turtle atau penyu belimbing adalah satu-satunya penyu dengan jarak migrasi terpanjang. Mereka bisa bermigrasi hingga 20 ribu kilometer per tahunnya. Kamu bisa menemukan penyu belimbing ini di samudra Atlantik dan Pasifik. Perjalanan tersebut diperlukan untuk mencari makanan dan berkembang biak.

Lanjutkan Membaca ↓