Sukses

6 Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia, Ada yang 71 Ribu Kilometer

Beberapa jenis hewan menghabiskan 90 persen waktunya untuk berjalan untuk menuju tempat migrasi dan kembali lagi.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata migrasi hewan. Jika mendengar tentang migrasi hewan pasti yang ada di bayangan kamu adalah gerombolan hewan-hewan yang sedang berjalan-jalan. Seperti yang kita ketahui, beberapa hewan di dunia ini melakukan migrasi layaknya manusia. Migrasi hewan adalah sebuah gerakan periodik hewan dari tempat di mana ia telah tinggal ke daerah yang baru dan kemudian melakukan perjalanan kembali ke habitat asli.

Faktor hewan bermigrasi biasanya untuk mencari makanan yang berlimpah dan tempat yang baik untuk berkembang biak. Migrasi hewan umumnya menggunakan rute yang sama dari tahun ke tahun atau dari generasi ke generasi. Tanah lintas hewan bisa berupa gunung, sungai, dan padang tanah yang luas. Bahkan sebagian dari hewan-hewan tersebut dapat bermigrasi hingga pindah benua atau lautan.

Berbekal keinginan bertahan hidup, kawanan hewan ini menjadikan alam sebagai kompas mereka. Beberapa jenis hewan bahkan menghabiskan 90 persen waktunya untuk berjalan untuk menuju tempat migrasi dan kembali lagi. Tak tanggung-tanggung ada juga hewan yang menempuh jarak migrasi hingga 71 ribu kilometer. Keren banget yang hewan-hewan ini.

Penasaran? Berikut 6 hewan dengan jarak migrasi terjauh di dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Burung Arctic Tern

Burung Arctic Tern bisa menempuh jarak migrasi hingga 71 ribu kilometer dalam satu tahun. Burung Arctic Tern ini bermigrasi untuk menyesuaikan suhu tubuhnya agara dapat berkembang biak dengan baik.

Bisanya para Arctic Tern ini akan bermigrasi pada bulan September. Mereka akan pergi terbang ke Eropa dan Afrika. Kemudian menghabiskan waktu di Antartika selama beberapa bulan. Lalu kembali lagi ke Arktik, daerah asalnya. Burung ini diketahui memiliki masa hidup selama 30 tahun.

Jika dihitung-hitung, total jarak migrasi Arctic Tern bisa sejauh jarak bumi ke bulan bahkan bolak-balik sebanyak 6 kali.

3 dari 7 halaman

2. Burung Sooty Shearwater

Burung laut atau yang dikenal dengan sooty shearwater adalah burung kedua yang memegang rekor migrasi terjauh di dunia binatang. Menurut data dari National Geographic, dalam setahun mereka bisa menempuh jarak 65 ribu kilometer di udara.

Burung laut rela menempuh perjalanan panjang demi mencari cuaca yang ideal dan mencari makanan. Mereka diketahui menggunakan arah angin sebagai kompas dalam berjalanan mereka.

4 dari 7 halaman

3. Ikan Tuna

Setelah kelompok burung, kali ini ada kelompok ikan yang memegang peringkat ketiga. Peringkat ketiga hewan dengan jarak migrasi terjauh di dunia dalah ikan tuna. Tuna-tuna ini biasanya bermigrasi dari Jepang menuju Amerika serikat. Selama migrasi mereka menempuh perjalanan kira-kira sekitar 40 ribu kilometer.

5 dari 7 halaman

4. Paus bungkuk

Paus bungkuk merupakan mamalia dengan jarak migrasi terjauh di dunia. Paus bungkuk bisa menempuh jarak migrasi sejauh 22 ribu kilometer dalam setahun. Paus bungkuk bermigrasi untuk mencari iklam yang pas untuk melahirkan.

Di musim dingin biasanya paus bungkuk akan mengarah ke daerah beriklim tropis untuk melahirkan. Setelahnya kawanan paus tersebut akan pergi ke perairan kutub di lintang yang tinggi.

6 dari 7 halaman

5. Gajah laut

Gajah laut adalah spesies anjung laut yang memiliki belalai. Selain terkenal dengan belalainya, gajah laut dapat migrasi dalam setahun dengan jarak tempuh bisa mencapai 21 ribu kilometer.

7 dari 7 halaman

6. Penyu Belimbing

Leatherback turtle atau penyu belimbing adalah satu-satunya penyu dengan jarak migrasi terpanjang. Mereka bisa bermigrasi hingga 20 ribu kilometer per tahunnya. Kamu bisa menemukan penyu belimbing ini di samudra Atlantik dan Pasifik. Perjalanan tersebut diperlukan untuk mencari makanan dan berkembang biak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.