4 Tips Membuat Sambal Agar Tahan Lama Saat Disimpan, Tidak Perlu Pengawet

Oleh Husnul Abdi pada 04 Sep 2019, 09:20 WIB
Diperbarui 04 Sep 2019, 10:17 WIB
Sambal pedas

Liputan6.com, Jakarta Bagi para penggemar pedas rasanya makan tak lengkap jika tak ada sambal. Sambal menjadi menu yang wajib ada di meja makan. Sayangnya tak semua orang memiliki waktu untuk membuat sambal yang segar. Seringkali, sambal harus disimpan cukup lama karena tentunya tidak habis dalam sekali makan.

Tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan sebenarnya tidak sulit dilakukan. Bahkan kamu tidak perlu pengawet untuk membuat sambal bertahan dalam waktu yang lama. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa langkah sederhana dalam pembuatan sambal tersebut.

Membuat sambal yang awet tanpa perlu bahan pengawet harus dilakukan dengan teliti. Jangan sampai kamu membuat sambal tanpa memikirkan langkah-langkah yang perlu dilakukan, sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan keinginan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019) beberapa tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan.

2 of 5

Pilih Bahan yang Segar

Cabai segar
Cabai segar (sumber: iStockphoto)

Tips membuat sambal agar tahan lama yang pertama adalah memilih bahan yang segar saat membuat sambal. Saat kamu belanja untuk membeli bahan-bahan membuat sambal, pilihlah bahan yang paling bagus kualitasnya. Memilih bahan-bahan yang segar seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat harus teliti. Pastikan tidak ada yang layu.

Selain itu, bahan juga harus super fresh dan dicuci bersih. Ini akan membuat sambal lebih bersih dan higienis. Bakteri adalah salah satu penyebab makanan cepat basi. Karena itu pastikan untuk mencuci bersih bahan sebelum diolah menjadi sambal.

3 of 5

Cuci Alat Masak Hingga Bersih

Cuci Alat Masak Hingga Bersih
Cuci Alat Masak Hingga Bersih (Foto: iStockphoto)

Selain bahan, alat masak yang digunakan juga harus bersih dan kering. Bukan hanya saat membuat sambal, bahkan untuk membuat semua makanan pun sudah seharusnya menggunakan alat-alat yang sudah dibersihkan terlebih dahulu agar terjaga kebersihannya. Dengan alat-alat memasak yang bersih dan higienis, maka pertumbuhan jamur tentunya akan terhambat. Tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan ini, walaupun merupakan hal yang sepele, namun wajib diperhatikan.

4 of 5

Tips Saat Memasak Sambal

Memasak
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan selanjutnya adalah saat menggoreng bahan, pastikan minyak dan wajan bukan bekas pakai memasak makanan lain. Ini akan memengaruhi rasa sambal dan jadi mudah basi. Masak sambal dengan api kecil sampai benar-benar matang. Setelah sambal dihaluskan dan diberi bumbu, goreng lagi sambal tanpa minyak. Ini ditujukan agar sambal lebih kering sehingga lebih awet.

5 of 5

Menyimpan Sambal

kulkas
ilustrasi kulkas/Photo by rawpixel.com from Pexels

Setelah selesai memasaknya, tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan selanjutnya adalah dalam menyimpan sambal. Masukkan sambal dalam wadah kaca, jangan ditutup terlebih dahulu dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin tutup rapat sambal dan bisa disimpan dalam lemari es.

Begitulah beberapa tips membuat sambal agar tahan lama saat disimpan. Kamu tidak perlu menggunakan pengawet dalam membuat sambal agar tahan lama. Namun, sebaiknya sambal memang dikonsumsi dalam sekali makan saja, sehingga tidak perlu menyimpannya. Terkadang saat telah disimpan, sambal yang telah menyatu dengan minyaknya akan memiliki rasa yang sudah tidak sama seperti baru dibuat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by