6 Jenis Game Online Seru dan Terpopuler yang Harus Diketahui

Oleh Husnul Abdi pada 03 Sep 2019, 13:05 WIB
Jenis Game Online

Liputan6.com, Jakarta Jenis game online tentunya beragam. Game online adalah salah satu jenis permainan komputer yang memanfaatkan media jaringan komputer, baik berupa LAN atau internet. Game online memiliki penggemar yang begitu banyak di seluruh penjuru dunia.

Hal ini didukung dengan permainan game online yang dapat melibatkan banyak orang. Kamu bisa bertemu dengan orang dari tempat yang jauh dengan memainkan game online. Apalagi banyak jenis game online yang permainannya mengharuskan kamu untuk bermain bersama tim.

Jenis game online sendiri cukup beragam sesuai dengan jenis permainan yang disajikannya. Nama game online semakin populer dengan dijadikannya game sebagai e-sports yang dipertandingkan. Bahkan sekarang ini sudah banyak kompetisi game online yang melibatkan orang-orang dari seluruh negara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2019) ragam jenis game online yang bisa kamu mainkan.

2 of 8

Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG)

Final Fantasy VIII
Final Fantasy VIII. (Doc: Square Enix)

Jenis game online yang pertama adalah MMORPG. Jenis game online ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan banyak dimainkan. Mungkin kamu lebih mengenal jenis game online satu ini dengan game RPG. Game jenis ini biasanya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. MMORPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam MMORPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online, Final Fantasy, DotA, dan lain-lain.

3 of 8

Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)

Counter Strike
Game Counter Strike (Doc: PCMag)

Selanjutnya, ada MMOFPS sebagai jenis game online yang tidak kalah populer dengan jenis MMORPG. Mungkin kamu lebih sering mendengar orang-orang menyebutnya dengan game FPS atau first-person shooter saja. Game online jenis ini mengambil sudut pandang orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Condition Zero, dan lain-lain.

4 of 8

Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

Age of Empires
Age of Empires II (PC) | via: buzzfeed.com

Jenis game online selanjutnya adalah MMORTS yang menekankan pada strategi permainan. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengatur strategi permainan. Dalam MMORTS ini, ada berbagai tema permainan. Sebut saja contohnya tema permainan berupa sejarah, seperti Age of Empires yang sangat terkenal, fantasi seperti Warcraft dan lain-lain.

5 of 8

Massively Multiplayer Online Browser Game

Selanjutnya ada jenis game online yang bisa dimainkan pada browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, hingga Internet Explorer. Biasanya game yang dapat dimainkan di browser ini merupakan game sederhana dengan pemain tunggal yang dapat dimainkan melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).

Kamu mungkin sudah mengenal game browser sederhana seperti flash games atau java games yang sudah sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan plugin pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.

6 of 8

Simulation Games

Game simulasi
Game simulasi. (Liputan6.com/M Sufyan Abdurrahman)

Jenis game online yang juga sedang banyak peminatnya sekarang ini adalah simulation games. Game ini menarik minat banyak orang karena menawarkan pengalaman melakukan sesuatu melalui simulasi. Ada beberapa jenis game simulasi, yaitu life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.

Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.

Sedangkan pada construction dan management solution kamu bisa mendapatkan pengalaman dalam membangun kota hingga membangun peternakan. Kemudian, pada vehicle simulation, kamu bisa belajar mengemudikan mobil, truk, bus, hingga pesawat.

7 of 8

Cross-platform online play

Sedangkan jenis cross-platform online play ini merupakan game yang bisa dimainkan dengan perangkat yang berbeda. Sebagai contoh, kamu bisa memainkan game-game pada PlayStation atau Xbox pada PC. Selain itu, permainan pada konsol PlayStation maupun Xbox juga sudah dilengkapi dengan fitur online.

8 of 8

Jenis Game Berdasarkan Platform

mobile games
mobile games (Liputan6.com/Herman Zakharia)

PC Games: dimainkan menggunakan personal computer atau PC Desktop hingga laptop.

Console Games: Game jenis ini bisa dimainkan menggunakan konsol game tertentu seperti PlayStation hingga Xbox.

Handheld Games: Game satu ini bisa dimainkan di console game khusus yang mudah dibawa seperti Sony PSP atau Nintendo DS.

Mobile Games: Game jenis ini hadir untuk ponsel atau perangkat mobile. Game ini memang dibuat khusus untuk dimainkan pada perangkat mobile.

Lanjutkan Membaca ↓