Sukses

5 Makanan untuk Bantu Memperlancar Sirkulasi Darah

Konsumsi makanan ini apabila merasakan gejala sirkulasi darah tidak lancar.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan kesehatan tubuh kamu menjadi terganggu. Salah satunya dipengaruhi oleh lancar dan tidaknya sirkulasi darah kamu. Pada sirkulasi darah yang lancar bisa membuat nutrisi, mineral, dan oksigen disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Namun sebaliknya, apabila kamu memiliki keluhan pada bagian lengan dan kaki seperti kram di bagian otot, kesemutan, proses penyembuhan luka menjadi lebih lama, hingga gangguan jantung, itu menandakan kamu sedang mengalami sirkulasi darah tidak lancar.

Tak perlu khawatir, kini kamu bisa mengatasi masalah ini. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah makan. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang tepat yang dapat membantu mengoptimalkan sirkulasi darah yang mengalir di sekujur tubuh kamu.

Berikut Liputan6.com, Selasa (3/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memperlancar sirkulasi darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bawang Putih

Pada sebuah studi telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Selain itu, bawang putih juga mampu melindungi pembuluh darah sehingga tidak mudah tersumbat. Maka tidak heran, banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung.

3 dari 6 halaman

Kunyit

Selain bawang putih, rempah-rempah yang sangat ampuh untuk memperlancar sirkulasi darah adalah kunyit. Hal ini dikarenakan pada kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang disinyalir mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dengan jumlah yang tepat secara tutin dan teratur, maka kesehatan pembuluh darah bisa menjadi lebih baik.

4 dari 6 halaman

Cokelat Hitam

Cokelat hitam sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan cokelat hitam telah terbukti dapat membantu tubuh memproduksi nitric oxide yang memainkan peran penting dalam melindungi jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, cokelat hitam yang juga mengandung antioksidan mampu membantu mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol serta meningkatkan aliran darah. Antioksidan yang terdapat pada cokelat hitam ini dihasilkan dari senyawa flavonoid. Nah, jika kamu mendapatkannya dalam kadar yang sesuai, zat ini akan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

5 dari 6 halaman

Lobak

Lobak memiliki rasa yang agak pahit dan kurang menarik, namun di balik rasanya yang kurang nikmat tersebut ada terdapat keunggulan yang dimilikinya. Ya, lobak memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan lobak merupakan sayuran yang kaya akan mineral.

Selain itu, lobak juga memiliki kandungan kalium yang bisa membantu menormalkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

6 dari 6 halaman

Ikan Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti ikan trout, herring, sarden, tuna albacore, dan makerel kaya akan asam lemak omega-3. Di mana zat tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki jantung dan pembuluh darah yang sehat, kamu bisa mengonsumsi ikan berlemak ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.