5 Manfaat Cokelat Bubuk untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 02 Sep 2019, 21:16 WIB
ilustrasi bubuk cokelat

Liputan6.com, Jakarta Cokelat menjadi makanan favorit sebagian besar orang. Cokelat dikonsumsi dalam bentuk camilan manis, minuman hangat, atau campuran makanan lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa cokelat juga baik untuk kesehatan kulit jika diterapkan secara topikal? 

Banyak pendapat mengungkapkan bahwa cokelat adalah salah satu penyebab jerawat. Faktanya, kakao dalam cokelat bukanlah penyebab jerawat. Malah polyphenol dalam kakao telah ditemukan memberikan manfaat signifikan bagi kulit.

Menggunakan cokelat sebagai perawatan kulit dalam jangka panjang telah terbukti berkontribusi terhadap perlindungan terhadap sinar matahari, sirkulasi darah kulit dan meningkatkan tekstur permukaan dan hidrasi kulit.

Bubuk kakao adalah bubuk berwarna coklat gelap tanpa pemanis yang diekstrak dari biji kakao. Bubuk inilah yang biasa disebut dengan cokelat bubuk. Kini cokelat bubuk telah banyak digunakan sebagai bahan dalam perawatan kecantikan. Menggunakan bubuk cokelat sebagai masker dipercaya mampu meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

Nah, apa saja keuntungan cokelat bubuk jika diaplikasikan ke wajah? Berikut manfaat cokelat bubuk fan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(2/9/2019).

2 of 7

Melindungi kulit dari sinar matahari

Selain Tabir Surya, Ini 6 Cara Lindungi Tubuh dari Sinar Matahari
Melindungi kulit dari sinar matahari (Foto: iStockphoto)

Bubuk kakao melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Flavonol hadir dalam cokelat tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya tetapi juga meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan meningkatkan aliran darah.

Masker cokelat juga sangat bagus untuk pencerah kulit akibat paparan sinar matahari. Ini karena antioksidan kuat yang ada di dalamnya membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen.

3 of 7

Perbaikan Kulit

Cokelat
Ilustrasi cokelat (iStockphoto)

Bubuk kakao membantu memperbaiki sel-sel kulit. Ini karena cokelat bubuk dikemas dengan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mencuri oksigen dari sel kulit untuk menyeimbangkan diri.

Cokelat, ketika dikombinasikan dengan kafein, membuat detoksifikasi kulit yang sangat baik. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memungkinkan sel-sel kulit baru untuk bernafas.

4 of 7

Ringankan peradangan kulit

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh
Kulit Sehat / Sumber: iStockphoto

Ekstrak kakao juga dapat menyembuhkan gejala dermatitis atopik. Sebuah studi yang melibatkan tikus yang dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusetts menemukan bahwa polifenol yang ditemukan dalam ekstrak kakao mengurangi peradangan dan menyembuhkan gejala alergi lain yang berkaitan dengan kondisi kulit.

Masker wajah cokelat memberikan nutrisi pada kulit karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kulit yang tampak muda. Ini membantu untuk menyingkirkan kulit kering, kulit kasar, flek hitam, flek penuaan dan sebagainya.

5 of 7

Angkat sel kulit mati

Kulit Kusam Saat Ramadan
Angkat sel kulit mati (Foto: iStockphoto)

Bubuk kakao memiliki tekstur pengelupasan lembut yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit. Kamu dapat menggabungkan bubuk kakao dengan sedikit susu, yang juga memiliki sifat pengelupas karena kandungan asam laktatnya, dan oleskan secara ringan pada wajah sebagai scrub.

Selain itu bubuk cokelat dan gula jika dikombinasikan akan menjadi scrubber yang sangat baik dan ini akan membantu mengelupas sel-sel mati dan memungkinkan sel-sel baru untuk regenerasi dan karenanya membuat kulit lembut dan halus.

6 of 7

Cegah jerawat

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat
Cara Mencegah Jerawat / Sumber: iStockphoto

Antioksidan yang terkandung dalam cokelat akan membantu merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Masker wajah cokelat akan membantu untuk menyembuhkan jerawat dengan merangsang sel-sel kulit untuk dibuka dan melepaskan bakteri keluar dari kulit.

Kamu perlu menerapkan masker cokelat dan membilasnya dengan air hangat untuk hasil yang lebih baik. Cokelat juga dapat mencegah komedo. ini karena antioksidan di dalam senyawa cokelat perlahan akan menghilangkan komedo terutama di daerahdahi, hidung dan dagu.

7 of 7

Cara menggunakan masker cokelat

Ilustrasi masker wajah
Ilustrasi masker wajah. Sumber foto: unsplash.com/Isabell Winter.

Masker cokelat untuk kulit berjerawat

Ambil mangkuk dan campur 1 sendok makan bubuk kakao, 1 sendok makan madu, dan kayu manis. Campur hingga membentuk konsistensi pasta. Jika pasta terlalu kental, tambahkan lebih banyak madu.

Oleskan ke wajah dan leher.Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian cuci bersih. Cokelat dan madu memiliki sifat antioksidan yang membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa mengeringkan kulit. Mereka juga menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Masker cokelat untuk kulit kusam

Campurkan masing-masing 4 sendok makan bubuk kakao dan bubuk kopi, 8 sendok makan yogurt, dan 2 sendok makan santan hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher, biarkan selama 20-30 menit. Bilas dan keringkan setelahnya.

Lakukan sekali seminggu. Masker ini tidak hanya memelihara kulit tetapi juga mengelupasnya dengan lembut. Minyak kelapa membuatnya tetap terhidrasi, produk susu melembabkannya, dan bubuk kakao menenangkan kulit dari sifat anti-inflamasinya.

Masker cokelat untuk kulit kering

Campurkan ½ cangkir bubuk kakao, 3 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh yogurt, dan madu. Gunakan ujung jari untuk mengoleskan masker ke seluruh wajah dan leher dengan lembut. Biarkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi sekali seminggu. Oatmeal mengelupas semua sel kulit mati dari permukaan kulit sementara bahan-bahan lainnya menjaga kulit lembut, kenyal, dan lembab.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by