Jangan Salah Pilih, Ini Makna Warna Baju yang Kamu Pakai Sehari-hari

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 30 Agu 2019, 14:10 WIB
Warna Baju yang Dipakai Punya Makna Tersendiri

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpikir warna baju yang dipakai sehari-hari tidak memiliki arti apa pun. Kebanyakan orang memilih warna baju hanya karena selera atau mungkin sedang cocok dengan fashion yang ia gunakan. Padahal setiap warna baju yang kamu pakai punya arti tersendiri dan bisa sangat memengaruhi kehidupan atau hari-hari yang kamu lewati.

Warna kerap kali merepresentasikan kepribadian dan kekuatan seseorang. Ada warna yang secara tegas menyatakan jika orang tersebut kalem, pemberani, atau mungkin sangat agresif. Mungkin kamu tidak percaya begitu saja kalau warna ternyata bisa membaca kepribadian dan siapa dirimu sesungguhnya. Tetapi ada juga beberapa orang percaya bahwa warna bisa dijadikan sebagai takaran untuk mengukur kepribadian seseorang.

Warna merupakan elemen yang paling dominan dan paling relatif dalam kehidupan manusia. Apabila ditinjau dari sisi psikologis, makna dan arti warna yang ada bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatau hal. Dengan begini kamu bisa mulai belajar untuk mengetahui makna dari warna jadi tidak perlu takut untuk memakai warna-warna tertentu.

Berikut makna warna baju yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/8/2019).

2 of 7

1. Putih

Baju Puih
Ilustrasi baju putih/copyright shutterstock

Warna baju putih memiliki arti kebaikan, ketulusan, dan kesederhanaan. Selain itu, warna putih juga menghadirkan energi positif dari dirimu ke orang-orang sekitarmu. Kebanyakan mereka yang suka memakai pakaian berwarna putih adalah orang yang terbuka, tulus, dan percaya diri.

3 of 7

2. Hitam

Warna Baju yang Dipakai Punya Makna Tersendiri
ilustrasi warna baju (sumber: pixabay)

Meskipun banyak yang bilang hitam itu warna kesedihan dan cocok untuk dipakai saat penguburan, nyatanya warna inilah adalah warna terbaik yang cocok dipadukan dengan segala macam warna. Hitam melambangkan kekuatan, kewibaan, dan keanggunan pada saat bersamaan. Warna ini pun, di satu sisi, menunjukkan bahwa si pemakai adalah orang yang memiliki keinginan kuat, bebas, dan suka berpikir.

4 of 7

3. Abu-abu

Lemari Mark Zuckerberg
Lemari Mark Zuckerberg hanya berisi baju warna abu-abu (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)

Warna abu-abu melambangkan keseimbangan dan bersifat netral. Tapi warna abu-abu juga bisa memiliki makna lain jika terlalu banyak diaplikasikan pada fashion sehari-hari. Selain melambangkan keseimbangan dan netral, abu-abu juga bisa melambangkan depresi atau kesedihan. Rata-rata orang yang mengenakan pakaian berwarna abu-abu adalah mereka yang suka pamer.

5 of 7

4. Biru

Warna Baju yang Dipakai Punya Makna Tersendiri
ilustrasi warna baju (sumber: pixabay)

Biru adalah simbol dari kepercayaan, kesetiaan, kedamaian, juga aura yang positif. Biasanya sih orang-orang yang memakai baju berwarna biru adalah mereka yang tidak suka pikiran dan keputusannya dipengaruhi oleh orang lain. Mereka akan hidup dengan kebenaran dan keyakinan yang dianutnya.

Selain itu, penyuka baju berwarna biru juga adalah orang yang sangat pintar dan mudah beradaptasi. Mereka tidak akan merasa bingung untuk memulai percakapan. Mereka juga orang-orang yang humoris dan cepat tanggap.

6 of 7

5. Merah

baju merah
Warna memberi pengaruh yang cukup signifikan dalam hidup/copyright: usnplash/ayo ogunseinde

Warna baju merah memiliki makna agresif, impulsif, hasrat, keberanian, dan di saat yang bersamaan juga melambangkan sensualitas. Memakai pakaian berwarna merah akan meningkatkan kepercayaan dirimu, apalagi jika kamu adalah orang dengan kepribadian ekstrovert dan tegas.

7 of 7

6. Cokelat

Warna Baju yang Dipakai Punya Makna Tersendiri
ilustrasi warna baju (sumber: pixabay)

Warna cokelat melambangakan kejujuran, dapat dipercaya, serta dapat diandalkan. Orang yang suka memakai warna cokelat tak suka repot karena yang diinginkannya dalam hidup adalah segala sesuatu yang serba sederhana. Karena cokelat berkaitan dengan alam, maka penyuka warna ini pun adalah orang yang hidup seimbang, emosinya jarang meledak-ledak, dan pintar.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by