Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris, Penting untuk Dipahami Agar Mahir

Oleh Nisa Mutia Sari pada 26 Agu 2019, 13:50 WIB
Diperbarui 26 Agu 2019, 13:50 WIB
Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta Kata sifat merupakan jenis kata yang menjelaskan kata benda atau kata ganti menjadi lebih spesifik. Suatu kalimat yang dijelaskan pada kata sifat pun bervariasi. Mulai dari kuantitas, urutan, kualitas, ukuran, jarak, dan penekanan suatu kata lainnya.

Di dalam bahasa Inggris, kata sifat disebut dengan adjective. Fungsi kata sifat adalah untuk menerangkan keadaan suatu sibjek atau objek, bisa berupa manusia, hewan, benda, atau entitas lainnya. Adanya kata sifat ini membuat sebuah kalimat bisa menjadi lebih lengkap dan seseorang akan menjadi lebih mengerti dengan keadaan yang dijelaskan.

Apabila kamu sedang berproses belajar bahasa Inggris, maka kosakata kata sifat ini harus dipelajari jika ingin mahir. Untuk itu, berikut Liputan6.com, Senin (26/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penjelasan tentang kata sifat dalam bahasa inggris.

Di sini juga telah dilengkapi dengan contoh kata sifat dalam bahasa Inggris.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris
Situs Belajar Bahasa Inggris (sumber: iStockphoto)

Kata sifat di dalam bahasa inggris merupakan bagian dari part of speech yang umum digunakan untuk memodifikasi kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun) dengan memberikan sifat pada benda tersebut. Dalam bahasa inggris, kata sifat disebut dengan adjective.

Kata sifat pada bahasa inggris berguna untuk memberikan informasi pada objek yang dimodifikasi. Singkatnya, kata sifat dapat memberikan informasi berupa ukuran, bentuk, usia, warna suatu benda, atau dapat juga menggambarkan keadaan atau sifat seseorang.

Biasanya, kata sifat dalam bahasa inggris terletak di depan kata benda atau kata ganti yang sudah dimodifikasi. Penulisan kata sifat dalam bahasa inggris setelah to be (is, am, are, was, dan lain-lain) dan terletak setelah objek.

Fungsi kata sifat adalah untuk menerangkan keadaan suatu subjek atau objek, bisa berupa manusia, hewan, benda, dan lain sebagainya. Hadirnya kata sifat ini membuat sebuah kalimat menjadi lebih lengkap dan membuat pembacanya mengerti keadaan suatu entitas yang dijelaskan.

Kosakata kata sifat atau adjective ini harus dipelajari jika kamu ingin mahir dalam bahasa inggris. Contoh kata sifat dalam bahasa inggris yang sering dijumpai adalah baik (good), pendek (short), pintar (smart), cantik (beautiful), sempurna (perfect), malas (lazy), senang (happy), sedih (sad), dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Jenis Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris (iStockphoto)

Kata Sifat Quantity

Jenis kata sifat ini menunjukkan jumlah dari kata benda yang dimodifikasi. Contoh dari kata sifat ini seperti "he buy some fruits". Nah, kata "some" ini menjelaskan jumlah dari fruit atau buah yang dibeli oleh "I" atau aku.

Kata Sifat Bahasa Inggris dari Angka

Kata sifat dari angka atau adjective of numeral hampir sama dengan adjective of quantity. Hanya saja jenis kata sifat ini menggunakan angka di dalamnya seperti one, two, three, dan seterusnya. Contoh kata sifat dalam bahasa inggris jenis ini adalah "Five cute dogs". Kata "five" menunjukkan jumlah anjing yang lucu.

Kata Sifat Kualitas

Kata sifat kualitas atau adjective of quality merupakan kata sifat yang menunjukkan kualitas. Melalui kata benda atau kata ganti yang dimodifikasi. Contoh kata sifat dalam bahasa inggris ini seperti "he is a nice boy". Nah, kata "nice" di dalam kalimat tersebut menunjukkan kualitas dari boy atau laki-laki.

Kata Sifat Interogatif

Kata sifat interogatif atau interrogative adjective menggunakan kata Tanya which atau what untuk memodifikasi kata. Contohnya adalah "which company was involved?" Atau "what meal are they eating?"

4 dari 5 halaman

Jenis Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Kata Sifat yang Tepat

Kata sifat yang tepat atau proper adjective menggunakan kata-kata tertentu seperti nama tempat, nama orang, dan lain sebagainya untuk memodifikasi suatu kata. Contoh kalimat yang menggunakan kata sifat ini adalah "Indonesia’s traditional dress is called Kebaya". Nah, kata Indonesia’s menjelaskan bahwa kata dress atau gaun yang menunjukkan bahwa gaun itu bernama kebaya yang berasal dari Indonesia.

Kata Sifat Distributif

Kata sifat distributive atau distributive adjective lebih merujuk pada setiap anggota dari suatu kelompok. Biasanya jenis kata sifat ini menggunakan kata each, every, either, neither. Contoh kata sifat dalam bahasa inggris ini adalah "every woman was asked to read this book. Either of this drama would be interesting for us."

Kata Sifat Demonstrasif

Jenis kata sifat ini memodifikasi kata benda atau kata ganti dengan menunjuk pada kata tersebut dengan menggunakan this, that, these, those. Untuk kata tunjuk that dan this digunakan untuk kata benda tunggal. Sedangkan kata tunjuk those dan these digunakan untuk benda yang jamak. Contoh kalimatnya, "this desk is not mine dan thoses desks are mine".

Kata Sifat Posesif

Jenis kata sifat ini menunjukkan kepunyaan, yang biasanya menggunakan my, your, his, her, its, our, their. Contohnya, "this is your history book".

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris (Sumber: Pixabay)

Awesome = Mengangumkan

Arrogant = Sombong

Humble = Rendah Hati

Kind = Baik Hati

Clever = Pandai

Stupid = Bodoh

Lazy = Malas

Cheerful = Ceria

Loyal = Setia

Naughty = Nakal

Confident = Percaya Diri

Shy = Pemalu

Fat = Gemuk

Thin = Kurus

Stubborn = Keras Kepala

Friendly = Ramah

Hungry = Lapar

Partial = Pilih Kasih

Famous = Terkenal

Lame = Lumpuh

Talkactive = Banyak Bicara

Spoiled = Manja

Doubtful = Ragu

Shallow = Dangkal

Exhausted = Sangat Capek

Lanjutkan Membaca ↓