6 Makanan Pembakar Lemak di Tubuh, Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 26 Agu 2019, 09:30 WIB
Diperbarui 26 Agu 2019, 09:30 WIB
Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Pembakar Lemak di Tubuh (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam penyebab tubuh mengalami kenaikan berat badan. Umumnya, kenaikan berat badan bisa terjadi karena pola konsumsi makanan didominasi oleh karbohidrat dan lemak. Pada berat badan yang berlebih atau obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan karena berpotensi mencetuskan penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi, kanker, dan radang sendi.

Maka tak heran banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan. Namun tidak ada cara ajaib untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang bisa dipasangkan dengan olahraga rutin untuk membantu menurunkan berat badan.

Ya, makanan ini memiliki kekuatan untuk membakar lemak yang tentunya baik untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kamu tak perlu memusuhi makanan dalam proses menurunkan berat badan. Pasalnya, ada beberaoa jenis makanan yang bisa membantu membakar lemak sehingga dapat menurunkan berat badan.

Berikut Liputan6.com, Senin (26/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber lima makanan yang ampuh bantu membakar lemak di tubuh.

2 dari 7 halaman

Gandum

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Roti gandum (Sumber Foto: eatthis.com)

Pada proses menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi karbohidrat. Selama yang dipilih adalah jenis yang tepat, karbohidrat sebenarnya sangatlah baik. Bahkan karbohidrat merupakan salah satu sumber makanan pembakar lemak yang harus dikonsumsi.

Hal ini guna mencukupi kebutuhan serat. Ya, kamu bisa memilih gandum utuh sebagai sumber karbohidrat, yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan menghentikan kamu dari makan berlebihan.

3 dari 7 halaman

Telur

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Telur Rebus (iStock)

Protein juga membantu dalam proses menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Pertama, tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk memecah makanan protein daripada untuk memecah makanan lain.

Ya, protein merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk membantu pembakaran lemak. Protein juga membantu kamu untuk mempertahankan massa otot saat kamu menurunkan berat badan dan karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

4 dari 7 halaman

Susu, Yogurt, dan Keju

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Susu dan Plain Yogurt / Sumber: iStockphoto

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi susu paling banyak akan mengalami penurunan massa lemak sebanyak 1,6 pon lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu.

Hal ini dikarenakan adanya kalsium dalam susu yang mampu menurunkan kadar vitamin yang mendorong sel-sel lemak untuk tumbuh, sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

5 dari 7 halaman

Kacang Kenari dan Kacang Almond

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Kacang Kenari (Istimewa)

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan, seperti almond merupakan bahan makanan pembakar lemak yang harus kamu konsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat, protein, dan lemak baik yang terkandung di kacang bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kacang kenari juga merupakan salah satu sumber non ikan terbaik yang bisa dikonsumsi jika kamu ingin mencari kandungan asam lemak omega-3 dan almond memberikan manfaat tambahan dalam pembentukan tulang karena kalsiumnya yang tinggi.

6 dari 7 halaman

Buah Apel dan Pir

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Bukan hanya apel, ternyata pir juga bisa menjauhkanmu dari lemak yang berlebih.

Kandungan flavonoid pada buah apel dan pir sangatlah tinggi. Dimana kedua bahan kimia alami dalam makanan nabati ini memiliki efek melawan lemak. Hal inilah yang menyebabkan dua buah ini dianggap sebagai buah terbaik untuk menurunkan berat badan.

Pada sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa perempuan yang sering mengonsumsi flavonoid secara signifikan memiliki peningkatan indeks masaa tubuh yang lebih rendah daripada perempuan yang makan paling sedikit.

7 dari 7 halaman

Rumput Laut

Makanan Pembakar Lemak di Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Rumput Laut (sumber: iStockphoto)

Bahan makanan yang ampuh membantu pembakaran lemak selanjutnya adalah yodium. Kandungan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi rumput laut. Ya, rumput laut dikenal memiliki kandungan rendah kalori, kaya akan yodium, serta mineral yang bisa membantu mengatur fungsi kelenjar tiroid.

Nah, salah satu fungsi tiroid ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, Inilah sebabnya mengapa seseorang yang tiroidnya tidak menghasilkan cukup hormon mungkin berjuang dengan berat badan berlebih.

Penelitian menunjukkan bahwa makan rumput laut dapat membantu mengurangi lemak, terutama di bagian tengah tubuh. Varietas cokelat dari rumput laut mengandung senyawa yang disebut fucoxanthin yang dapat sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan tersebut meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓