7 Tempat Wisata Unik di Bali yang Wajib Dikunjungi, Keindahannya Tiada Tara

Oleh Husnul Abdi pada 25 Agu 2019, 17:05 WIB
Bali

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata unik di Bali merupakan merupakan berbagai destinasi yang tidak seterkenal wisata lainnya. Namun, destinasi ini tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya yang sudah banyak dikenal, bahkan tempat wisata unik di Bali juga ramai pengunjung.

Seperti yang kebanyakan orang tahu, Bali memang seakan tidak ada habisnya menyuguhkan spot untuk dikunjungi. Sumber daya Bali pada bidang pariwisata seakan selalu bertambah. Begitu pula dengan pengunjungnya, karena tempat wisata unik di Bali sangatlah banyak.

Tempat wisata unik di Bali wajib dikunjungi karena kamu tidak akan menemukan berbagai keindahan alam ini di tempat lain. Dengan berbagai potensi alam yang sangat indah, tidak heran Bali selalu menjadi destinasi yang paling disenangi wisatawan luar negeri maupun domestik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/8/2019) beberapa tempat wisata unik di Bali yang sayang banget jika dilewatkan begitu saja.

2 of 4

Tempat Wisata Unik di Bali

Hidden Canyon Beji Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang (sumber: tempatwisatadibali.info)

Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang merupakan tempat wisata unik di Bali berupa ngarai yang berada di wilayah desa guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Hidden Canyon Beji Guwang menjadi istimewa karea aliran sungai yang diapit dua tebing yang menjulang tinggi. Wisata alam satu ini bisa dibilang cukup menantang namun akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler.

Seperti namanya, Hidden Canyon Beji Guwang merupakan tempat yang cukup tersembunyi. Untuk dapat menikmati keindahan Hidden Canyon Beji Guwang cukup membayar tiket masuk Rp 15.000. Disediakan pula pemandu wisata yang bisa memandu kamu menyusuri kawasan ini.

Bunut Bolong

Bunut bolong ini adalah tempat wisata unik di Bali yang berupa pohon bunut, sejenis beringin suci raksasa. Pohon ini terletak di Bali Barat tepatnya di Desa Manggisari, Kabupaten Jembrana.

Keunikan bunut bolong ini adalah lubang besar yang terdapat di bagian bawah pohon yang bisa dilewati, bahkan oleh dua mobil yang berdampingan. Di samping Bunut Bolong ini juga terdapat Pura yaitu Pura Pujangga Sakti. Walaupun lokasinya cukup jauh, tempat ini sangat layak dikunjungi karena masih alami, dengan hutan dan perkebunan cengkeh.

3 of 4

Tempat Wisata Unik di Bali Lainnya

Munduk Asri Ubud
Munduk Asri Ubud (sumber: balitoursclub)

Munduk Asri Ubud

Tempat wisata unik di Bali yang pertama adalah Munduk Asri Ubud, cocok bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran dengan wisata alam. Munduk Asri Ubud memiliki tempat ikonik berupa akar-akar pohon Taep besar yang menjalar ke permukaan. Akar-akar inilah yang menjadi spot foto para pengunjung yang datang.

Tak cuma akar pohon, pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang hijau khas Ubud, Bali. Ada pula spot foto seperti sangkar burung buatan, terowongan akar, dan banyak area hijau lainnya.

Munduk Asri Ubud berada di Desa Kerta, Payangan, Ubud, Gianyar, Bali. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja kamu bisa menikmati suasana hijau Ubud dan akar pohon yang eksotis dan alami. Di kawasan ini juga sudah banyak penjual makanan dan minuman sehingga tak perlu khawatir lagi saat merasa lapar dan kehausan usai menjelajah wisata alam ini. Tersedia pula penjual souvenir khas Munduk Asri Ubud yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Angel’s Billabong

Dengan air sejernih kristal, di mana kamu bisa melihat dasar dari kolam alami ini, tidak berlebihan rasanya untuk menganggap bahwa tempat wisata unik di Bali ini benar-benar sangat indah. Airnya memancarkan semburat warna kehijauan layaknya zamrud. Rupanya, warna tersebut berasal dari dasar kolam di mana kamu bisa melangkah di atasnya tanpa khawatir akan terpeleset, karena tidak licin dan begitu nyaman seolah sedang berjalan di hamparan permadani nan hijau.

4 of 4

Tempat Wisata di Bali

Savana Tianyar
Savana Tianyar (Sumber: Wikipedia)

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, sebagai tempat wisata unik di Bali. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa kamu nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan ini.

Selain itu, bukit Campuhan ini merupakan salah satu tempat untuk melihat sunrise terbaik di Bali. Untuk mendapati keindahan sunrise dari sini, kamu perlu datang pagi-pagi setelah subuh. Atau kalau memang tidak sempat, kamu masih bisa menyaksikan keindahan sunset yang tidak kalah bagusnya.

Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, karena di area ini tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Selain itu, jangan membuang sampah di sembarang tempat karena lokasi ini merupakan tempat suci.

Savana Tianyar

Tak cuma pantai dan pegunungan yang eksotis, tempat wisata unik di Bali juga dapat ditemukan dari padang savana yang menarik mata. Berlatar belakang Gunung Agung, Savana Tianyar menawarkan suasana savana seperti di Afrika. Hamparan rumput yang luas dengan pemandangan perbukitan menjadikan Savana Tianyar sebagai lokasi wisata alternatif saat menugnjung pulau Dewata.

Suasana savana makin indah saat musim kemarau karena rumput akan menguning. Tak jarang hewan ternak seperti sapi dan kuda dibiarkan berkeliaran membuat susana savana makin alami dan memesona. Savana Tianyar berada di wilayah Desa Tianyar di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem

Air Terjun Kanto Lampo

Tempat wisata unik di Bali selanjutnya adalah air terjun Kanto Lampo. Air terjun Kanto Lampo ini merupakan air terjun buatan yang tidak sengaja terbentuk. Saluran irigasi desa Beng setempat jebol yang menyebabkan dinding batuan bekas pengalian paras di bawahnya dialiri dengan air terjun yang deras. Karena kejadian itu, terbentuklah air terjun Kanto Lampo.

Lanjutkan Membaca ↓