Paket Wisata Tanjung Lesung yang Lengkap, Cocok bagi Traveler

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 20 Agu 2019, 20:35 WIB
Diperbarui 08 Sep 2019, 10:47 WIB
Tanjung Lesung

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Tanjung Lesung bisa menjadi tujuan berlibur yang tak jauh dari Jakarta. Tanjung Lesung merupakan sebuah pantai yang terletak di desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang kabupaten Pandeglang provinsi Banten. 

Kawasan Tanjung Lesung dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus sejak tahun 2012 dan resmi beroperasi sejak 23 Febuari 2015.

Tanjung Lesung memiliki letak yang strategis dan akses yang mudah dijangkau, yaitu 170 km dari Ibukota Jakarta dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 2,5 – 3 jam. Potensialnya Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata membuat banyak pihak menawarkan paket wisata Tanjung Lesung. Tanjung Lesung juga menjadi titik masuk bagi wisatawan yang akan mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon dan Pulau Krakatau.

Paket wisata Tanjung Lesung yang ditawarkan pun beragam mulai dari harga, kegiatan, hingga destinasi. Memilih paket wisata Tanjung Lesung bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang merencanakan liburan dengan waktu dan dana terencana. Paket wisata Tanjung Lesung biasanya berisi akomodasi dari titik pertemuan, transportasi, makanan, penginapan, hingga tiket masuk objek wisata.

Beberapa paket wisata Tanjung Lesung juga tak hanya menawarkan destinasi di Tanjung Lesung, melainkan wisata di sekitarnya seperti Ujung Kulon dan Krakatau. Berikut ulasan mengenai paket wisata Tanjung Lesung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019).

2 of 5

Wisata Tanjung Lesung

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung memiliki luas area 1.500 Ha dengan potensi pariwisata yang beragam, antara lain keindahan alam pantai, keragaman flora dan fauna serta kekayaan budaya yang eksotis. Seperti namanya, Tanjung Lesung memiliki bentuk dataran pantai wilayah yang menjorok ke laut dan mirip lesung.

Tanjung Lesung menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan hamparan laut biru menenangkan.

Meurut, Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI, selama tahun 2016 tercatat jumlah kunjungan wisatawan sejumlah 570.000 orang dan ditargetkan meningkat hingga 6,1 juta wisatawan saat beroperasi penuh pada 2020. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Tanjung Lesung yang pastinya menyengangkan.

Di kawasan ini telah tersedia hotel, beach club, diving centre, pusat kebudayaan Mongolia dan lapangan golf yang dibangun oleh sebuah perusahaan swasta.

3 of 5

Aktivitas yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung

Ilustrasi terumbu karang
Ilustrasi terumbu karang (iStock)

Snorkeling dan penyelaman

Pantai Tanjung Lesung menawarkan pemandangan laut yang tak kalah menakjubkan dengan jajaran pantai lain di Indonesia. Dengan kegiatan snorkeling Anda dapat menikmati keindahan biota laut yang beraneka ragam. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kapal Belanda yang karam di wilayah ini. Altivitas menyelam ini tersedia bagi pemula maupun penyelam profesional.

Menikmati atraksi kebudayaan

Jika beruntung, Anda juga dapat menikmati aksi pertunjukan kebudayaan setempat. Salah satu pertunjukkan yang paling fenomenal adalah atraksi tarian api. Masih banyak atraksi dan acara lainnya untuk menarik pengunjung berlibur ke Tanjung lesung.

4 of 5

Aktivitas yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung

Pusat Kebudayaan Mongolia
Pusat Kebudayaan Mongolia (sumber: tanjuglesung.com)

Mengunjungi Pusat Kebudayaan Mongolia

Pusat Kebudayaan Mongolia resmi dibuka di KEK Tanjung Lesung sejak April 2017. Pusat Kebudayaan Mongolia didesain langsung oleh arsitek asal Mongol. Di sini para pengunjung dapat merasakan kehidupan ala Mongol yang sebenarnya. Terdapat GER, tenda khas Mongol yang identik dengan kehidupan nomadik yang diimpor khusus dari negeri asalnya.

Selain dapat merasakan sensasi bermukim di dalam GER, di sini pengunjung juga bisa menikmati dan mempelajari kebudayaan unik Mongol, mulai dari berkuda, memanah, bermain ankle bones games yang disebut Shagai, hingga mencicipi kuliner otentik.

Perjalanan ke Krakatau

Tak cuma menikmati Tanjung Lesung, pengunjung juga bisa melanjutkan petualangan ke Krakatau. Di sini tersedia tur perjalanan mendaki puncak anak Krakatau yang eksotis. Pengunjung akan dibawa merasakan pengalaman menuruni gunung menembus hutan alami hingga mencapai pantai dan menikmati santap siang di Legon Cabe.

5 of 5

Aktivitas yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung

Taman Nasional Ujung Kulon (Liputan6.com/Yandhi Deslataman)
Taman Nasional Ujung Kulon (Liputan6.com/Yandhi Deslataman)

Mengunjungi Kampung Baduy

Suku Baduy merupakan kelompok etnis masyarakat adat suku Banten di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 26.000 orang, dan mereka merupakan salah satu suku yang mengisolasi diri mereka dari dunia luar. Mengunjungi Kampung Baduy akan memberi pengalaman tak terlupakan. Suasana di kampung ini begitu alami dan jauh dari pengaruh modernisasi.

Berkunjung ke Ujung Kulon

Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Di sini Anda dapat menikmati pengalaman menyusuri hutan lindung yang sangat luas. Salah satu yang menjadi ikon Ujung Kulon adalah badak yang hidup di habitat ini. Terdapat berbagai spesies flora dan fauna yang dilindungi di tempat ini.

Mengunjungi Pulau Panaitan

Panaitan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, dekat Ujung Kulon. Garis pantai Pulau Panaitan yang dihiasi dengan pantai pasir yang luas secara alami menciptakan beberapa lokasi wisata seperti scubadiving untuk menikmati terumbu karang dan menciptakan gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar. Ombak di sekitar pulau ini juga cocok untuk berselancar.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by