Macam-Macam Air Tanah Serta Definisi yang Perlu Diketahui

Oleh Husnul Abdi pada 19 Agu 2019, 12:10 WIB
Macam-Macam Air Tanah

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam air tanah dibagi ke dalam beberapa jenis. Air tanah merupakan salah satu sumber air yang berasal dari tanah atau daratan yang bisa memiliki banyak jenisnya tergantung dari lapisan bumi apa air tersebut berasal.

Bila diperhatikan fisiknya saja, macam-macam air tanah memang tampak tidak memiliki perbedaan. Namun bila menimbang zat kimia yang dikandungnya, tentunya ada beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan dari berbagai macam air tanah.

Macam-macam air tanah dapat dilhat berdasarkan letaknya. Memiliki sumber yang berbeda-beda, air tanah memiliki tempat bernaung yang berbeda-beda pula berdasarkan jenisnya masing-masing. Air tanah ini memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk makhluk hidup.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang macam-macam air tanah dari berbagai sumber, Senin (19/8/2019).

2 of 7

Definisi Air Tanah

Air tanah adalah air yang terdapat pada pori-pori tanah atau pada celah batuan di tanah, yang biasanya terbentuk oleh air hujan. Pada saat hujan turun, titik-titik air akan meresap ke dalam tanah dan menjadi air tanah.

Dari sekian macam-macam air tanah sebagaimana yang akan dijelaskan, manusia pada umumnya menggunakan air tanah freatik yang bisa didapatkan melalui penggalian sumur. Walau begitu, ada pula jenis air lain seperti air dengan kandungan mineral baik yang dikhususkan untuk kebutuhan seperti konsumsi utama air minum.

3 of 7

Air Tanah Freatik

Macam-Macam Air Tanah
Macam-Macam Air Tanah (Sumber: Pixabay)

Macam-macam air tanah yang pertama adalah Air tanah yang berasal dari lapisan dangkal dan tidak jauh dari permukaan, yaitu air tanah freatik. Jenis air tanah freatik ini merupakan salah satu macam-macam air tanah yang paling mudah untuk didapatkan dibandingkan air tanah lainnya.

Air tanah freatik atau air tanah dangkal ini secara fisik memiliki tampilan yang tampak bening. Namun bila sumber dari air tersebut tercemar, maka air tanah freatik ini bisa saja memiliki kandungan zat kimia mangan dan besi yang tinggi. Untuk mendapatkan air tanah freatik ini, kamu bisa menggali tanah setidaknya sedalam 9 hingga 15 meter untuk dibuat menjadi sumur.

4 of 7

Air Tanah Artesis

Macam-macam air tanah selanjutnya adalah air tanah artesis. Air tanah satu ini merupakan macam-macam air tanah yang paling dekat dengan lapisan permukaan tanah dan berada di lapisan kedap air pertama.

Air Artesis juga disebut dengan air tanah dalam, karena terdapat pada kedalaman 80 hingga 30 meter daru permukaan tanah. Air tanah artesis juga dapat diminum langsung karena sudah mengalami penyaringan sempurna, sehingga telah bebas dari bakteri.

Biasanya jenis air tanah artesis ini sering digunakan untuk mengatasi kekeringan meskipun pada musim kemarau panjang. Hal ini karena air tanah artesis merupakan macam-macam air tanah yang memiliki debit air yang stabil, meskipun untuk membangun sumur artesis ini juga membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Kamu bisa mengambil air tanah artesis dengan pompa air khusus berkapasitas besar, bahkan air tanah satu ini juga bisa keluar sendiri bila tekanan airnya cukup besar, dan membentuk sumur artesis.

5 of 7

Air Tanah Juvenil

Macam-Macam Air Tanah (Sumber: Pixabay)
Macam-Macam Air Tanah (Sumber: Pixabay)

Macam-macam air tanah berikutnya adalah air tanah juvenil. Air tanah juvenil terbentuk dari hasil proses intrusi magma pada kedalaman tertentu. Salah satu macam-macam air tanah yang disebut juga dengan air tanah magma ini biasa ditemukan di kawasan yang berdekatan dengan gunung berapi.

Air tanah juvenil ini biasanya memiliki kandungan belerang yang tinggi, bila prosesnya ke permukaan bumi melewati struktur lapiasa batuan belerang. Setelah sampai di permukaan tanah, air tanah juvenile ini berbentuk menjadi air panas atau geyser.

6 of 7

Air Tanah Vados

Macam-macam air tanah selanjutnya adalah air tanah vados. Air tanah yang sering juga disebut dengan air tanah meteorit ini merupakan hasil dari hujan yang dalam prosesnya di atmosfer mengalami kondensasi serta percampuran debu meteor yang melesak pada lapisan atmosfer dan habis di lapisan tersebut.

Merupakan hasil dari pencampuran debu pembakaran meteor dengan awan yang mengandung titik-titik air, air tanah vados ini mengandung debu meteor seperti kimia air berat (H3) hingga tritium. Air tanah vados sering juga disebut sebagai air tua.

7 of 7

Air Tanah Konat

Macam-Macam Air Tanah (Sumber: Pixabay)
Macam-Macam Air Tanah (Sumber: Pixabay)

Macam-macam air tanah selanjutnya adalah air konat. Jenis air ini disebut juga dengan air tersengkap atau air purba karena sering ada di dalam batuan selama ribuan bahkan jutaan tahun lamanya.

Air tanah satu ini memiliki salah satu karakteristik dimana kandungan garamnya lebih tinggi dibanding air laut. Apabila terjebak dalam batuan sedimen di sekitar gunung berapi, jenis air dari proses geologi ini menjadi air yang mengalami mineralisasi secara sempurna.

Jadi begitulah definisi serta 5 macam air tanah yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui berbagai jenis air tanah ini, kamu bisa tahu tentang kegunaan berbagai macam air tanah tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by