Sukses

7 Potret Lerato Molapo, Perempuan Afrika Pertama yang Jadi Inspirasi Boneka Barbie

Lerato Molapo menjadi perempuan Afrika pertama yang dijadikan Barbie.

Liputan6.com, Jakarta Boneka Barbie pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Barbie merupakan sebuah boneka yang diluncurkan oleh perusahan mainan Mattel pada tahun 1959. Ruth Handler yang pertama kali membuat boneka barbie karena melihat anak perempuannya yang bernama Barbara sedang bermain dengan boneka kertas. Barbie memiliki nama asli Barbara Millicent Roberts dan lahir pada tanggal 9 Maret 1959.

Boneka favorite anak perempuan ini kerap sekali dijadikan simbol kesempurnaan. Boneka Barbie pasti memiliki wajah yang sangat cantik, tak hanya itu saja semua dari ujung rambut sampai kaki Barbie sangat indah. Tak heran jika banyak manusia yang menginginkan dirinya mirip dengan Barbie. Kebanyakan Barbie terinspirasi dari orang-orang kulit putih. Tapi belum lama ini perusahaan Mattel merilis Barbie pertama dengan kulit gelap.

Barbie pertama dengan kulit gelap keluaran Mattel ini ternyata terinspirasi dari sosok penyanyi asal Afrika selatan. Lerato Molapo menjadi perempuan Afrika pertama yang dijadikan Barbie dalam sejarah produk mainan keluaran Mattel tersebut. Boneka tersebut sekaligus dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-60 Barbie, seperti Liputan6.com lansir dari iAfrika, Minggu (18/8/2019).

Berikut 7 potret Lerato Molapo, perempuan Afrika pertama inspirasi Barbie yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Barbie meluncurkan deretan boneka yang terinspirasi dari perempuan inspiratif sejak 2015 untuk kampanye 'Sheros'.

3 dari 8 halaman

2. Yang terbaru Barbie terinspirasi sosok pebisnis dan penyanyi bernama Lerato Molapo yang berkebangsaan Afrika Selatan.

4 dari 8 halaman

3. Lira bersandingan dengan perempuan hebat seperti model plus-size Ashley Graham, petenis Jepang Naomi Osaka, sutradara Ava DuVernay, pelukis Meksiko Frida Kahlo, ahli matematika NASA Katherine Johnson dan supermodel Adwoa Aboah.

5 dari 8 halaman

4. Lira mengaku sempat khawatir bagaimana Mattel menampilkan rambut aslinya yang cepak itu. Namun, ia lega karena hasilnya sesuai dengan ekspektasi

6 dari 8 halaman

5. Lerato Molapo yang akrab disapa Lira ini adalah penyanyi cantik asal Afrika yang penjualan albumnya sudah mencapai multiplatinum.

7 dari 8 halaman

6. Wanita kelahiran Johannesburg, Afrika Selatan ini juga menorehkan banyak prestasi dalam dunia musik.

8 dari 8 halaman

7. Pada 2006 lalu, Lira bahkan masuk dalam lima nominasi di South African Grammy Award.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini