5 Cara Mengatasi Rasa Sakit saat Gigi Geraham Bungsu Tumbuh

Oleh Nisa Mutia Sari pada 16 Agu 2019, 17:30 WIB
Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu

Liputan6.com, Jakarta Pada orang dewasa, gigi geraham bungsu akan muncul untuk mengisi kekosongan dalam ruang gigi. Biasanya, gigi geraham bungsu ini muncul sekitar usia 18 hingga 30 tahun. Disebut sebagai gigi geraham bungsu karena gigi ini adalah yang paling terakhir terbentuk dan muncul ke permukaan gusi. 

Gigi geraham bungsu merupakan empat gigi geraham ketiga yang tumbuh dua di rahang atas dan dua di bawah, tepatnya di bagian mulut paling belakang. Kondisi tumbuhnya gigi geraham bungsu ini kerap kali membuat sebagian orang mengalami rasa sakit atau nyeri.

Umumnya, saat gigi ini muncul, rahang akan terasa sangat pegal dan ngilu. Namun ada beberapa orang yang tidak harus merasakan sakit karena tumbuhnya gigi bungsu ini. Maka tak heran sebagain orang ini kerap mencari cara mengatasi rasa sakitnya.

Berikut ini Liputan6.com, Jumat (16/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara meringankan rasa sakit saat gigi geraham bungsu tumbuh.

2 of 6

Berkumur dengan Air Garam Hangat

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu
Air Garam Hangat (Alexeysun/Shutterstock)

Garam merupakan disinfektan alami. Berkumur dengan air garam hangat merupakan salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menyingkirkan sakit saat gigi geraham bungsu tumbuh.

Cara membuat racikan ini adalah dengan melarutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumur mulut selama beberapa menit menggunakan air garam hangat. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

3 of 6

Berkumur dengan Kunyit

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu
Bubuk Kunyit (Istimewa)

Tak hanya larutan garam, bubuk kunyit yang dilarutkan juga bisa membantu meredakan rasa nyeri ketika gigi geraham bungsu tumbuh. Hal ini dikarenakan kunyit bersifat sebagai antiseptic. Sehingga kunyit bisa menjadi analgesic atau obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran.

Selain menjadi antiseptic, kunyit juga menjadi antibakteri. Untuk menggunakannya, kamu bisa menambahkan sedikit kunyit bubuk ke dalam air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur.

4 of 6

Kompres dengan Es Batu

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu
Ilustrasi es batu /copyright shutterstock

Selanjutnya, cara meredakan sakit saat gigi geraham bungsu tumbuh adalah dengan mengompres dengan es batu pada bagian pipi. Letakkan es batu dan tempelkan pada area pipi yang dekat dengan lokasi tumbuhnya gigi geraham bungsu ini. Diamkan selama 15 menit dan lepaskan.

Ulangi beberapa kali setiap kali kamu merasakan sakit. Metode ini berguna untuk mencegah peradangan dan pembengkakan.

5 of 6

Meletakkan Kantong Teh pada Bagian Gigi

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu
ilustrasi kantong teh (sumber: pexels)

Terdapat berbagai macam kantong teh yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh tumbuhnya gigi geraham bungsu. Salah satunya adalah teh hitam yang biasa disarankan untuk membantu mengurangi rasa nyeri di rahang.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam tannic dalam teh yang bisa membantu mengurangi peradangan. Kamu bisa meletakkan langsung kantong teh pada gigi geraham bungusu untuk mengurangi rasa nyerinya.

6 of 6

Menggunakan Cengkeh

Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Gigi Geraham Bungsu
Cengkeh (istimewa)

Bahan rempah yang bisa kamu jadikan untuk meringakan rasa nyeri saat gigi geraham bungsu tumbuh adalah cengkeh. Sejak dulu cengkeh sudah digunakan sebagai obat tradisional penyembuh sakit gigi. Hal ini dikarenakan adanya sifat anetesi yang terkandung dalam tanaman ini, sehingga bisa memabntu mematikan rasa nyerinya.

Selain itu, zat antibakteri dan antiseptiknya juga mampu mencegah daerah tersebut tidak terinfeksi. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu meletakkan beberapa bulir cengkeh tepat di atas gigi yang sakit. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang diteteskan pada kapas.

Lanjutkan Membaca ↓