5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras Bagi Kesehatan, Jangan Dibuang

Oleh Nisa Mutia Sari pada 16 Agu 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2019, 16:00 WIB
Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Nanas merupakan salah satu buah tropis yang memiliki bentuk dan rasa yang khas. Banyak orang yang menyukai kesegaran dari buah ini. Tak hanya segar dan nikmat, buah nanas juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain daging buahnya yang nikmat dan memberikan manfaat, ternyata ada bagian nanas lainnya yang tak boleh disepelekan khasiatnya. Yakni bagian tengah nanas yang keras alias bonggol nanas. Bagian ini kerap disisihkan atau bahkan dibuang karena memiliki tekstur yang keras dan sulit untuk dikonsumsi.

Namun, kini kamu perlu berpikir ulang untuk membuangnya. Karena bagian tengah nanas yang keras ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatah tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bromolin.

Berikut ini Liputan6.com, Jumat (16/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat bagian tengah nanas yang keras untuk kesehatan tubuh.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bantu Mengatasi Kanker Usus

Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Kanker Usus / Sumber: iStockphoto

Bagian tengah nanas yang keras memiliki kandungan bromolin. Zat ini berfungsi sebagai anti kanker usus dan lainnya. Nah, bagi penderita kanker usus, bromolin ini bisa melunakkan dinding-dinding sel sehingga obat dapat secara maksimal masuk ke inti sel.

Apabila kamu tidak menyukai bagian tengah nanas yang keras ini, kamu bisa menyiasatinya dengan menghaluskannya. Kamu bisa mengupas dan memisahkan bagian tengah nanas atau bonggolnya ini. Kemudian blender bagian tengah nanas yang keras ini.


Sebagai Anti Kanker

Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Antikanker

Nanas memang sudah cukup dikenal sebagai anti kanker. Selain daging buah nanas, ternyata bagian tengah yang keras pada nanas juga memiliki fungsi yang sama seperti daging buahnya. Ya, bagian tengah nanas yang keras atau bonggol nanas memiliki kandungan bromelin.

Kandungan ini bersifat anti kanker yang masih diperlukan dan seringkali digunakan untuk mengobati beberapa bentuk penyakit. Manfaat bagian tengah nanas ini mirip dengan manfaat daun kelor untuk kanker.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Menurukan Kolesterol / Sumber: iStockphoto

Tak hanya ampuh dalam pengobatan kanker, bagian tengah nanas yang keras juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Meskipun tidak signifikan, penggunaan bagian tengah nanas sebagai salah satu bahan penurun kolesterol bisa kamu coba. Mengonsumsi bagian tengah nanas untuk menurunkan kadar kolesterol tidak menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi dalam jangka panjang sekalipun.


Bantu Pengobatan Penyempitan Pembuluh Darah

Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Penyempitan Pembuluh | via: duniafitnes.com

Selain itu, manfaat bagian tengah nanas yang keras adalah bisa membantu dalam proses pengobatan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan adanya susunan senyawa yang terdapat di dalam bromelin yang bisa membantu mengatasi kondisi penyumbatan. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan dalam membantu menstimulus tubuh agar dapat secara alami melakukan pengobatan penyumbatan yang terjadi.


Bantu Pengobatan Lebih Efektif

Manfaat Bagian Tengah Nanas
Perbesar
Konsumsi Obat (iStockphoto)

Selain membantu meredakan atau meringankan penyakit di atas, manfaat bagian tengah nanas lainnya adalah membantu pengobatan menjadi lebih efektif. Hal ini bisa terjadi karena bagian tengah nanas memiliki kandungan bromolin yang cukup melimpah.

Kandungan bromelin ini mampu melunakkan dinding sel, sehingga membuat penggunaan obat dapat secara maksimal masuk hingga bagian inti dari sel, khususnya pada penderita kanker.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya