Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 6 Artis Tanah Air Ini Keturunan Pahlawan Indonesia

Para selebriti ini memiliki garis keturunan pahlawan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi Indonesia akan segera memperingati hari kemerdekaannya. Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan selalu berlangsung meriah setiap tahunnya. Apalagi sebentar lagi Republik Indonesia akan merayakan HUT ke-74. Perayaan hari yang sakral bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut menjadi tanda kebebasan Negara Indonesia dari penjajahan Jepang dan Belanda pada tahun 1945 silam.

Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Salah satu cara memperingati Hari Kemerdekaan adalah dengan cara mengenang jasa para pahlawan. Kita bisa menikmati kenyamanan tinggal di tanah air, semua ini berkat jasa para pahlawan kita yang telah berjuang mati-matian agar dapat membuat Indonesia menjadi negara merdeka seperti sekarang. Bahkan para pahlawan kita harus gugur disaat membela tanah air ini.

Untuk itulah kita sebagai masyarakat yang cinta terhadap negara Republik Indonesia ini harus memiliki rasa peduli akan Tanah Air dan selalu membela negara meneruskan jasa pahlawan. Rasanya pasti bangga sekali jika kita masih memiliki darah keturunan dari para pahlawan yang telah mengharumkan nama Indonesia. Seperti para artis Tanah Air yang ternyata adalah keturanan para pahlawan Indonesia.

Berikut 6 artis Tanah Air yang ternyata keturunan pahlawan Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dian Sastrowardoyo

Nama Dian Sastrowardoyo sudah tidak asing di dunia hiburan Indonesia. Namun siapa yang menyangka jika artis cantik ini merupakan cucu dari pahlawan. Ayah Dian merupakan anak dari pahlawan pergerakan Indonesia Prof Sunrio Sastrowardoyo.

Selain salah satu pahlawan nasional, kakek Dian Sastro merupakan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7, Menteri Perdagangan yang ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris.

3 dari 7 halaman

2. Maia Estianty

Semula tak banyak yang tahu bahwa Maia Estianty merupakan sosok artis yang memiliki garis keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia. Musisi cantik ini adalah cicit dari HOS Cokroaminoto yang merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi Sarekat Islam (SI).

Layaknya keturunan pahlawan nasional lainnya, ibu tiga anak ini merasa bangga menjadi salah satu cicit dari HOS Cokroaminoto. Seperti yang telah diketahui, HOS Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak yang baik kepada keluarganya. Ia pun tertarik untuk melakukan hal serupa.

4 dari 7 halaman

3. Karina Salim

Artis cantik Karina Salim ternyata adalah cicit dari pahlawan Nasional, H. Agus Salim. Dirinya mengaku bangga memiliki darah keturunan seorang pahlawan. Ia juga menyampaikan banyak hal yang didapatkan saat mendengar cerita mengenai sosok mantan Menteri Luar Negeri pada zaman Presiden RI, Soekarno tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Dewi Yull

Artis senior Dewi Yull diketahui juga memiliki darah keturunan pahlawan Indonesia. Mantan istri Ray Sahetapy itu merupakan cicit dari R.M. Tirto Adhisoerjo, Bapak Pers Indonesia, seorang pejuang pertama yang mendirikan Surat Kabar “Medan Prijaji”. Dewi pun merasa bangga memiliki seorang kakek yang merupakan pejuang kemerdekaan.

6 dari 7 halaman

5. Setiawan Djody

Musisi senior Setiawan Djody ternyata merupakan cucu dari pahlawan penggagas organisasi Budi Utomo. Djody yang pernah bergabung dalam grup musik SWAMI ini adalah cucu Dr Wahidin Sudirohusodo salah satu pahlawan Indonesia yang namanya selalu dikaitkan dengan organisasi Budi Utomo.

Walaupun bukan pendiri Budi Utomo, namun Dr Wahidin adalah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta. Dr Wahidin sering dikenal sebagai sosok pahlawan yang sangat akrab dengan rakyat.

7 dari 7 halaman

6. Asri Welas

Siapa yang menyangka jika ternyata Asri Welas merupakan keturunan seorang pahlawan. Ia merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro. Tentunya ini jadi suatu yang cukup membanggakan bagi Asri bisa memiliki garis keturunan dari pahlawan besar seperti Diponegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini