Sukses

7 Potret Dulu dan Kini Perubahan Inggris Selama 125 Tahun

Meski banyak perubahan, namun bangunan ikonik ini masih kokoh berdiri di Inggris

Liputan6.com, Jakarta Inggris merupakan salah satu negara yang kerap menjadi destinasi liburan. Dengan arsitektur bangunan yang menawan tentu membuat siapa saja bertanya seperti apa bangunan tersebut di masa lalu.

Beberapa potret lawas Inggris pada akhir abad 18 terlihat beberapa tempat ikonik besar yang sampai saat ini masih berdiri dan beberapa dekorasi kota ada yang dipertahankan dan ada pula yang dihilangkan. Inilah yang membuat sebuah perubahan nampak sangat signifikan karena bangunan ikonik tetap berdiri megah dan lingkungan sekitar telah berubah drastis.

Dalam kurun waktu 125 tahun, ternyata begitu banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari jalanan yang sekarang sudah berupa aspal hingga ramainya kendaraan lalu lalang yang bukan kereta kuda lagi.

 

Namun adapula bangunan yang dahulu ada tapi kini telah direnovasi dan berubah bentuk. Berikut potret dulu dan kini perubahan Inggris selama 125 tahun yang Liputan6.com lansir dari Onstride, Jumat (16/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Newcastle - Black Gate and Castle

Pos jembatan 'Gerbang Hitam' dibangun pada 1250. Dan kastil Henry II yang berusia 842 tahun (dibangun di lokasi benteng yang memberi nama Newcastle) ini tidak banyak berubah antara zaman Victoria dan sekarang.

Perubahan paling signifikan adalah bangunan yang muncul di antara bangunan tersebut. Dibangun dengan gaya klasik sebagai Northumberland County Hall pada tahun 1910 dan diperluas ke atas dan ke luar pada tahun 1933, sekarang menjadi hotel. Jembatan telah menjadi jembatan kereta api untuk jalur utama Pantai Timur ke Skotlandia.

3 dari 8 halaman

2. Scarborough - the Spa at South Bay

Kota Scarborough dikenal kota kaya setelah ditemukannya sumber mineral pada abad ke-17 yang memiliki khasiat obat. Kabar menyebar dan spa menjadi tujuan wisata yang modis, dan selama dua abad berikutnya terjadi renovasi pada dengan teras kayu sederhana yang menghadap ke perairan.

Dengan adanya koneksi kereta api, kompleks spa pada bagian kiri dibangun. Dan kemudian dipulihkan dan diperluas setelah kebakaran pada tahun 1880-an.

Perbedaan utama antara gambar-gambar ini adalah selungkup Sun Court pada gambar selanjutnya. Meskipun Grand Hall menampung 2.000 orang, Sun Court adalah tempat yang lebih sehat untuk menyaksikan pertunjukan dari Scarborough Spa Orchestra, yang telah tampil di sana sejak 1912.

4 dari 8 halaman

3. Manchester - Victoria Street

Jalan berbatu di Victoria Street mungkin sudah lama berubah, tetapi patung Oliver Cromwell yang kontroversial menghilang dari satu foto ke foto berikutnya. Patung itu adalah hadiah untuk kota dari Elizabeth Heywood, istri walikota Abel Heywood abad ke-19, untuk menghormati almarhum suaminya Thomas Goadsby, wali kota sebelumnya.

Namun saat itu terjadi perpecahan politik akibat Cromwell yang menikahi walikota Elizabeth Heywood yang menyebabkannya diletakkan di jalan alih-alih tujuan aslinya di dalam Balai Kota Manchester. Cromwell dipindahkan ke Wythenshawe Hall pada 1980-an.

5 dari 8 halaman

4. Worthing - Marine Parade

Dermaga di Worthing pertama kali dibuka pada tahun 1862 dengan pavilliun selatan di latar belakang foto aslinya ditambahkan pada tahun 1889. Paviliun tersebut selamat dari badai yang menghanyutkan sebagian besar dermaga pada tahun 1914, namun kini pavilion ini lebih besar dan lebih modern.

Dibangun di ujung pantai pada tahun 1926, yang mendominasi foto saat ini. Pada 1930-an, paviliun selatan hangus dalam kebakaran dan orang-orang yang lewat bergegas membongkar dermaga untuk menghentikan nyala api yang menyebar ke paviliun baru.

Paviliun Selatan kemudian dibangun kembali dengan gaya streamline modere. Tempat ini kemudian menjadi klub malam, sebelum kembali digunakan sebagai kafe dan tempat hiburan, sedangkan paviliun dalam gambar modern sebagian besar digunakan sebagai teater.

6 dari 8 halaman

5. Bristol - St. Augustine Parade

Gereja Saint Stephen tetap berada di kaki langit Bristol sejak tahun 1470. Selama beberapa abad menara gereja adalah bangunan ikonik yang dapat digunakan pelaut untuk membimbing diri mereka ke pelabuhan Bristol. Hari ini, terselip di balik perkembangan yang lebih tinggi seperti Colston Tower (di sebelah kiri gambar modern).

Tetapi detail paling penting yang telah berubah dari foto ke foto adalah sungai Frome yang telah menghilang dari pandangan sejak bagian ini direnovasi pada tahun 1938. Salah satu perkembangan terbaru dalam sejarah panjang pengalihan dan gorong-gorong sungai untuk meningkatkan perdagangan di sekitar pelabuhan.

7 dari 8 halaman

6. London - Victoria Embankment

Ada bagian foto sejarah yang mengejutkan dalam foto ini. Yaitu terlihat sebuah obelisk di tengah yang merupakan 'Cleopatra Needle' berusia 3.500 tahun yang ditawarkan oleh Mesir ke Inggris sebagai hadiah di abad ke-19 Masehi.

Jembatan Waterloo di luar adalah terlihat jauh lebih baru tetapi dengan sejarah yang lebih penting. Versi dalam foto Victoria dihancurkan pada 1930-an, dan dibangun kembali dan itu adalah satu-satunya jembatan sungai Thames yang mengalami kerusakan akibat bom Jerman.

8 dari 8 halaman

7. Liverpool - St. George’s Hall

Daerah antara stasiun kereta Lime Street dan St George's Hall di seberangnya adalah bangunan yang tidak berubah di bagian kota ini. Area Lime Street di sudut bangunan gothic telah berubah secara banyak dalam beberapa tahun terakhir. Namun kemegahan Neoklasik St. George tetap sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.