Sukses

5 Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak sebenarnya merupakan hal-hal yang sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Merawat keyboard bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang cukup sulit. Apalagi untuk orang-orang yang menggunakan laptopnya untuk bermain game, hal ini tentu membuat keyboard menjadi tidak tahan lama.

Menggunakan keyboard laptop dengan sembarangan dapat membuatnya rusak. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan keyboard. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang sering kamu lakukan dalam menggunakan keyboard.

Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak sebenarnya merupakan hal-hal yang sederhana. Namun banyak orang yang tidak memperhatikannya dan menyepelekannya, sehingga banyak keyboard laptop yang harus diganti maupun dan diperbaiki.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019) tentang cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jangan menggunakan keyboard laptop saat bermain game

Banyak orang yang menggunakan laptopnya untuk kepentingan bermain game. Namun keyboard laptop biasanya sangat rentan rusak bila digunakan untuk bermain game terlalu sering.

Hal ini karena bermain game menuntut kamu untuk menekan keyboard berulang kali, dan biasanya bermain game juga membuat seseorang menekan keyboard dengan keras. Belum lagi kalau sedang emosi, tentu keyboard yang akan menderita karena jadi pelampiasan kekesalan.

Berbagai macam hal yang dilakukan saat menggunakan keyboard dalam bermain game dapat membuatnya cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan joystick atau membeli keyboard eksternal saja.

3 dari 6 halaman

Jangan Mengetik dengan Keras

Berkaitan dengan cara yang pertama, kamu tidak boleh mengetik terlalu keras pada keyboar laptop. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi gamers saja, namun bagi banyak orang yang bekerja dengan laptop dan mengharuskannya untuk menggunakan keyboard secara rutin.

Keyboard sudah dibentuk sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan kamu, termasuk dalam hal sensitifitas dalam mengetik. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mengetik terlalu keras sampai menekannya, karena dapat merusak keyboard laptop tersebut nantinya.

4 dari 6 halaman

Jauhkan dari Makanan dan Benda Cair

Hal ini mungkin adalah salah satu kegemaran banyak orang, yaitu menggunakan laptop sembari makan dan minum. Memang makan dan minum sambil bekerja dengan laptop merupakan suatu hal yang menyenangkan, namun hal ini bisa berbahaya bagi keyboard laptop, bahkan bagi laptop itu sendiri secara keseluruhan.

Makan dan minum sambil menggunakan laptop tentunya bisa membuat makanan dan minuman tersebut tumpah pada laptop. Saat suatu cairan masuk ke dalam laptop, baik banyak maupun sedikit, dapat menyebabkan laptop korsleting.

Dengan begitu, tidak hanya keyboard saja yang akan rusak, bahkan laptop kamu juga akan rusak karenanya. Jadi jauhkanlah makanan dan minuman dari laptopmu.

5 dari 6 halaman

Rutin Membersihkan Keyboard

Keyboard merupakan bagian komputer yang paling sering disentuh oleh pengguna laptop. Tentunya tangan kamu belum tentu bersih saat menggunakan keyboard laptop. Selain itu, keyboard yang lama didiamkan juga akan menjadi tempatnya debu. Karena keyboard yang begitu cepat kotor tersebut, maka kamu harus melakukan pembersihan keyboard secara rutin.

Oleh karena itu, kamu bisa secara rutin membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan kuas. Sapu sela-sela keyboard untuk mengelaurkan berbagai kotoran di dalamnya.

Selanjutnya, kamu juga perlu membersihkan kain atau lap yang telah dibasahi dengan cairan pembersih kaca agar keyboard tetap bersih. Pastikan mengeringkan kain tersebut hingga pas digunakan untuk membersihkan keyboard nantinya.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Pelindung Keyboard

Cara merawat keyboard laptop berikutnya adalah menggunakan pelindung keyboard. Hal ini pastinya akan mampu membuat keyboard laptop lebih awet.

Kamu bisa membeli berbagai macam jenis pelindung keyboard yang sesuai dengan laptopmu. Biasanya pelindung keyboar ini memiliki bahan silicon yang elastis. Dengan menggunakan pelindung keyboard, kamu sudah menjaganya dari debu, tangan kotor saat menggunakan keyboard, hingga dari makanan dan minuman yang bisa saja tumpah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini