Kurangi Penggunaan Plastik, Pria Ini Bikin Botol dari Bambu

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 13 Agu 2019, 18:34 WIB
Kurangi Penggunaan Plastik, Pria Ini Bikin Botol dari Bambu

Liputan6.com, Jakarta Perubahan iklim dan sampah adalah masalah banyak negara. Pada masa ini mulai banyak kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik agar bisa mengurangi limbah. 

Sudah mulai banyak restoran yang memulai kampanye pengurangan penggunaan beberapa produk yang menggunakan plastik. Selain itu saat kamu belanja di sebuah supermarket, pasti akan dikenakan biaya tambahan jika kamu tidak membawa tas atau tempat sendiri untuk barang belanjaanmu karena nanti harus dikemas menggunakan plastik.

Untuk mengurangi penggunaan plastik ini, ada sebuah terobosan unik dari pria asal Assam, India. Ia membuat botol yang bisa digunakan untuk wadah air minum dari sebuah bambu. Selain berbentuk botol, ternyata ia juga mampu menciptakan kreasi bentuk lain seperti cangkir maupun gelas.

Botol-botol ini pun sekarang dijual di masyarakat dan bisa didapatkan melalui platform toko online dan bisa kamu dapatkan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Berikut ulasan mengenai pria membuat botol dari bambu untuk menggantikan botol plastik yang Liputan6.com lansir dari storypick, Selasa (13/8/2019)

2 of 3

Botol bambu ini terbuat dari bahan ramah lingkungan dan tidak mudah bocor

Kurangi Penggunaan Plastik, Pria Ini Bikin Botol dari Bambu
Botol minuman yang terbuat dari bambu (Sumber: indiatimes)

Melansir dari storypick, Selasa (13/8/2019) selain mengurangi penggunaan plastik, produk ramah lingkungan ini nantinya akan menggantikan produk dari plastik. Salah satunya adalah botol bambu yang ditemukan oleh pria yang berasal dari Assam India ini.

Penemu botol bambu ini bernama Dhritiman Bora, seorang pemuda lulusan Indian Institutes of Technology. Botol yang dibuatnya ini tersedia dari bebagai ukuran.

Harga botol ini mulai dengan harga Rp 100 ribu sampai Rp 120 ribu tergantung ukuran masing-masing. Selain itu yang buat botol bambu ini tidak bocor adalah, pada penutupnya dilengkapi oleh gabus ketat yang buat penutupnya bisa rapat dan tidak bocor.

"Menjadi produk alami, airnya tetap sejuk dan higienis dan kokoh dapat dibawa kemana saja. Botol-botol plastik sangat buruk bagi kesehatan dan di musim panas tidak dapat digunakan menjadi panas, ” kata Bora kepada North East Today.

 

3 of 3

Botol ini pun kini dijual secara online

Kurangi Penggunaan Plastik, Pria Ini Bikin Botol dari Bambu
Botol minuman yang terbuat dari bambu (Sumber: Storypick)

Dhritiman Bora dibantu oleh Mousom Bora dalam proses produksi. Kini botol bambu ini tersedia melalui platform toko online yang ada di India.

Plastik tersebar cukup luas dan digunakan oleh orang dalam rumah tangga sehari-hari, menjadi semakin sulit bagi mereka untuk menyebarkan kesadaran tentang botol ramah lingkungan.

“Saya sedang mencoba mendefinisikan kembali pilihan orang yang alami dan mentah melalui tribalplanets.com. Kami mencoba membuat semua produk mudah tersedia di depan pintu anda dengan sedikit digitalisasi,” kata Mousom.

Lanjutkan Membaca ↓