Cara Membuat Kue Pie Buah yang Mudah, Bisa Dipraktikkan di Rumah

Oleh Husnul Abdi pada 13 Agu 2019, 16:10 WIB
Cara Membuat Kue Pie Buah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kue pie buah bisa dilakukan di rumah. Dengan semakin populernya pie buah dijual di mana-mana, tentunya kamu juga ingin mencoba membuatnya di rumah. Apalagi dengan rasa pie buah yang enak, membuat siapa saja menjadi ketagihan.

Kamu bisa mengikuti cara membuat kue pie buah dan bahkan menambah isiannya dengan jenis buah-buah yang kamu inginkan.

Cara membuat kue pie buah tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat vla dan kue, hingga potongan buah. Selanjutnya, dengan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik, kamu sudah bisa mendapatkan pie buah sesuai keinginan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara membuat kue pie buah dari berbagai sumber, Selasa (13/8/2019).

2 of 4

Cara Membuat Kue Pie Buah

Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)
Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)

Cara membuat kue pie buah bisa dilakukan di rumah. Cukup dengan menyiapkan berbagai bahan dari cara membuat kue pie buah ini, kamu sudah bisa menikmati pie buah yang enak. Kamu bisa memilih cara membuat kue pie buah menggunakan oven ataupun tidak menggunakan oven. 

Bahan-bahan:

- 300 gr tepung terigu

- 150 gr margarin

- 2 butir kuning telur

- 70 gr gula halus

- 1 sdm susu bubuk

Bahan vla susu:

- 300 ml susu cair (boleh kemasan boleh murni)

- 2 sdm tepung terigu

- 1 sdm margarin

- 3 sdm tepung maizena

- 2 butir kuning telur

- 60 gr gula pasir

- 1/4 sdt garam

Bahan buah:

- Strawberry secukupnya

- Buah jeruk kalengan

- Buah kiwi secukupnya 

3 of 4

Cara Membuat Kue Pie Buah Tanpa Menggunakan Oven

Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)
Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)

Cara membuat kue pie buah tanpa menggunakan oven cukup mudah. Tidak terlalu jauh berbeda dengan cara membuat kue pie buah dengan oven. Perbedaannya hanya terletak pada saat memanggangnya saja.

- Kocok margarin dan gula halus dengan mixer hingga bertekstur lembut dan mengembang.

- Masukkan kuning telur sambil tetap dikocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.

- Masukkan terigu dan susu sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan kalis. 

- Tempel dan bentuk sesuai cetakan pie kecil. Tusuk-tusuk dengan garpu.   

- Panaskan teflon dengan api yang paling kecil, bisa memakai wadah untuk membuat martabak. Pilih teflon yang tebal, siapkan tutupan yang bening agar bisa dimonitor kematangannya, karena setiap pie bisa berbeda kematangannya tergantung tipis tebal adonan. Panggang 30 menit, mulai cek saat menit ke 20. Usahakan memanggangnya dalam suhu 180 derajat.

- Campur susu dengan tepung terigu dan maizena untuk membuat vla. Masak susu dengan api kecil sambil diaduk-aduk. 

- Masukkan kuning telur dan gula, aduk rata. Biarkan hingga vla mendidih, lalu masukkan gula dan margarin sambil tetap diaduk-aduk. Matikan api. Biarkan dingin.

- Masukkan vla ke dalam plastik segitiga. Semprot ke mangkuk pie dan hiasi dengan buah-buahan.

4 of 4

Cara Membuat Kue Pie Buah dengan Oven

Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)
Cara Membuat Kue Pie Buah (Sumber: Pixabay)

Selanjutnya, cara membuat kue pie buah juga bisa diterapkan mengunakan oven, yang memang menjadi salah satu cara yang banyak digunakan. Berikut cara membuat pie buah yang harus kamu ikuti:

- Ambil satu wadah ukuran sedang. Masukkan tepung terigu yang sudah dipersiapkan, garam dan mentega. Aduk hingga rata.

- Masukkan air dingin yang sudah dipersiapkan, lalu campur dengan bahan yang telah diaduk. Lalu diuleni supaya semua bahan benar-benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Ulangi sampai semua adonan liat.

- Masukkan adonan kulit pie ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 15-25 menit, lalu giling atau tipiskan adonan tersebut.

- Setelah itu, masukkan adonan kulit pie buah ke dalam cetakan pie yang sudah diolesi sedikit mentega. Cetakan bisa menggunakan beberapa cetakan kecil atau satu cetakan besar. Tusuk bagian bagian bawah cetakan supaya saat dipanggang, kue pienya tidak mengembang dan tetap tipis sesuai cetakan.

- Siapkan oven dan hidupkan dengan api sedang kecil. Atur suhu 180-210 derajat celcius. Masukkan cetakan pie dan panggang sampai matang (kurang lebih 20-30 menit).

- Selanjutnya buat vla. Ambil satu wadah lagi dan masukkan tepung maizena dan sebagian susu cair yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk sampai tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.

- Masukkan kuning telur yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk lagi supaya tercampur sempurna dengan cairan susu dan tepung maizena.

- Ambil satu wadah rebusan lagi. Masukkan sisa susu cair yang sudah dipersiapkan dan gula kosternya. Nyalakan dengan api sedang kecil dan aduk aduk supaya kedua bahan tersebut benar benar tercampur sempurna. Sesekali diaduk aduk sampai mendidih.

- Masukkan adonan tepung maizena kedalamnya. Aduk aduk lagi sampai tercampur sempurna dan mendidih baru diangkat dan didinginkan.

- Langkah terakhir adalah proses pembentukan pie buah. Ambil kulit pie yang sudah didinginkan, beri adonan vla secukupnya dan kemudian dinginkan sebentar sampai benar benar dingin supaya potongan buah bisa tenggelam ke dalam vla.

- Ambil beberapa potong buah, masukkan dan atur dengan rapi di atas pie buah.

Lanjutkan Membaca ↓