Padanan Kata Adalah Sinonim, Begini Penjelasan Beserta Contohnya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 12 Agu 2019, 19:25 WIB
Diperbarui 12 Agu 2019, 19:25 WIB
Padanan Kata Adalah

Liputan6.com, Jakarta Padanan kata adalah sinonim yang seringkali membuat seseorang menjadi bingung saat menemuinya dalam potongan kalimat. Pasalnya, kata ini memiliki kata yang sama dengan kata yang lainnya. Padahal dalam segi makna, memiliki definisi yang berbeda. Hal inilah yang sering membuat seseorang sering luput dari kesadaran. 

Padahal, ketika kamu lebih teliti dalam mengoreksi suatu kata maupun dalam kalimat utuh, kamu akan banyak menemukan persamaan antara yang satu dan yang lain. Maka tak heran kalau padanan seperti ini perlu untuk dipelajari lebih dalam lagi.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (12/8/2019) telah merangkum beberapa ulasan mengenai padanan kata yang kerap membingungkan. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini penjelasan tentang padanan kata yang dilengkapai dengan contoh kalimat beserta kosakata sinonim yang ada dalam padanan kata.

2 dari 5 halaman

Mengenal tentang Padanan Kata

Padanan Kata Adalah
Mengenal Padanan Kata (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Padanan kata adalah persamaan kata atau biasa dikenal dengan sinonim. Sinonim merupakan beberapa kata yang mempunyai arti sama atau hampir sama. Sinonim disebut juga dengan padan kata. Sinonim adalah kata yang memiliki makna atau arti yang sama.

Padanan kata adalah sinonim yang seringkali membuat bingung. Pasalnya, kata ini merupakan kata yang sama dengan kata yang lain. Padahal dalam segi arti, memiliki arti yang berbeda. Hal inilah yang membuat kita sering luput.

Jikalau bisa lebih teliti dalam mengkoreksi suatu kata maupun dalam satu kalimat, kamu akan banyak menemukan persamaan antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga padanan kata seperti ini perlu dipelajari secara khusus dan berlanjut.

Banyak yang perlu dipelajari dari padanan kata ini. Soalnya, seringkali kita juga luput terhadap kata yang memiliki sifat homonim, homofon, dan homograf. Ya, masih banyak yang perlu dipelajari sebelum benar-benar bisa membedakan mana yang sinonim, homonym, homofon, dan homograf.

Sehingga nantinya kamu akan lebih mudah dalam memilih diksi ketika ingin membuat sebuah karya sastra maupun karya tulis lainnya. Nah, agar kamu tidak kesulitan dalam mempelajari padanan kata ini, ada baiknya untuk memahami perbedaan sinonim dengan sifat kata yang lain.

3 dari 5 halaman

Sinonim Terbagi Menjadi Beberapa Bagian

Padanan Kata Adalah
Mengenal Padanan Kata (Foto: bookriot.com)

Padanan kata adalah sinonim memiliki tiga bagian. Berikut tiga pembagian dan penjelasannya:

Sinonim Absolut: merupakan suatu relasi dari dua kata atau lebih yang sama pada semua konteks. Di dalam sebuah bahasa, kata yang bersinonim absolut umumnya jarang ditemukan.

Sinonim Proporsional: merupakan arti dari dua kata atau lebih yang bisa bersubstitusi dengan beberapa ekspresi tanpa menimbulkan perbedaan arti. Dalam sinonim proporsional ini, perbedaan ada pada tingkat makna ekspresif, stylistic, dan medan pembicaraan seperti suami dan laki, kamu dan anda, buat dan bikin.

Sinonim Dekat: merupakan relasi arti antara dua kata atau lebih yang sebagian kata memiliki arti sama seperti besar dan luar biasa, cantik dan ayu, buta dan rabun.

4 dari 5 halaman

Contoh Kalimat yang Mengandung Padanan Kata

1. Perkara ini sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang sukar jika diselesaikan dengan kepala dingin. Sinonim sukar adalah sulit.

2. Hal paling utama dari naik kelas adalah proses pembelajaran dan pemahaman pelajaran pada setiap kelasnya.Sinonim dari utama adalah primer.

3. Indonesia akhirnya membuka asa untuk tampil pada final piala Uber tahun ini. Sinonim dari asa adalah harapan.

4. Kebanyakan orang menyukai seseorang yang jujur bukan orang yang suka berdusta. Karena orang yang berdusta hanyalah tukang pembohong. Sinonim dari berdusta adalah berbohong.

5. Cara pemakaian alat teknologi terbaru itu memang sangat dibutuhkan supaya orang awam bisa mengerti dengan baik bagaimana cara memanfaatkan teknologi tersebut. Sinonim awam adalah umum.

6. Bahagia rasanya jika mendekati waktu lebaran dimana semua keluarga besar akan berkumpul bersama. Sinonim bahagia adalah senang.

7. Tim basket di sekolahku memiliki target untuk memenangkan perlombaan antar sekolah tahun ini. Sinonim target adalah sasaran.

8. Apabila kamu berusaha dengan sungguh-sungguh dan selalu bekerja keras, niscaya semua impian kamu akan segera tercapai. Sinonim niscaya adalah pasti.

9. Nenek selalu mempunyai harapan supaya semua cucunya bisa meraih kesuksesan saat dewasa nanti. Sinonim mempunyai adalah memiliki.

10. Lina tampak sangat sedih saat ia melihat neneknya meninggal dunia tadi malam. Sinonim meninggal dunia adalah mati.

5 dari 5 halaman

Contoh Kosakata Padanan Kata

Selain dalam bentuk kalimat sinonim, juga memiliki padanan kata dalam satu kata tunggal yang memiliki arti yang sama meskipun pengucapan, serta tulisannya tidak memiliki kesamaan. Berikut beberapa contoh rangkuman kosakata sinonim yang ada dalam padanan kata.

1. Cantik= rupawan, ranggi, pantas, mahligai, adiwarna, adun, anggun, apas, ayu, bagus, bahari, baik, bergaya, kirana, berupa, laksmi, centil, manis, cakap, cendayam, elegan, ganjen, ganteng, geulis, gemar ber-setubuh, gombang, gasang, hasan, indah, jambu, jangak, janguk, jelita, jombang, juita, kacak, kemayu (tingkahnya), mewah, mempesona, menarik (hati), menawan, mentereng (terang), elok, mongel.

2. Fasih= bacar, bijak, calak, cepat, galir, lancar, lincir, lincir lidah, pantas, petah, petah lidah, petes.

3. Kontroversi= perbalahan, perbantahan, perdebatan, polemik, silang pendapat; percederaan, percekcokan, perselisihan, pertengkaran, pertikaian, prahara, permasalahan.

4. Panik= tegang, berpencar, salah tingkah, belingsatan, nanar, bingung, buncah, gagap, gamam, gelagapan, gelisah, kalangkabut, resah, senewen (cak), tersara bara, terkencar-kencar.

5. Hadir= datang, mampir, menengok, sampai, kemudian, berlabuh, mendarat, berkunjung, terlintas, tiba, timbul, turun, singgah, merapat, tampak.

Lanjutkan Membaca ↓