Cara Mencairkan Daging Beku dari Frezeer, Cepat dan Aman

Oleh Nisa Mutia Sari pada 12 Agu 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 12 Agu 2019, 13:30 WIB
Cara Mencairkan Daging Beku

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, kerap menjadikan daging sebagai bahan makanan yang wajib ada di rumah. Hal ini dikarenakan adanya kebiasaan makan dengan daging, baik itu dalam jangka waktu yang sering atau bahkan jarang. Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik.

Pada 100 gram daging terkandung kurang lebih 25 gram protein. Jumlah ini setara dengan setengah dari kebutuhan protein harian. Inilah kenapa stok daging dianjurkan untuk selalu tersedia di kulkas.

Umumnya, orang menyimpan daging di freezer. Hal ini menjadikan daging membeku agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, ketika daging ingin diolah, mencairkan es yang ada pada daging menjadi salah satu proses yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi bahan masakan.

Akan tetapi, apabila kamu tidak mencairkannya dengan tepat, maka makanan kamu akan berisiko terserang bakteri yang berbahaya. Biasanya, cara yang umum digunakan adalah dengan mencairkan daging beku secara perlahan dan merata di dalam kulkas. Namun cara ini memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi paling mudah dan paling aman.

Tetapi tenang saja, masih ada cara lain untuk mencairkan daging yang cepat dan aman. Berikut Liputan6.com, Senin (12/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mencairkan daging beku dengan cepat dan aman.

2 dari 3 halaman

Mencairkan Daging Beku dengan Air Dingin

Cara Mencairkan Daging Beku
ilustrasi daging/Photo by Victoria Shes on Unsplash

Cara mencairkan daging beku dengan menggunakan air dingin ini sangat ampuh cepatnya dan terbilang aman. Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencairkannya di dalam suhu kulkas. Namun perlu diketahui bahwa, daging yang telah dicairkan dengan menggunakan air ini harus segera mungkin dimasak.

Cara mencairkannya adalah dengan memasukkan daging ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat. Kantong jenis ini bisa melindungi daging agar tidak terserang bakteri yang ada di dalam air atau udara. Pilihlah kantong plastik yang berukuran besar. Kemudian tutup rapat kantong tersebut sambil mengeluarkan udara yang ada di dalamnya.

Kemudian rendam kantong yang berisi daging ke dalam mangkuk yang telah diiisi air dingin. Biarkan daging terendam dengan air hingga dagingnya benar-benar mencair. Setiap 30 menit sekali, buang airnya dan isi kembali dengan ini. Hal ini berguna untuk menjaga air tetap dingin dan segar.

Setelah es yang terdapat pada daging membeku, kamu bisa sesegera mungkin untuk memasaknya. Hal ini perlu dilakukan karena, daging tersebut telah terpapar suhu yang hangat. Karenanya, daging harus segera dimasak. Kalaupun ingin membekukannya kembali, kamu tetap memasaknya terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Cara Mencairkan Daging Beku dengan Microwave

Cara Mencairkan Daging Beku
microwave/copyright: shutterstock

Cara mencairkan daging beku berikutnya adalah dengan menggunakan microwave. Cara ini terbilang cukup praktis dan aman. Karena microwave bisa mencairkan daging beku hanya dalam waktu beberapa menit. Namun, perlu diketahui bahwa, mencairkan daging dengan microwave bisa membuat daging matang sebagian atau membuatnya menjadi keras. Sehingga memengaruhi kualitas makanan.

Cara mencairkan daging beku dengan microwave adalah dengan membuka pembungkusnya terlebih dahulu. Kemudian letakkan dagingnya pada wadah. Kamu bisa menggunakan wadah seperti piring yang terbuat dari keramik atau kaca yang tidak tercampur dengan bahan logam.

Selanjutnya, masukkan daging beku ke dalam microwave lalu tekan tombol defrost. Selama proses pencairan daging di microwave, kamu bisa melakukan pengecekan daging setiap satu menit atau lebih dengan cara menekan tombol pause untuk memeriksa dagingnya.

Cek daging dengan menyentuhnya. Apabila daging sudah terasa hangat, biarkan daging menjadi dingin dahulu selama satu menit atau lebih sebelum melanjutkan untuk mencairkannya lagi. Setelah dagi beku selesai dicairkan, keluarkan daging tersebut dari microwave.

Daging beku yang sudah empuk atau cair bisa langsung diolah untuk dimasak. Hal ini dikarenakan daging sudah terpapar suhu yang hangat sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu, daging harus segera dimasak agar makanan kamu tidak terkontaminasi. Apabila kamu ingin membekukannya kembali, ada baiknya untuk memasaknya terlebih dahulu.

Lanjutkan Membaca ↓