7 Jenis Senjata Api Pistol yang Terkenal dari Berbagai Negara

Oleh Husnul Abdi pada 08 Agu 2019, 17:40 WIB
Ilustrasi pistol

Liputan6.com, Jakarta Jenis senjata api pistol sangat banyak dari berbagai negara. Pistol atau senjata api genggam dibagi menjadi dua jenis utama. Revolver, yang menggunakan kamar peluru yang berputar. Dan pistol biasa, yang kamar pelurunya menyatu dengan laras.

Pistol merupakan senjata yang berlaras pendek, ringan, praktis, dan mudah dibawa. Pistol biasa dengan kaliber peluru yang kecil saja sudah cukup mematikan. Perlu latihan dan pengalaman dalam menggunakan senjata api pistol ini.

Jenis senjata api pistol semakin berkembang di berbagai negara. berbagai pabrikan senjata berlomba-lomba membuat pistol yang mengagumkan dengan tingkat kerusakan yang tinggi. Namun penggunaan pistol tentunya harus digunakan dengan hati-hati karena berkaitan dengan nyawa seseorang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2019) tentang jenis senjata api pistol.

2 of 4

Revolver dan Desert Eagle

Jenis Senjata Api Pistol
Jenis Senjata Api Pistol (Sumber: Pixabay)

Revolver

Ada dua jenis senjata api pistol Revolver. Pertama Single-action revolver atau senjata api dengan palu. Untuk Single-action revolver, palu yang memukul peluru sehingga meledak dan mendorong proyektil peluru keluar. Palu di pistol berada di atas pelatuk.

Kedua Double-Action Revolver. Senjata api ini menggunakan palu yang bergerak secara otomatis bersamaan dengan ditekannya pelatuk (dan silindernya bergerak ke arah peluru selanjutnya secara otomatis sesudah peluru keluar).

Revolver merupakan jenis senjata api, pelurunya dimasukkan ke tabung berputar. Pada revolver berkaliber 44 berisi 5-7 peluru. Kemudian revolver berkaliber 22 berisi 8-10 peluru.

Cara pengisian revolver dibagi menjadi 2 menurut design dan bentuk revolver. Pertama adalah pengisian satu per satu seperti revolver jenis lama seperti Colt Peacemaker, dan yang kedua adalah langsung, ketika silinder pengangkut peluru keluar.

Desert Eagle

Jenis senjata api pistol buatan Israel bernama Desert Eagle ini memiliki kemampuan daya tembak yang luar biasa. Dimana jika pistol pada umumnya hanya bisa menembus sasaran, namun berbeda dengan pistol ini.

Desert Eagle mampu menembus target sekaligus membuat target hancur seketika, seperti dilansir dari avclub.com. Berat pistol ini bisa mencapai 2 kg dengan panjang sekitar 30 cm. Pistol ini memiliki daya tembak 2000 joule yang akan menghasilkan suara tembakan yang amat keras.

3 of 4

Glock Meyer 22 dan Raging Bull

Jenis Senjata Api Pistol
Glock Gun (Sumber: Pixabay)

Glock Meyer 22

Jenis senjata api pistol ini merupakan senjata buatan Austria. Pistol Glock digunakan oleh angkatan bersenjata dan lembaga penegak hukum di seluruh dunia, termasuk sebagian besar lembaga penegak hukum di Amerika Serikat.

Glock 22 memiliki panjang 204 mm/8,03 inci dan lebar 32 mm/1,26 inci. Glock 22 merupakan versi .40 S&W. Kapasitas tempat mesiu sebanyak 15 putaran. Glock 22 juga termasuk senapan semi otomatis dan senapan mesin. 

Raging Bull

454Jenis senjata api pistol berikutnya adalah Raging Bull 454. Pistol asli buatan perusahaan Taurus yang berlokasi di Brasil ini mampu melakaukan tembakan sampai kecepatan 580 meter per detik. Energi yang dilontarkan pistol ini juga tak main-main, hingga 2700 joule.

Pistol ini sengaja dibuat untuk berburu dan untuk perlombaan olahraga. Namun ada beberapa polisi di dunia yang menggunakan senjata luar biasa ini untuk melawan kejahatan.

4 of 4

Colt 1911 dan G2 Combat Kal. 9 mm

Jenis Senjata Api Pistol
G2 Combat Kal. 9 mm (Sumber: PT. Pindad)

FN 57

Pistol FN Five-seveN merupakan salah satu jenis senjata api pistol semi otomatis produksi perusahaan senjata asal Belgia, FN Five-seven . Penamaan pistol ini didasari atas penggunaan peluru berkaliber 5,7 mm yang digunakan senjata ini, sedangkan penulisan huruf F dan N besar ditujukan pada inisial perusahaan pembuat senjata ini yaitu FN.

Sebagai senjata sidearm untuk Personal defense Weapon (PDW) FN P90, pistol ini menggunakan peluru dengan jenis yang sama yaitu 5,7 x 28 mm buatan FN yang dibuat pada awal 1990an. Peruntukan senjata ini pada awalnya untuk kalangan militer dan penegak hukum, tetapi pada tahun 2004 FN memproduksi juga varian bagi warga sipil dengan nama FN Five-seven USG yang dilengkapi dengan rel Picatinny.

Colt 1911

Jenis senjata api pistol satu ini dibuat oleh pengrajin pistol kenamaan bernama John Browning. Soal rumor, Colt 1911 sudah menjadi semacam legenda yang lekat dengan militer Amerika.Pistol ini mungkin terkesan tua modelnya, tapi sudah dipakai lebih dari 70 tahun. Bukan tanpa alasan kenapa sebuah pistol sampai digunakan selama 7 dekade.

Colt 1911 berisi 7 buah peluru dan setiap satu butirnya bisa dimuntahkan dengan kecepatan 1.225 kaki per detik. Belum lagi, pistol ini juga sangat enak dalam penggunaannya. Di Amerika, pistol mematikan ini tidak hanya populer di kalangan militer, tapi juga rumahan.

G2 COMBAT Kal. 9 mm

Jenis senjata api pistol selanjutnya dikembangkan oleh PT. Pindad yang berasal dari Indonesia. Pistol G2 Combat menggunakan amunisi 9 x 19 mm parabellum. Digunakan secara luas oleh angkatan bersenjata Indonesia, pistol ini dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Panjang laras 4.5 inch memastikan akurasi yang baik sambil menjaga kemampuan untuk menghadapi situasi pertempuran dengan jarak yang sangat dekat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by