Sukses

7 Wisata Gorontalo yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Indah dan Menakjubkan

Wisata Gorontalo memiliki pesona alam yang membuat siapa saja terpesona.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Gorontalo memiliki alam yang tidak kalah dengan wisata di tempat lain. Walaupun tidak seterkenal Bali, ternyata Gorontalo memiliki banyak sekali wisata alam indah, yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Berbagai wisata alam, mulai dari keindahan alam dataran tinggi, keindahan pantai, hingga keindahan alam bawah laut dimiliki oleh Gorontalo. Bahkan beberapa wisata Gorontalo kerap dibanding-bandingkan dengan wisata luar negeri.

Wisata Gorontalo memiliki pesona alam yang sangat indah dan menakjubkan. Namun karena lokasi Gorontalo yang cukup jauh dari Ibukota, tempat wisata ini tidak seterkenal yang lainnya. Padahal pesona alamnya bisa dibilang kelas atas di Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/8/2019) 7 wisata Gorontalo yang memesona. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taman Laut Olele dan Pulo Cinta

Taman Laut Olele

Wisata Gorontalo yang pertama adalah Taman Laut Olele. Para pecinta diving dan snorkeling sangat disarankan untuk mengunjungi taman laut satu ini. Bagaimana tidak, banyak sekali spot penyelaman favorit yang sangat indah di Taman Laut Olele ini.

Salah satu daya tarik utama taman laut ini adalah keberadaan coral endemik yang bentuknya mirip dengan lukisan Salvador Dali sehingga disebut Salvador Dali coral. Pantainya yang berpasir putih serta air yang jernih tentunya menambah keindahan Taman Laut Olele.

Pulo Cinta

Pulo Cinta merupakan sebuah resort ala Maldives yang berada di Gorontalo. Tempat ini sekarang begitu populer karena memang tempatnya mirip sekali dengan resort mewah yang ada di Maldives. Pulau dengan hamparan pasir putih yang luas ini, terletak di Teluk Tomini.

Tempat ini menawarkan sensasi menginap di tepi pantai layaknya yang ada di Maldives. Wisata Gorontalo satu ini cocok sekali untuk kamu yang sedang merencanakan bulan madu.

 

3 dari 4 halaman

Pulau Saronde dan Pantai Botubarani

Pulau Saronde

Masih seputar pulau, wisata Gorontalo berikutnya adalah Pulau Saronde. Tidak jauh berbeda dengan Pulo Cinta, Pulau Saronde juga memiliki pantai berpasir putih yang tak kalah menarik. Di tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling, hingga berkemah.

Tempat wisata satu ini sudah terkenal sampai ke luar negeri dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Pantainya yang begut jernih biasanya menjadi tempat berenang, menyelam dan bermain yang sangat menyenangkan dan dapat menenangkan diri. Kamu wajib berkunjung ke tempat ini untuk menghilangkan penat menjalani rutinitas sehari-hari.

Pantai Botubarani

Wisata Gorontalo memang menawarkan banyak sekali pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Botubarani. Salah satu pantai di Gorontalo ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu wisatawan dapat bermain dengan hiu paus.

Kamu bisa menikmati suasana pantai yang indah hingga menyelam dengan hiu paus yang tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.  Pantai Botubarani merupakan salah satu tempat untuk melihat hiu paus dari beberapa tempat di dunia. Tidak heran banyak juga wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini.

4 dari 4 halaman

Danau Limboto dan Benteng Otanaha

Danau Limboto

Wisata Gorontalo berikut ini mungkin salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal, yaitu Danau Limboto. Danau ini merupakan danau terbesar di Pulau Sulawesi dan merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo. Di sini kamu bisa mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya.

Selain itu, banyak warung yang buka di sekitar Danau Limboto menawarkan sajian kuliner khas Gorontalo yang unik. Datang pada saat senja akan menambah syahdu kunjunganmu ke Danau Limboto ini dengan suasana dan pemandangan yang begitu indah.

Bukit Savana Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo merupakan salah satu wisata Gorontalo yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Seperti pulau yang tidak berpenghuni pada umumnya, akses menuju ke pulau Diyonumo ini memakan cukup banyak waktu. Kurang lebih total 3,5 jam waktu yang dibutuhkan untuk menuju pulau ini dari pusat Kota Gorontalo.

Di sini kamu bisa memancing hingga berkemah. Sekilas memang pulau ini nampak seperti pulau terpencil pada umumnya, pantai pasir putih, air jernih, dan hutan. Hamparan padang rumput dan pemandangan dari atas bukit yang sangat menakjubkan merupakan favorit wisatawan saat berkunjung ke tempat ini.

Benteng Otanaha

Benteng Otanaha merupakan wisata Gorontalo yang berlokasi di bukit keluarahan Dembe I. Di bukit ini, terdapat 3 benteng dengan nama yang berbeda, seperti Ulupahu, Otahiya, dan Otanaha sendiri. Bila kamu suka wisata yang cukup menantang, kamu sangat cocok mengunjungi tempat satu ini.

Menurut sejarah, Benteng Otanaha merupakan benteng peninggalan bangsa Portugis yang kala itu dibangun pada sekitaran abad ke-15. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Benteng Otanaha, sebaiknya pastikan terlebih dahulu tubuhmu berada dalam kondisi yang fit.

Pasalnya untuk mencapai ketiga benteng tersebut, kamu harus dengan sabar menapaki jumlah anak tangga yang jumlahnya ada ratusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini