Coba Kabur dari Penjara, Napi Ini Pakai Topeng Silikon Mirip Wajah Wanita

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 06 Agu 2019, 10:25 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 10:25 WIB
Clauvino da Silva mengenakan topeng silikon untuk kabur
Perbesar
Clauvino da Silva mengenakan topeng silikon untuk kabur (Sumber: AP/Rio de Janeiro Penitentiary Administration Secretariat)

Liputan6.com, Jakarta Berbagai cara dilakukan oleh narapidana demi bisa menghirup udara segar untuk terbebas dari penjara. Entah itu dengan cara membuat kerusuhan atau lewat jalur belakang seperti menyogok.

Kali ini, cerita napi yang berusaha kabur datang dari Rio de Jeneiro, Brasil. Dilansir Liputan6.com dari laman Daily Mail, Selasa (6/8/2019), seorang napi di Brasil bernama Clauvino da Silva mencoba mengelabui penjaga penjara dengan menyamar sebagai wanita.

Napi yang merupakan kepala geng narkoba itu mengenakan pakaian anak perempuannya serta topeng silikon menyerupai wajah wanita. Untungnya, penjaga penjara segera mengetahui niat licik sang napi. Pasalnya, Clauvino da Silva tampak canggung saat berjalan yang mana tidak seperti wanita pada umumnya.

Clauvino da Silva mencoba kabur dari unit penjara Gabriel Ferreira Castilho pada Sabtu sore (3/8/2019). Pihak penjara lantas segera menangkap Clauvino yang ketahuan tengah berusaha kabur. Gembong narkoba itu akhirnya digiring ke sebuah ruangan dan diminta untuk melepaskan pakaiannya.

2 dari 3 halaman

Menyamar jadi wanita untuk kabur

Clauvino da Silva mengenakan topeng silikon untuk kabur
Perbesar
Clauvino da Silva mengenakan topeng silikon untuk kabur (Sumber: AP/Rio de Janeiro Penitentiary Administration Secretariat)

Juru bicara lapas lalu mengungkapkan kronologi saat napinya mencoba melarikan diri. Clauvino saat itu memakai baju atasan berwarna pink milik sang anak, jaket abu-abu, beserta bra hitam, celana jeans, kacamata, bahkan rambut palsu.

Sayangnya, meski Clauvino memakai topeng berbahan silikon yang menyerupai wajah wanita, gelagatnya yang jelas-jelas seperti laki-laki membuat penjaga penjara semakin curiga.

"Penjaga mengaku curiga dengan penampilannya. Khususnya saat ia dikerubungi oleh tujuh wanita yang merupakan tamu pengunjung. Clauvino seolah sengaja ditutupi oleh mereka agar tidak terlihat oleh penjaga penjara," Ungkap juru bicara seperti dikutip Liputan6.com dari laman Daily Mail, Selasa (6/8/2019).

Seusai ditangkap, salah seorang petugas merekam momen Clauvino membongkar aksi liciknya demi kabur dari penjara. Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, Clauvino tampak tak bisa berkutik lantaran aksinya telah tertangkap basah.

3 dari 3 halaman

Dipindahkan ke unit terpisah

Petugas segera melepas semua aksesori yang dikenakan Clauvino untuk menyamar. Benar saja, di balik wajah wanita tersebut ada sang napi, Clauvino da Silva yang akhirnya gagal melarikan diri.

Pihak berwenang mengatakan bahwa da Silva adalah bagian dari kelompok kriminal bernama Red Command. Red Command sendiri ialah salah satu kelompok geng besar di Brasil yang menguasai peredaran narkoba di sebagian besar kota Rio de Janeiro.

Menurut pejabat terkait, setelah gagal melarikan diri, Clauvino da Silva telah dipindahkan ke sebuah unit terpisah di penjara dengan penjagaan paling ketat. Pihak penjara juga mengimbuhkan bahwa dirinya akan dikenai tindakan disiplin tambahan.

Selengkapnya, berikut adalah video detik-detik aksi Clauvino terbongkar oleh penjaga penjara.

Lanjutkan Membaca ↓