Sukses

6 Robot Canggih Ini Diprediksi Dapat Mengubah Dunia

Banyak robot canggih yang diciptakan manusia dengan kemampuan super bahkan dapat mengubah dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang pasti sudah pernah menonton film, Bladerunner, Robocop, Al, Terminator, dan iRobot. Tak hanya di film, dalam dunia nyata juga sudah ada beberapa robot canggih yang mengesankan, mengejutkan dan memiliki fungsi mirip dengan manusia dalam beberapa hal.

Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri, telah mengganti tenaga manusia dengan robot dalam bidang produksi dan pengemasan, karena produk yang dihasilkan lebih sesuai standar mutu dan hasilnya pun lebih banyak dalam waktu singkat.

Para pencipta robot memang sengaja menciptakan robot yang menyerupai manusia, baik dari segi rupa maupun kemampuannya. Dari sekian banyak robot yang diciptakan manusia, berikut beberapa daftar robot tercanggih di dunia yang telah dilansir Liputan6.com dari brainberries.co, Senin (5/8/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Asimo

Asimo adalah robot humanoid yang dirancang oleh Honda. Robot ini dikembangkan dengan tujuan untuk membuat robot yang dapat berhasil hidup berdampingan dengan manusia.

Robot Asimo sudah mengalami beberapa tahap pengembangan. Asimo kini telah mempunyai kemampuan kecerdasan yang semakin meningkat seperti mengenali wajah lawan bicaranya, serta mengenali suara manusia yang sedang berinteraksi dengannya. Dua kekampuan tersebut telah mampu diterapkan Asimo dalam waktu yang bersamaan.

Kemampuan lainnya yang dimiliki robot Asimo versi terbaru adalah dapat berjalan cepat, berjalan mundur, melompat, naik turun tangga. Asimo didesain menyerupai manusia yang menggunakan pakaian astronot dan membawa ransel di punggungnya, dengan bobot 54kg dan tinggi 130cm. Asimo diklaim dapat berlari per jamnya sekitar 6 kilometer.

3 dari 7 halaman

2. Robot HRP-4

HRP-4 adalah robot humanoid yang dikembangkan untuk membuktikan bahwa robot dapat hidup berdampingan dengan manusia. Didesain untuk meniru atlet dengan tubuh langsing untuk membuatnya lebih dapat diterima oleh manusia. Pengembangan HRP-4 telah dapat menangani berbagai objek sekaligus karena tubuhnya lebih kecil dan lebih ringan.

HRP-4 memiliki tinggi 151cm dan beratnya sekitar 39kg. Laptop dapat dimasukkan ke dalam tas robor HRP-4 untuk menambah fungsi robot. Selain itu robot mengenali objek wajah manusia dan dapat melacaknya.

4 dari 7 halaman

3. NASA Valkyrie

Salah satu robot humanoid paling canggih di dunia ini, Valkyrie dibuat oleh NASA-JSC pada tahun 2015. Robot ini memiliki berat sekitar 125kg dan berdiri di atas 180cm. NASA Valkyrie bertujuan untuk memiliki terobosan besar dalam persepsi, perencanaan gerak dan kontrol humanoid.

5 dari 7 halaman

4. Spot Mini

Pernahkah kamu melihat episode robot Black Mirror? Boston Dynamics Spotmini terlihat seperti robot dari pertunjukan. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, Spotmini adalah robot semua listrik. Dengan muatan sekitar 14kg pada maks, telah terbukti bergabung dengan pasukan robot sepuluh robot Spotmini untuk menarik kendaraan besar. Selain itu kemampuan robot ini dapat membuka pintu, menaiki tangga dan memiliki gerakan seperti manusia yang hampir menakutkan.

6 dari 7 halaman

5. Fedor

Dirancang oleh program Fedor (Final Experimental Demonstration Object Research) di Rusia, robot super ini mampu menembakkan senjata. Jangan panik robot ini juga bisa mengendarai mobil, membuka pintu, mengganti bola lampu, memasukkan kunci, mengangkat beban dan melakukan push up.

Fedor memiliki berat sekitar 105kg Fedor dan tinggi sekitar 180cm. Selain itu Fedor dapat merespons perintah suara dan dikendalikan dari jarak jauh.

7 dari 7 halaman

6. Sophia

Dirancang oleh Hanson Robotics Sophia adalah robot mirip manusia yang diciptakan untuk mewujudkan impian manusia tentang masa depan. Pencipta robot ini, David Hanson percaya bahwa hak untuk robot akan diintegrasikan ke dalam dunia kita ketika robot di masa depan mulai berintegrasi dengan dunia manusia. Robot ini mampu melakukan banyak tugas.

Sophia telah diberi kewarganegaraan Arab Saudi, selain itu Sophia memiliki akun Twitter sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini