7 Seleb Ini Pernah Laporkan Netizen Ke Pihak Kepolisian

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 04 Agu 2019, 13:35 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 13:13 WIB
7 Selebriti yang Pernah Laporkan Netizen Ke Pihak Kepolisian

Liputan6.com, Jakarta Menjalani hidup sebagai seorang seleb memang tidaklah mudah. Selain memiliki penggemar, seorang selebi tak menutup kemungkinan memiliki haters. Haters ini biasanya adalah netizen yang memberikan hujatan dan komentar negatifnya kepada para seleb di media sosial.

Sebagian besar seleb pasti hanya akan menganggapnya sebagai angin lalu dan menganggap sebuah risiko. Namun terkadang banyak pula dari para haters ini yang bertindak kelewatan hingga buat para seleb menindaklanjuti ke jalur hukum.

Seperti baru-baru ini saat Ria Ricis menghebohkan dunia maya karena dirinya pamit dari YouTube, namun selang beberapa hari dirinya kembali lagi. Hal ini pun banyak dikomentari oleh para netizen, ada yang pro dan tidak sedikit pula yang menghujatnya.

Kini Ria Ricis mengunggah foto dirinya sedang berada di kopolisian di akun Instagramnya @riaricis1795. Diduga dirinya melaporkan para hatersnya ke pihak berwajib.

Berikut 7 seleb yang pernah laporkan netizen ke pihak kepolisian yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2019)

2 dari 8 halaman

Deddy Corbuzier

Gaya Deddy Corbuzier dan Ria Ricis Saat Mengisi XYZ Day 2018
Presenter Deddy Corbuzier saat jadi pembicara di XYZ DAY 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta, Rabu (25/4). XYZ Day merupakan ajang perkenalan KapanLagi Youniverse. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mungkin sekarang para haters akan berpikir ulang untuk berkomentar melebihi batas kepada Deddy Corbuzier. Tak butuh waktu lama bagi seorang Deddy Corbuzier yang memiliki tim yang bekerjasama dengan IT Kepolisian Indonesia untuk menangkap para haters yang berbicara SARA di akun Instagramnya ataupun memfitnah dirinya. 

Sejauh ini Deddy sudah menangkap beberapa hatersnya, namun dirinya tidak sampai menjebloskan para hatersnya ke penjara. Dia hanya memberi hukuman secara sosial dan memintanya untuk minta maaf ke pihak-pihak yang sudah dirugikan. 

3 dari 8 halaman

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina
Buku-buku hasil tulisan Prilly Latuconsina telah diterbitkan. Buku pertamanya ialah 5 Detik Dan Rasa Rindu. (Liputan6.com/IG/prillylatuconsina96)

Merasa tidak nyaman dengan sebuah fitnah yang berlebihan, Prilly Latuconsina akhirnya menindaklanjuti sebuah kasus foto-foto bugil yang diedit oleh oknum tidak bertanggung jawab ke jalur hukum pada tahun 2015. Kala itu Prilly ditemani oleh kuasa hukumnya, M. Sidiq Latuconsina, Prilly melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya, Jum’at (31/7/2015).

Diakui Prilly, awalnya ia tak ingin memperpanjang kasus ini. Namun sebagai public figure, Prilly pun geram dengan bully-an haters yang terus saja memancing Prilly untuk bertindak lebih.

“Aku awalnya santai, tapi tindakan dia (orang penyebar foto) memancing orang lain berpikir negatif. Jadi aku di fitnah tidak jaga kesucian, sudah tidak perawan, dan sebagainya. Fans juga sampai berantem,” kata Prilly Latuconsina, di SPK Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2015).

Prilly juga menegaskan, bahwa sudah ada beberapa orang yang ia catat dan dilaporkan kepada pihak berwajib, karena sudah menghina dan menyebarkan kabar Prilly sudah tidak perawan lagi.

“Pelakunya belum tahu, tapi ada dua orang dari akun sosmed yang sudah aku catat dan aku laporkan (pihak berwajib) yang sebarkan fitnah, pelecehan, juga menghina aku. Yang jelas itu haters,” ucapnya.

4 dari 8 halaman

Bella Shofie

[Bintang] Bella Shofie
Bella Shofie. (Instagram/bellashofie5292)

Selebriti satu ini memang sering jadi incaran komentar negatif para netizen, akun Instagram Bella Shofie sering ramai dengan kalimat hujatan haters. Bella Shofie dihujat lantaran dianggap melakukan settingan dan hobi pamer barang mewah. Bahkan, akun khusus haters pun bertebaran di Instagram maupun di Twitter.

Jengah dengan polah tingkah haters, pada tahun 2016 Bella Shofie sempat melaporkan seorang haters berinisial AM karena telah mengunggah sebuah video yang menghina dirinya. Dalam pengakuannya, Bella mengatakan jika dirinya merasa terhina karena video yang diunggah AM menjadikannya bahan lucu-lucuan. 

5 dari 8 halaman

Mulan Jameela

[Bintang] Mulan Jameela
(Instagram/mulanjameela1)

Pada tahun 2015, Mulan Jameela pernah ke pihak kepolisian dan akan melaporkan haters yang menghina dirinya. Tepatnya pada November 2015, ditemani pengacaranya, Ramdhan Alamsyah dan suami tercinta, Ahmad Dhani, Mulan menyambangi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2015). Mereka belum membuat laporan, namun berkonsultasi kepada polisi mengenai perlakuan para haters tersebut.

 

6 dari 8 halaman

Ayu Ting Ting

[Fimela] Ayu Ting Ting
Ayu Ting Ting (Nurwahyunan/Fimela.com)

Pada tahun 2015, tepatnya pada bulan Agustus Ayu Ting Ting sempat laporkan sebuah akun penjualan bayi. Kala itu anak Ayu Ting Ting, yang bernama Bilqis Khumairah Razak termasuk dalam daftar bayi yang dijual secara online.

Selain itu pelantun lagu alamat palsu ini juga melaporkan netizen yang melakukan penghinaan terhadap dirinya dan sang anak di media sosial. Ayu merasa tidak nyaman dan geram terhadap netizen yang sudah menghina dirinya serta anaknya.

 

 

7 dari 8 halaman

Ussy Sulistiawaty

[Fimela] Ussy Sulistiawaty
Ussy Sulistiawaty.(Adrian Putra/Fimela.com)

Ussy Sulistiawaty ditemani oleh kuasa hukumnya, Sandi Arifin, menyambangi Polda Metro jaya, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018). Kehadiran Ussy Sulistiawaty dalam rangka melaporkan beberapa akun Instagram yang telah mem-bully putrinya, Nur Amalia, atau yang akrab disapa Amel.

Sandy Arifin menjelaskan, ada belasan akun Instagram yang dilaporkan oleh Ussy Sulistiawaty karena sudah mem-bully anaknya di media sosial.

8 dari 8 halaman

Shandy Aulia

[Fimela] Shandy Aulia
(Deki Prayoga/Fimela.com)

Beberapa waktu lalu pada bulan Februari 2019, Shandy Aulia menjadi korban dari netizen yang tidak bertanggung jawab. Shandy mendapatkan pesan dari salah satu netizen dengan kata-kata yang kasar.

Mengenai pesan berisi ujaran kebencian itu pun ia laporkan ke pihak berwajib. Tak butuh waktu lama akhirnya ia bisa menemukan identitas dari si pengirim pesan yang ternyata adalah seorang wanita.

Sebenarnya Shandy awalnya tidak terlalu mempedulikan komentar para haters. Namun baru kali ini ia sakit hati saat membaca kata-kata kasar tentang dirinya.

Lanjutkan Membaca ↓