6 Situs untuk Buat Infografis Gratis, Tak Perlu Jago Desain

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 04 Agu 2019, 11:45 WIB
Situs untuk Buat Infografis

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengatakan bahwa gambar bernilai ribuan kata. Ketika perhatian khalayak mulai menurun, penting untuk menempatkan gagasan dengan jelas dan ringkas. Saat inilah sebuah infografis berperan. Infografis biasa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan dengan tak hanya menggunakan tulisan melainkan juga menggunakan gambar dan ilustrasi menarik.

Infografis tidak hanya membantu mencerna informasi lebih cepat, tetapi juga memastikan bahwa gambar dan informasi itu tetap ada dalam pikiran untuk waktu yang lama. Lebih mudah mengingat pesan dalam sebuah infografis dengan desain menarik daripada hanya pesan dengan seribu kata.

Namun, membuat infografis yang indah dan menarik secara visual bukanlah tugas yang mudah bagi sebagian orang. Program MS Word atau Paint 3D tak dapat mendukungmu membuat infografis profesional. Kamu mungkin bisa menggunakan Photoshop atau CorelDraw, namun, bagi yang tidak terbiasa, butuh waktu lama untuk dapat membuat infografis yang bagus.

Tak perlu khawatir jika tak jago desain. Kini banyak situs yang memungkinkan kamu untuk membuat infografis secara online. Situs-situs ini memiliki semua template dan alat penting yang diperlukan untuk menghasilkan gambar yang kaya visual dalam hitungan menit.

Berikut 6 situs untuk buat infografis gratis yang berhasil Liputan6.com lansir dari Guiding Tech, Minggu (4/8/2019).

2 of 7

Visme

Visme
Visme (sumber: Guiding Tech)

Situs pertama dalam daftar adalah Visme. Dengan koleksi templat yang menarik, situs ini membuat bahkan infografis dengan cara menyenangkan. Yang menarik dari situs ini adalah beragamnya koleksi ikon, font, gambar, dan grafik.

Menggunakan situs ini sangat sederhana, bahkan jika kamu seorang pemula. Selain itu, Visme memiliki video instruksional yang akan memandumu melalui langkah-langkah untuk membuat infografis.

Selain itu, kamu dapat mengubah ukuran infografis, atau membuatnya dari awal. Lebih penting lagi, ada tombol Autosave, yang memastikan bahwa kamu tidak kehilangan proyek kreatif di saat yang tak diinginkan.

Visme tersedia gratis dalam paket freemium. Paket dasar ini memungkinkan kamu membuat hingga 5 proyek dan memberimu akses ke penyimpanan 100MB. Pada versi gratis ini templat, bentuk, dan ikon juga terbatas.

3 of 7

Canva

Canva (sumber: Guiding Tech)
Canva

Canva tak dapat diragukan lagi kualitasnya dalam hal mendesain online. Mirip dengan Visme, situs ini dilengkapi dengan banyak aset gratis. Dari latar belakang yang menarik hingga ikon dan bentuk yang keren, kamu dapat menjelajahi banyak opsi.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengetikkan infografis di bilah pencarian, dan semua templat terkait akan segera muncul. Pilih satu yang kamu sukai dan mulai kustomisasi sendiri. Atau, jika kamu ingin membuat semuanya dari awal, Canva memungkinkanmu melakukannya juga.

Semua aset dikategorikan dengan rapi untuk menjadikan semuanya mudah diakses, bahkan jika kamu sepenuhnya baru di platform. Beberapa ikon, gambar, atau bentuk gratis, sementara yang lain dibayar.

4 of 7

PiktoChart

PiktoChart
PiktoChart (sumber: Guiding Tech)

Jika kamu mulai bosan dengan Canva, kamu mungkin bisa mulai menggunakan PiktoChart. Yang membuat PiktoChart menonjol dari yang lain adalah template yang bersih dan informatif. Mereka bebas dari kekacauan, yang membuat informasi mudah dikenali.

Dari segi stok elemen PiktoChart memiliki jangkauan yang luas. Cukup mencari mereka secara manual atau menggunakan drop-down, klik, dan item tersebut akan muncul pada layar. PiktoChart memungkinkanmu mengunduh resolusi gambar Normal dan Sedang dalam format PNG.

5 of 7

Snappa

Snappa
Snappa (sumber: Guiding Tech)

Snappa adalah alat lain yang memungkinkanmu membuat infografis yang mengesankan dalam beberapa menit. Snappa memberimu banyak opsi untuk templat, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga dapat mengubah ukuran template.

Selain infografis, ini juga memungkinkan Anda membuat Sampul Facebook dan Twitter yang keren, Thumbnail YouTube dan Cerita & Tulisan Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan memungkinkanmu mengakses hingga 5000 templat berbeda bersama dengan grafik keren dan foto HD.

6 of 7

Adobe Spark

Adobe Spark
Adobe Spark (sumber: Guiding Tech)

Adobe Spark adalah alat keren lainnya untuk membuat infografis, mendesain poster, dan posting Instagram juga. UI di Adobe Spark memiliki nuansa old-school. Namun, set alat bawaan cukup lengkap untuk hampir semua hal.

Ada banyak template yang bisa kamu mainkan. Dari timeline sederhana hingga lembar fakta yang keren, kamu akan menemukan segalanya di sini. Bagian terbaik dari Spark adalah jika kamu merasa perlu mengubah gambar dasar, Spark akan secara otomatis menampilkan semua gambar yang terkait dengan tema inti templatmu.

Adobe Spark memungkinkanmu mengunduh format PNG, JPG, dan PDF dari gambar. Menariknya Adobe Spark adalah bahwa versi gratisnya tidak memiliki banyak keterbatasan. Penggunaan ikon, gambar, dan gaya teks hampir tidak terbatas. Satu-satunya kekurangan adalah bahwa ia mencap tanda air pada hasil karyamu. Mengupgrade ke paket Pro dapat menghilangkan tanda air ini.

7 of 7

Infogram

Infogram
Infogram (sumber: Guiding Tech)

Sesuai namanya, Infogram adalah pembuat infografis. Sorotan utama situs ini adalah pembuat bagannya, yang memungkinkanmu memasukkan dan mengedit data untuk bagan. Jadi jika kamu menemukan grafik Google Sheets sedikit rumit untuk digunakan, Infogram bdapat menudahkanmu.

Setelah memilih bagan, yang perlu kamu lakukan adalah mengklik dua kali pada legend atau bidang data, dan spreadsheet akan muncul langsung di sebelah kanan. Kamu bahkan dapat mengunggah file sendiri. Selain itu, Infogram memungkinkanmu bermain-main dengan elemen lain seperti bentuk, animasi, dan peta. Pengoperasiannya sesederhana drag and drop.

Satu-satunya kekurangan situs ini adalah dengan versi gratis Infogram, kamu tidak dapat mengunduh gambar ke PC. Sebagai gantinya, kamu dapat membagikannya langsung di media sosial.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by