Sukses

Gempa Guncang Banten dan Sekitarnya, Terasa Hingga Jawa Tengah dan Jogja

Banten diguncang gempa magnitudo 7,4 yang terasa hingga daerah sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Indonesia sebagian besar memang berpotensi mengalami bencana alam, khususnya gempa bumi. Tepat pada pukul 19:03 WIB, gempa bumi berkekuatan 7,4  Skala Richter mengguncang Banten dan wilayah sekitarnya dengan durasi hampir 1 menit. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempa tersebut berpusat di 147 kilo meter Barat Daya Sumur, Banten.

BMKG juga menambahkan bahwa gempa yang terjadi pada Jumat, (2/8/2019) hari ini berkedalaman 10 kilometer. Gempa yang berlokasi pada 7.54 Lintang Selatan, 104.58 Bujur Timur tersebut ini berpotensi tsunami di Selat Sunda, Pelabuhan Ratu, dikutip dari Merdeka. 

"Levelnya waspada, warning daerah tersebut," jelas Rahmat Triono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah yang Turut Rasakan Gempa Banten

Gempa yang mengguncang Banten ini dirasakan oleh masyarakat luas khususnya di sekitaran wilayah Banten dan Sumatra Selatan. Getaran gempa terasa hingga di beberapa wilayah seperti Jakarta, Depok, dan Bogor serta Lampung. Tak hanya dirasakan di wilayah tersebut, getaran gempa juga dirasakan hingga wilayah Jawa Tengah seperti Magelang, Solo dan Yogyakarta. 

Wilayah Yogyakarta yang jaraknya sekitar 681 kilometer dari Banten pun turut merasakan dampak dari guncangan yang berpusat di Barat Daya Sumur, Banten tersebut. Meski merasakan gempa, masyarakat Yogyakarta tak dilanda rasa panik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Banten

  • Gempa Jakarta