Gempa Guncang Banten dan Sekitarnya, Terasa Hingga Jawa Tengah dan Jogja

Oleh Loudia Mahartika pada 02 Agu 2019, 20:07 WIB
Diperbarui 03 Agu 2019, 02:18 WIB
Gempa Guncang Banten dan Sekitarnya, Terasa Hingga Jawa Tengah dan Jogja

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Indonesia sebagian besar memang berpotensi mengalami bencana alam, khususnya gempa bumi. Tepat pada pukul 19:03 WIB, gempa bumi berkekuatan 7,4  Skala Richter mengguncang Banten dan wilayah sekitarnya dengan durasi hampir 1 menit. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempa tersebut berpusat di 147 kilo meter Barat Daya Sumur, Banten.

BMKG juga menambahkan bahwa gempa yang terjadi pada Jumat, (2/8/2019) hari ini berkedalaman 10 kilometer. Gempa yang berlokasi pada 7.54 Lintang Selatan, 104.58 Bujur Timur tersebut ini berpotensi tsunami di Selat Sunda, Pelabuhan Ratu, dikutip dari Merdeka. 

"Levelnya waspada, warning daerah tersebut," jelas Rahmat Triono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. 

 

2 dari 2 halaman

Daerah yang Turut Rasakan Gempa Banten

Gempa Guncang Banten dan Sekitarnya, Terasa Hingga Jawa Tengah dan Jogja
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Gempa yang mengguncang Banten ini dirasakan oleh masyarakat luas khususnya di sekitaran wilayah Banten dan Sumatra Selatan. Getaran gempa terasa hingga di beberapa wilayah seperti Jakarta, Depok, dan Bogor serta Lampung. Tak hanya dirasakan di wilayah tersebut, getaran gempa juga dirasakan hingga wilayah Jawa Tengah seperti Magelang, Solo dan Yogyakarta. 

Wilayah Yogyakarta yang jaraknya sekitar 681 kilometer dari Banten pun turut merasakan dampak dari guncangan yang berpusat di Barat Daya Sumur, Banten tersebut. Meski merasakan gempa, masyarakat Yogyakarta tak dilanda rasa panik. 

Lanjutkan Membaca ↓