Sukses

5 Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air Agar Tidak Rusak

Walaupun ada cara menyelamatkannya dari kerusakan, lebih baik kamu mencegah hal ini terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang melakukan kebiasaan membawa smartphone ke dalam kamar mandi. Entah itu untuk mendengarkan lagu, membalas chat yang penting, atau melakukan hal-hal penting lainnya. Namun, kebiasaan ini tidak jarang berakhir dengan nahas.

Seringkali smartphone yang dibawa ke dalam kamar mandi terjatuh ke dalam bak mandi atau bahkan ke lubang toilet, mengakibatkan gadget kesayanganmu menjadi rusak. Walaupun sudah ada beberapa smartphone yang tahan air, tentu buat kamu yang smartphone-nya masih lawas tidak bisa sembarangan membawanya ke kamar mandi.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menyelamatkan smartphone yang terendam air agar tidak rusak. Walaupun memang ada cara menyelamatkannya dari kerusakan, lebih baik kamu menghindari kebiasaan membawa smartphone ke dalam kamar mandi untuk mencegah hal ini terjadi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara menyelamatkan smartphone yang terendam air dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Segera Matikan Smartphone

Cara pertama untuk menyelamatkan smartphone yang terendam air adalah dengan segera mematikannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting.

Setelah itu, kamu tidak boleh mencoba-coba untuk menghidupkannya kembali, karena aliran listrik dalam smartphone yang terkena air bisa menyebabkan gadget-mu tersebut menjadi rusak. Jadi bila smartphone mu terendam air, segera keluarkan dari dalam air tersebut, dan matikan daya.

3 dari 6 halaman

Lepaskan Komponen Smartphone

Setelah kamu mematikan smartphone, kamu harus melepaskan semua komponen pada smartphone, seperti kartu SIM, kartu memori, serta baterai bila smartphone-mu tidak menggunakan baterai tanam. Setelah itu, keringkan semua komponen tersebut dengan tisu atau handuk.

Selain itu, kamu juga harus mengeringkan semua bagian pada smartphone sampai benar-benar kering. Bila kamu merasa percaya diri dengan kemampuan merakit alat elektronik, kamu juga bisa membongkar komponen smartphone lainnya agar semakin cepat kering. Namun hal ini hanya disarankan untuk orang yang benar-benar mengerti.

4 dari 6 halaman

Masukkan ke Dalam Beras

Mungkin cara menyelamatkan smartphone yang terendam air satu ini sudah sangat familier bagi kebanyakan orang. Setelah mengeringkan smartphone dengan tisu, kamu bisa memasukkanya atau menguburkannya di dalam beras.

Hal ini dilakukan agar beras menyerap air yang masih tersisa di dalam smartphone. Seperti yang telah diketahui, beras memang baik dalam menyerap air.

Setelah itu, kamu harus menunggu selama setidaknya dua atau tiga hari sampai smartphone benar-benar kering. Kamu juga bisa membolak-balikkan smartphone agar air terserap dengan baik.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Silica Gel

Selain menggunakan beras, kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan smartphone yang terendam air. Kamu perlu silica gel dengan jumlah yang cukup banyak agar bisa menutupi bagian-bagian yang sekiranya berpotensi dimasuki air.

Sama seperti penggunaan beras, kamu harus menunggu setidaknya dua atau tiga hari sampai smartphone-mu kering sempurna.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Pasir Kucing

Selain dua hal di atas, kamu bahkan juga bisa menggunakan pasir kucing untuk menyelamatkan smartphone yang teerendam air. Gunakanlah pasir kucing yang masih bersih untuk mengeringkan smartphone. Cara kerjanya sama dengan beras, kamu cukup mengubur smartphone di dalam pasir kucing ini, lalu diamkan beberapa hari sampai benar-benar kering.

Dalam menjaga smartphone yang terendam air agar tidak rusak, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan, seperti:

- Jangan terlalu banyak menggerakkan smartphone

- Jangan memencet tombol apa pun

- Jangan menyambungkannya smartphone dengan charger

- Jangan meniup smartphone, agar air tidak semakin masuk ke dalam

- Jangan menggunakan hair dryer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini