Cara Menggambar Doodle untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 30 Jul 2019, 18:50 WIB
Diperbarui 30 Jul 2019, 18:50 WIB
Cara Menggambar Doodle
Perbesar
Menggambar Doodle / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Cara menggambar doodle kerap dibutuhkan bagi kamu yang tertarik dengan dunia seni seperti menggambar dan mewarnai. Bagi pemula, menggambar doodle merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, dalam beberapa contoh bentuk gambar doodle saja nampak terlihat rumit. 

Maka tak heran, bagi beberapa pemula yang ingin mencoba kerap mencari bagaimana cara menggambar doodle ini. Doodle sendiri adalah merupakan seni menggambar yang dibuat secara tidak sadar atau tanpa tujuan tertentu.

Bentuk yang dihasilkan dari gambar doodle ini bisa bermacam-macam, mulai dari huruf, binatang, atau bisa juga hanya sekedar coretan abtsrak.

Walaupun doodle dikenal sebagai gambaran yang dibuat secara tidak sengaja, namun kini doodle sudah menjadi salah satu seni menggambar yang banyak diminati. Kini sudah banyak yang sengaja membuat doodle berisikan tentang pesan tertentu di dalam gambarnya.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin menggambar doodle, berikut ini Liputan6.com, Selasa (30/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara menggambar doodle untuk pemula.

2 dari 5 halaman

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Cara Menggambar Doodle
Perbesar
Menggambar Doodle / Sumber: iStockphoto

Sebelum memasuki pada cara menggambar doodle, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk membuat gambar doodle. Umumnya, untuk menggambar doodle kamu hanya memerlukan pensil atau pena dan kertas.

Oleh karena itu, buat kamu pemula, sebelum masuk ke cara menggambar doodle ada baiknya untuk menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini alat dan bahan yang perlu kamu siapkan untuk menggambar doodle:

- Buku sketsa

- Pensil

- Pulpen

- Stabilo

- Spidol marker

- Tinta pena

- Pewarna seperti pensil warna, cat, kapur, dan lain sebagainya

3 dari 5 halaman

Cara Menggambar Doodle Aneka Bentuk

Cara Menggambar Doodle
Perbesar
Menggambar Doodle / Sumber: iStockphoto

Cari Inspirasi

Mencari inspirasi merupakan salah satu hal terpenting dalam cara menggambar doodle. Mencari inspirasi untuk membuat doodle tak sesulit ketika seorang pelukis profesional ingin membuat sesuatu karya.

Bagi pemula yang ingin mencari indpirasi untuk menggambar doodle, kamu bisa menggunakan suatu tindakan, peristiwa, perasaan, seseorang, tempat, lagu favorit, lingkungan sekitar, atau bahkan nama kamu sendiri untuk dijadikan sebagai ide untuk membuat doodle.

Ekspresikan dengan Bebas

Cara menggambar doodle selanjutnya adalah kamu dibebaskan untuk menuangkan segala isi pikiran ke dalam bentuk gambar doodle. Ya, menggamvar doodle tidak menuntut sebuah gambar yang sama dalam satu sketsa. Oleh karena itu, kamu bisa dengan bebas untuk menggambar berbagai macam hal yang ada di pikiran kamu.

Menggambar doodle merupakan gabungan dari semua imajinasi kamu yang kemudian dituangkan ke dalam selembar sketsa menjadi sebuah gambaran doodle atau doodle art. Jadi, dalam cara menggambar doodle, kamu tidak membutuhkan konsep khusus. Kamu hanya perlu menggamar dengan bebas dan sesuai dengan imajinasi.

Menggambar Doodle dengan Tema Tertentu

Setelah kamu memiliki segudang imajinasi yang ingin dituangkan ke dalam gambar doodle, kini kamu bisa berlanjut ke teknik selanjutnya. Ya, untuk memperdalam seni menggambar ini, kamu perlu mencoba beberapa teknik menggambar sesuai dengan jenis gambar tertentu.

Berikut ada beberapa tema doodle yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengolah imajinasi menjadi semakin luas.

4 dari 5 halaman

Tema Menggambar Doodle yang Mudah Dipraktikkan

Cara Menggambar Doodle
Perbesar
Menggambar Doodle / Sumber: iStockphoto

Menggambar Doodle Nama

Buat kamu pemula, kamu bisa mencoba cara menggambar doodle dengan teks alias nama. Ya, ide ini sangat mudah untuk dicoba bagi pemula yang baru mengenal atau ingin menyelami tentang doodle.

Kamu bisa menggunakan nama sendiri atau nama orang lain untuk dijadikan sebagai bahan membuat gambar doodle. Berikut adalah beberapa ide dan cara menggambar doodle dengan nama:

1. Menulis nama dalam jenis font yang berbeda-beda

2. Menulis nama mulai dari yang berukuran kecil hingga pada ukuran yang terbesar

3. Menulis sebuah nama dengan berbagai variasi singkatan. Misalnya singkatan nama kamu, yang terkadang orang lain tidak mengetahuinya

4. Menulis nama dalam ukuran yang besar, kemudian di desain dengan berbagai objek yang kamu pikirkan

5. Menulis nama di dalam sebuah gelembung, lalu gambar beberapa gelembung lainnya di sekitar nama tersebut

Menggambar Doodle Hewan

Hewan juga menjadi inspirasi yang sangat menyenangkan ketika kamu akan menggambar doodle. Banyak hewan di sekitar yang bisa kamu jadikan sebagai bahan dalam pembuatan gambar doodle. Berikut ini ada beberapa tips dan cara menggambar doodle hewan:

1. Gambar semua makhluk hidup yang ada di air, seperti hiu, ikan paus, ikan pari, ubur-ubur, kerang. Kemudian tambahkan beberapa batu karang

2. Gambar semua hewan yang hidup di hutan, seperti singa, harimau, ular, burung, dan lain sebagainya

3. Gambar hewan biasa kemudian disertai dengan metamorfosisnya menjadi monster

4. Gambar hewan peliharaan dengan berbagai ekspresi dan pose

5 dari 5 halaman

Tema Menggambar Doodle yang Mudah Dipraktikkan

Menggambar Doodle Bunga

Bunga juga merupajan objek favorit yang mudah untuk digunakan untuk menggambar doodle bagi pemula. Pasalnya, bunga merupakan objek yang sangat simpel dan menarik. Berikut ini ada beberapa tips dan cara menggambar doodle dengan tema bunga:

1. Gambarlah sebuah vas bunga, kemudian gambar beberapa tangkai bunga dalam vas tersebut. Kamu bisa memilih bunga apa saja, sesuai dengan kesukaanmu

2. Gambar taman yang dipenuhi dengan bunga-bungan yang unik dan cantik

3. Gambar beberapa bunga matahari yang sedang disinari dengan cahaya matahari

4. Gambar bunga mawar dan beri detail pada bagian kelopaknya

5. Gambar setangkai bunga daisy dan tuliskanlah beberapa kata di tiap kelopaknya

6. Gambar bunga yang kamu sukai disertai dengan nama kamu

Menggambar Doodle Wajah

Ini merupakan cara menggambar doodle yang cukup rumit. Namun setelah berlatih menggambar doodle dengan tema sederhana di atas tadi, tak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuan kamu menggambar yang cukup sulit.

Berikut ini ada beberapa tips dan cara menggambar doodle wajah:

1. Gambarlah wajah kamu sendiri, teman, atau orang yang kamu senangi

2. Gambar beberapa karikatur konyol dari berbagai wajah yang kemudian kamu jadikan satu sesuai imajinasi kamu

3. Gambar beberapa wajah yang sama, namun mempunyai ekspresi yang berbeda seperti senang, sedih, tertawa, marah, atau bingung

4. Gambar setiap bagian yang ada pada wajah, mulai dari mata, hidung, dan mulut

5. Kamu juga bisa menggambar wajah kartun yang kamu sukai

Lanjutkan Membaca ↓