Sukses

Foto Pria Koleksi 1444 Surat Kabar dari 115 Negara Ini Bikin Melongo

Sergio Bodini mengumpulkan ribuan surat kabar selama 29 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, tepatnya pada Selasa (2/7/2019) Guinness World Records mengumumkan rekor baru dunia. Dalam laman resminya, seorang pria bernama Sergio Bodini berhasil memecahkan rekor dunia dengan mengoleksi surat kabar sebanyak 1444 judul berbeda.

Pria asal Italia itu telah bertekad mengumpulkan surat kabar sejak usianya baru 10 tahun. 1444 Surat kabar tersebut ia dapatkan dari 115 negara alias dua per tiga jumlah negara di dunia. Atas pencapaiannya, Sergio Bodini dianugerahi Guinness World Records dalam kategori koleksi surat kabar terbanyak dengan judul yang berbeda.

Awalnya, Sergio Bodini menyimpan koleksinya di dalam kamar. Namun sejak koleksinya semakin banyak, Sergio memutuskan untuk memasukkan kumpulan surat kabarnya ke dalam plastik yang disimpan di gudang bawah tanah yang dilengkapi alat pengatur suhu udara.

Seperti diketahui, surat kabar memerlukan perawatan khusus agar kertasnya tak habis dimakan oleh rayap. Alhasil, Sergio harus merogoh kocek untuk membeli alat pengatur suhu udara yang ia pasang di dalam gudangnya.

Ketika ditanya soal alasannya mengoleksi surat kabar, Sergio Bodini mengaku sempat bercita-cita menjadi jurnalis olahraga. Namun, Sergio dewasa justru berkecimpung di bidang sains sebagai seorang ahli kimia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih ingin menambah koleksi

"Ketika menyusun koleksiku dan memperbarui inventaris, aku merasa sangat bahagia. Aku suka ketika ingatan diabadikan menjadi dokumentasi seperti bulan madu, urusan bisnis, liburan, dan lain-lain," Ungkap Sergio Bodini seperti dikutip Liputan6.com dari laman Guinness World Records, Selasa (30/7/2019).

Dalam usahanya mengoleksi surat kabar, Sergio sempat mengalami kisah lucu. Saat itu, Ia berniat untuk membeli sebuah surat kabar di sebuah desa kecil di India. Namun, penjualnya tak mengizinkan Sergio lantaran ia tak bisa memahami maupun berbicara bahasa daerah India.

Beruntung, sopirnya turun tangan membantu menjelaskan niat Sergio kepada penjual tentang tujuannya untuk memecahkan rekor dunia. Alhasil, sang sopir berhasil membujuk si penjual untuk menjual korannya kepada Sergio.

Meski Ia sudah mengumpulkan ribuan surat kabar, Sergio mengaku masih ingin menambah koleksinya. Salah satunya surat kabar dari negara Tonga, Vanuatu, Solomon yang belum mampu ia wujudkan.

Selengkapnya, berikut foto koleksi surat kabar yang berhasil dikumpulkan Sergio Bodini yang sukses bikin melongo.

3 dari 4 halaman

Koleksi 1444 Surat Kabar

4 dari 4 halaman

Surat kabarnya disimpan di gudang bawah tanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini