Sukses

5 Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan

Efek samping penggunaan gel rambut berlebihan bisa merusak rambut

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan gel rambut bagi pria mungkin sudah menjadi suatu hal yang hukumnya wajib. Hal ini disebabkan karena pria memiliki jenis rambut yang sulit diatur, sehingga memerlukan gel untuk menata rambut. 

Penggunaan gel rambut mungkin bisa membuat seorang pria lebih percaya diri dan tampak rapi. Namun ternyata penggunaan gel rambut secara berlebihan memiliki berbagai efek samping, terutama untuk rambut.

Efek samping penggunaan gel rambut berlebihan bisa merusak rambut. Sebaiknya kamu lebih mengatur waktu dalam menggunakan gel rambut misalnya untuk menghadiri acara tertentu saja. Bila hanya beraktivitas di rumah usahakan tidak menggunakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/7/2019) tentang efek samping penggunaan gel rambut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Rambut Rontok

Efek samping penggunaan gel rambut yang pertama adalah dapat membuat rambut menjadi rontok. Hal ini terjadi karena penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat akar rambut melemah. Sehingga menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut.

Gel rambut bisa mengeringkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi kasar. Bila tidak ingin rambut menjadi cepat rontok, maka jangan menggunakan gel rambut secara berlebihan. Tentunya kamu tidak ingin mengalami kebotakan pada usia dini hanya karena menggunakan gel secara berlebihan.

3 dari 7 halaman

Rambut Kering

Selanjutnya, efek samping penggunaan gel rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Hal ini berkaitan dengan bahan dasar pembuatan gel rambut tersebut.

Kebanyakan gel rambut mengandung alkohol serta bahan kimia keras lainnya. Hal ini dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembapannya dan membuat rambut kering.

4 dari 7 halaman

Ketombe

Selanjutnya penggunaan gel rambut berlebihan juga dapat menyebabkan ketombe. Hal ini terkait dengan kulit kepala yang mengalami dehidrasi, yang berdampak pada berbagai masalah rambut.

Penggunaan gel rambut yang berlebihan bisa membuat kulit kepala kering dan bersisik sehingga menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri.

Di saat kamu ingin tampil percaya diri menggunakan gel rambut agar lebih rapi, kamu malah akan terlihat buruk karena ketombe.

5 dari 7 halaman

Rambut Bercabang

Selain itu, rambut kering, rusak, dan kasar sering menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang. Gel rambut cenderung menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan membuatnya rentan bermasalah.

Dengan begitu, penggunaan gel rambut secara berlebihan lebih baik diantisipasi secepatnya agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

6 dari 7 halaman

Mengubah Tekstur Rambut

Selanjutnya, efek samping penggunaan gel rambut berlebihan dapat mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan nantinya membuat rambut berkeriting. Sehingga tekstur rambut mengalami perubahan. Sebaiknya gunakan gel rambut di saat tertentu saja, dimana kamu memang butuh sekali menggunakannya.

7 dari 7 halaman

Perubahan Warna Rambut

Efek samping penggunaan gel rambut berlebihan berikutnya adalah menimbulkan perubahan warna pada rambut. hal ini bisa terjadi karena gel rambut akan mengganggu keseimbangan pH kulit kepala dan bahan kimia di dalamnya bisa membuat warna rambut alami menjadi pudar.

Menggunakan gel rambut tidak perlu berlebihan. Cukup menggunakannya di waktu yang memang diperlukan, maka kamu tidak akan merasakan berbagai efek samping yang tidak diinginkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini