5 Tips Packing Koper untuk Liburan Agar Tidak Makan Tempat

Oleh Husnul Abdi pada 28 Jul 2019, 10:20 WIB
Ilustrasi koper

Liputan6.com, Jakarta Packing koper liburan masih menjadi suatu hal yang merepotkan bagi kebanyakan orang. Biasanya hal ini terjadi karena terlalu banyak barang yang ingin dibawa, namun koper hanya mampu menampung sebagian dari barang tersebut. 

Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian dalam mengepak barang atau packing supaya kamu bisa liburan dengan nyaman. Kebutuhan pribadi yang banyak tentunya tidak bisa begitu saja ditinggal. Karena itu, kamu membutuhkan cara yang lebih efektif dan mudah agar semua barang dapat dibawa.

Tips packing koper untuk liburan perlu diketahui agar lebih nyaman dan praktis. Bila tidak menerapkan tips packing koper yang tepat, maka tidak mengherankan liburan kamu akan lebih merepotkan dan bisa berubah tidak memberikan kenyamanan.

Berikut Lipitan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/7/2019) tentang tips packing koper untuk liburan

2 of 6

Pakaian Digulung, Tidak Ditumpuk

Tips Packing Koper Untuk Liburan
Tips Packing Koper Untuk Liburan | via: cassiefairy.com

Tips packing koper untuk liburan yang pertama adalah menggulung pakaian, bukan menumpuknya. Menumpuk pakaian di koper dengan cara dilipat seperti biasa akan lebih memakan tempat daripada jika digulung.

Kamu bisa menggulung berbagai pakaian untuk mendapatkan ruang yang lebih luas dan memungkinkan kamu untuk membawa lebih banyak barang jika memang dibutuhkan. Apalagi bila kamu adalah orang yang biasanya membawa banyak baju saat liburan, cara ini akan sangat membantu.

3 of 6

Menggunakan Kantong Kedap Udara

Tips Packing Koper Untuk Liburan
Tips Packing Koper Untuk Liburan (Sumber: iStockphoto)

Tips selanjutnya adalah menggunakan kantong kedap udara untuk mengkerutkan ukuran berbagai barang atau pakaian. Kamu bisa memasukkan jaket, baju anak-anak hingga beberapa mainan lembut ke dalam kantong kedap udara ini.

Bahkan setelah kamu selesai liburan dan akan packing untuk pulang nantinya, kantong kedap udara atau disebut juga dengan vacuum bag ini bisa menjadi tempat menyimpan baju kotor yang kamu pakai saat liburan.

4 of 6

Gunakan Prinsip “Piramida”

Kiat Packing Praktis untuk Liburan (Syda Productions/Shutterstock)
Kiat Packing Praktis untuk Liburan (Syda Productions/Shutterstock)

Tips packing koper selanjutnya adalah menggunakan prinsip piramida. Prinsip piramida adalah meletakkan barang-barang besar di bawah terlebih dahulu, dan diakhiri dengan barang kecil layaknya priamida. Dalam packing koper bisa kamu lakukan improvisasi sesuai kebutuhan.

Pertama-tama, masukkan sepatumu di bagian paling bawah koper, bersama dengan celana jeans atau pakaian yang mudah kusut lainnya, bagian ini akan menjadi alas dan pelindung barang-barang lainnya, letakkan memanjang dan jangan digulung.

Selanjutnya, masukkan baju-baju yang sudah kamu gulung sebagai bagian tengah dari piramida. Setelah itu masukkan barang-barang yang mudah pecah dan rapuh, seperti kosmetik, aksesoris, atau dokumen di bagian paling atas dari piramida koper. Langkah terakhir adalah membungkus barang-barang tersebut dengan sisa dari celana jeans kamu.

5 of 6

Packing Barang-Barang Kecil dengan Baik

Packing
Ilustrasi packing. (Sumber Foto: curiouscitizen.com)

Tips selanjutnya berkaitan dengan membawa barang-barang yang kecil. Biasnaya barang-barang kecil ini malah membuat lebih bingung karena mudah tercecer dan hilang.

Oleh karena itu, untuk membawa barang-barang kecil seperti cincin, anting, kalung dan aksesoris lainnya kamu bisa membeli pillbox. Sedangkan barang-barang kecil seperti kaca mata, kaus kaki, hingga USB bisa diletakkan di dalam sepatu.

6 of 6

Jangan Menyisakan Ruang Kosong

Tips Packing Koper Untuk Liburan
Tips Packing Koper Untuk Liburan (iStockphoto)

Dalam packing koper untuk liburan, kamu tidak boleh menyisakan ruang kosong. Hal ini disebabkan karena, jika ada sedikit saja ruang kosong dalam koper, susunan packing di dalam koper bisa kacau lagi.

Apalagi bila ada barang-barang kecil. Untuk mengantisipasi bila koper kamu masih ada ruang kosong, kamu bisa memasukkan gumpalan kertas atau koran dan semacamnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by