Wanita Ini Telan 1,6 Kilogram Perhiasan dan Koin, Isi Perutnya Bikin Merinding

Oleh Loudia Mahartika pada 27 Jul 2019, 10:25 WIB

Diperbarui 28 Jul 2019, 19:14 WIB

Wanita Ini Biasa Telan 1,6 Kilogram Perhiasan dan Koin, Bikin Merinding

 

Liputan6.com, Jakarta Perhiasaan dan uang merupakan barang berharga yang biasanya disimpan di tempat tertutup dan dijaga agar tak hilang. Lazimnya perhiasaan dikenakan untuk mempercantik penampilan. Namun gimana jadinya jika perhiasaan dan koin justru dikonsumsi layaknya bahan makanan lainnya?

Terdengar aneh dan tak masuk akal, namun kejadian ini benar-benar terjadi. Banyak kejadian unik sekaligus aneh yang terjadi di dunia ini. Kejadian atau fenomena tersebut mungkin tak bisa ditangkap oleh nalar. Meski begitu, beragam kejadian-kejadian tak masuk akal kerap kali terdengar. Perilaku maupun kebiasaan mengonsumsi perhiasaan ini terjadi di India.

Seorang wanita di India memiliki kebiasaan yang tak pernah dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, yaitu memakan perhiasan dan koin. Setelah mengalami gangguan, dokter mengatakan bahwa ada sekitar 1,6 kilogram perhiasan dan koin ada di tubuh wanita tersebut.

 

2 of 3

Perhiasan Milik Ibunya Mulai Menghilang

Wanita Ini Biasa Telan 1,6 Kilogram Perhiasan dan Koin, Bikin Merinding
Wanita India telan 1,6 kilogram perhiasan. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Sabtu (27/9/2019) seorang wanita asal distrik Birbhum, Bengal Barat, India dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami gangguan pencernaan. Para dokter terkejut dengan apa yang dilihat saat memeriksa tubuh wanita berusia 26 tahun tersebut pada hari Rabu, 24 Juli 2019 lalu. 

Para dokter mengatakan bahwa di dalam tubuh wanita itu setidaknya ada 1,6 kilogram perhiasan koin. Jika ditotal perhiasan dan koin itu senilai Rp 923.605.864. Ibunya menyadari hal ini setelah ia merasa perhiasannya selalu menghilang setiap hari dan terus berkurang. 

“Kami telah memperhatikan bahwa perhiasan mulai menghilang. Tetapi setiap kali kami menanyainya, dia mulai menangis,” kata sang ibu. Ia menambahkan bahwa putrinya tersebut mendapatkan koin dari toko saudaranya, dikutip dari World of Buzz. 

“Kami biasa mengawasinya. Tapi entah bagaimana dia berhasil menelan semua benda ini. Dia tidak sehat selama dua bulan terakhir. Kami membawanya ke berbagai dokter swasta dan dia menjalani pengobatan tanpa hasil apa pun." imbuh sang ibu. 

3 of 3

Telan 1,6 Kilogram Perhiasan dan Koin

Wanita Ini Biasa Telan 1,6 Kilogram Perhiasan dan Koin, Bikin Merinding
Wanita India telan 1,6 kilogram perhiasan. (Sumber: World of Buzz)

Hasil pemeriksaan di Rampurhat Government Medical College and Hospital menunjukkan bahwa ada logam di tubuh wanita itu. Ketika ahli bedah membukanya, mereka menemukan 69 rantai, 80 anting, 90 koin, cincin hidung 11, cincin hidung, delapan pengunci, empat kunci, jam tangan, dua koin perak dan lima gelang kaki. 

Sebagian besar barang terbuat dari tembaga dan kuningan sedangkan yang lain terbuat dari emas. Secara total, semua yang ditemukan di perut wanita itu berbobot 1,6 kilogram. 

Kepala departemen bedah Dr Siddhartha Biswas mengatakan bahwa ketika wanita itu dirawat di rumah sakit pada 16 Juli, dia terlihat sangat lemah dan lesu. Kondisinya sangat kritis sehingga dia membutuhkan setidaknya lima botol darah.

"Dia bahkan tidak bisa makan secara fisik sehingga kami harus memberikan Total Parenteral Nutrition (TPN) untuk menyuntikkan makanan secara artifisial melalui mulutnya," katanya. Hanya satu minggu istirahat dan perawatan, kondisi wanita itu cukup stabil bagi para dokter untuk melakukan operasi. 

Berlangsung sekitar satu jam dan 15 menit, operasi itu berhasil setelah para dokter melepas semua logam dan perhiasan dari perutnya. Dr Biswas mengatakan kondisinya stabil.

"Jika kami terlambat mengoperasinya, mungkin dia tak akan selamat," ujarnya. 

Lanjutkan Membaca ↓