Sukses

4 Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Manja, Terapkan Sedini Mungkin

Tips mendidik anak supaya tidak manja bisa dimulai dengan hal yang sederhana

Liputan6.com, Jakarta Tips mendidik anak supaya tidak manja bisa diterapkan dengan berbagai macam cara. Dengan karakter dan kepribadian anak yang tentunya berbeda satu sama lain, tentunya orang tua diwajibkan untuk pintar dalam memilih cara yang tepat. 

Tips mendidik anak supaya tidak manja bisa dimulai dengan hal yang sederhana. Walaupun tidak akan mudah dan memiliki berbagai halangan, tentunya orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya di masa depan.

Orang tua bisa mengusahakan yang terbaik untuk memberi arahan dan didikan yang tepat untuk buah hati tercinta. Orangtua juga akan ikut terus belajar dari waktu ke waktu dalam membimbing anak dan memberi pendidikan yang tepat untuk mereka.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/7/2019) tentang tips mendidik anak supaya tidak manja

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memberi Tanggung Jawab Pekerjaan di Rumah

Tips mendidik anak supaya tidak manja yang pertama adalah memberi tanggung jawab pekerjaan di rumah. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak sekaligus mengajarinya untuk mengenal tanggung jawab itu sendiri.

Hal-hal sederhana seperti merapikan tempat tidur, menyapu rumah dengan benar, atau mencuci piring dapat menjadi latihan yang baik untuk anak dalam belajar tentang arti penting tanggung jawab.

Dengan mengajarkan hal tersebut sejak dini, anak bisa mengerti bahwa mereka tidak bisa selalu bergantung pada orang lain untuk melakukan sesuatu. Bila anak bisa menerapkannya, sifat manja pada diri si anak tidak akan muncul lagi.

3 dari 5 halaman

Membiasakan Berterima Kasih

Tips mendidik anak supaya tidak manja selanjutnya adalah membiasakan si anak untuk berterima kasih. Orang tua dalam hal ini bisa menjadi panutan utama anak-anak dengan membiasakan berterima kasih dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak akan terbiasa berterima kasih bila sering melihat orangtuanya berterima kasih. Hal ini mungkin tampak sepele tapi bisa sangat membantu tumbuh kembang anak untuk tidak manja.

Bisa menghargai usaha orang lain dan dengan senang hati juga mau membantu orang lain. Dengan begitu, anak dapat terbiasa dan lebih menghargai orang lain yang telah membantunya juga.

4 dari 5 halaman

Melibatkan Anak dalam Aktivitas Sosial

Selain itu, orang tua juga bisa melibatkan anak dalam berbagai macam aktivitas sosial untuk mendidiknya supaya tidak manja. Bangun empati dengan melibatkan mereka untuk ikut aktif membantu orang-orang yang membutuhkan.

Bisa dimulai dengan mengumpulkan mainan-mainan yang sudah tak dipakai tapi masih dalam kondisi bagus untuk disumbangkan, membuat kue untuk dibagikan ke para tetangga, dan lain sebagainya.

Saat anak sudah terbiasa dengan kegiatan yang membantu orang lain, ke depannya akan semakin kecil kemungkinan dia akan menjadi anak yang manja. Orang tua bisa menerapkannya sedini mungkin.

5 dari 5 halaman

Tidak Berlebihan dalam Memberi Pujian

Tips mendidik anak supaya tidak manja selanjutnya adalah tidak berlebihan dalam memberi pujian. Hal ini memang menjadi perdebatan tersendiri, namun satu hal terpenting dalam pemberian pujian adalah tidak berlebihan.

Cobalah lebih selektif dalam pemberian pujian pada anak. Beri pujian atas usaha mereka saat berhasil melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Jadikan pujian sebagai semangat dan motivasi untuk membantu anak menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan membuat anak menjadi terlalu dimanjakan.

Diperlukan usaha dan kesabaran dari orang tua dalam mendidik anak supaya tidak manja. Selain itu, orang tua juga harus pintar dalam memperhatikan kebutuhan anak, supaya mendapatkan cara terbaik untuk mendidik anak ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini