Sukses

Kisah 6 Artis yang Pernah Terjerat Narkoba dan Kini Bangkit Kembali

Banyak artis yang telah lepas dari narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 nampaknya tengah diramaikan dengan penangkapan artis-artis yang terjerat kasus narboka. Banyaknya jumlah artis dan figur publik yang tertangkap dalam kasus narkoba ini tentu menimbulkan keresahan di masyarakat dan kalangan artis. Hal ini karena penyalahgunaan narkoba oleh artis tentu akan mencoreng citra pelaku dunia seni.

Hanya dalam kurun waktu 6 bulan, belasan artis terciduk dalam kasus benda haram ini. Narkoba seperti menjadi sesuatu yang dekat bagi banyak artis baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak artis baik lelaki maupun perempuan menjadi bagian dari penggunaan barang haram tersebut. Mulai dari aktor, musisi juga pelawak bisa dengan mudah terkena narkoba.

Alhasil, mereka ada yang mendekam di balik jeruji penjara atau direhabilitasi. Tak hanya nama besar mereka yang tercoreng, karier yang sudah dibangun susah payah selama bertahun-tahun bahkan harus runtuh seketika. Meskipun begitu, bukan berarti tak ada kesempatan bagi para artis ini untuk membangun kembali karier mereka dan bangkit dari keterpurukan.

Berikut deretan artis yang telah lepas dari narkoba yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Raffi Ahmad

Pada 27 Januari 2013, Raffi Ahmad ditangkap oleh Badan Narkotika National (BNN) di kediamannya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Raffi ditangkap bersama teman-temannya yang ikut berpesta narkoba. Setelah diperiksa oleh pihak berwajib, Raffi dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis metylon.

Namun karena narkoba yang dikonsumsi Raffi tidak ada dalam undang-undang, membuat Raffi hanya perlu menjalani rehabilitasi di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Setelah dinyatakan selesai dari rehabilitasi, sedikit demi sedikit Raffi membangun kembali namanya di dunia hiburan Tanah Air.

Sukses lepas dari barang haram tersebut, karier Raffi Ahmad kini terus melejit. Bahkan kini Raffi telah membangun banyak bisnis di luar dunia hiburan. Raffi diketahui telah banyak membuka bisnis dari mulai lini fashion, makanan, dan oleh-oleh.

3 dari 7 halaman

2. Baim Wong

Baim Wong pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi pengguna narkoba dan minum minuman beralkohol. Aktor kelahiran 1981 tersebut memang mengakui masa lalu yang kelam sebagai anak muda yang nakal dan bandel. Usahanya untuk keluar dari jeratan barang haram tersebut ternyata tidak mudah.

Di tengah-tengah usahanya untuk berhenti, ia kerap sesekali mencoba menggunakannya lagi. Meskipun begitu, nasihat sang ayah yang berhasil menyadarkan suami dari Paula Verhoeven ini untuk bisa benar-benar lepas dari narkoba. Seperti Raffi Admad, Baim Wong juga membuka bisnis di samping kesibukannya di dunia hiburan Tanah Air.

4 dari 7 halaman

3. Ammar Zoni

Suami Irish Bella yakni Ammar Zoni pernah terjerat kasus narkoba pada 7 Juli 2017. Pemain sinetron 'Cinta Suci' ditangkap pihak kepolisiasan di kediamannya kawasan Depok dengan temuan barang bukti ganja kering seberat 39.1 gram.

Ammar Zoni mengakui memakai barang haram tersebut karena mengalami susah tidur. Ammar menjalani proses rehabilitasi di Natura Recovery Community Addiction Center selama lima bulan. Kini artis yang berusia 26 tahun telah aktif kembali di dunia hiburan, dan kariernya makin melejit.

5 dari 7 halaman

4. Roger Danuarta

Awal tahun 2014, Roger Danuarta diketahui pernah tersandung kasus narkoba. Roger ditemukan pihak kepolisian tengah teler di dalam mobil. Saat itu kondisi Roger masih dalam pengaruh jarum suntik yang menempel di tangan kanannya.

Di dalam mobilnya, pihak kepolisian juga menemukan paket ganja. Terbuktinya Roger memakai narkoba membuat dirinya dijatuhkan hukuman satu tahun penjara dan direhabilitasi di panti rehabilitasi BNN.

Kini Roger telah bebas, dan membangun kariernya kembali sebagai pesinetron. Bahkan Roger juga telah menjadi mualaf pada bulan Ramadan 2019.

6 dari 7 halaman

5. Axel Matthew

Kasus narkoba juga pernah dialami oleh putra Jeremy Thomas, Axel Matthew pada Juli 2017. Axel bukanlah pemakai narkoba, hanya dirinya pernah membeli narkoba. Hal itu terbukti dari tes urine Axel yang menunjukkan bahwa dia negatif narkoba. Meski negatif, namun pemesan narkoba tetaplah dikenakan hukuman pidana.

Di pengadilan, Axel mengakui perbuatannya pernah membeli narkoba. Berkat perbuatannya, artis berusia 21 tahun di penjara selama empat bulan.

Kini Axel Matthew memutuskan untuk fokus pada pendidikannya di London dan bisnis pakaian yang ia rintis. Axel sudah memulai bisnis pakaian dan semua desain yang digunakan adalah karyanya sendiri.

7 dari 7 halaman

6. Kirana Larasati

Kirana Larasati juga pernah menjadi seorang pengguna narkoba sejak usia 18 tahun selama hampir tiga tahun lamanya. Ia juga mengaku menjadi pencandu berat minuman beralkohol. Kirana mengaku menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol sebagai pelarian di tengah tekanan hidup tinggi.

Bertahun-tahun menjadi seorang pengguna narkoba dan pecandu alkohol akhirnya membuat aktris kelahiran 1987 tersebut tersadar bahwa menggunakan barang haram itu bukanlah jalan untuk menyelesaikan masalah. Dengan kemauannya sendiri, ia bertekad keluar dari jeratan barang tersebut hingga di tahun 2012 lalu ibu satu anak ini sudah benar-benar lepas dari narkoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini