Sukses

Peduli Lingkungan, Negara Ini Tetapkan Hari Libur Khusus untuk Tanam Pohon

Pemerintah Turki merancang rencana mengadakan hari libur nasional khusus untuk menanam pohon

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini hutan dunia sedang mengalami penyusutan lahan. Hal ini dipicu maraknya illegal logging dan kurang sadarnya manusia untuk melakukan penghijauan. Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon. 

Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga lingkungan dari bencana banjir dan longsor. Kampanye penghijauan rasanya hanyalah seperti kegiatan formalitas saja. Nyatanya masih banyak sekali orang yang belum sadar akan hal ini.

Sebenarnya banyak cara untuk mendorong semangat peduli lingkungan, seperti yang diterapkan oleh negara Turki yang punya cara cukup unik. Saat ini pemerintah Turki tengah merancang rencana untuk mengadakan hari libur nasional khusus untuk menanam pohon, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Sabah, Rabu (24/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Libur Khusus untuk Menanam Pohon

Ide untuk membuat hari libur khusus untuk menanam pohon ini datang dari seorang pengguna Twitter bernama Enes Sahin. Sahin mengungkapkan ide unik ini di akun pribadinya yang berhasil menjaring perhatian para warganet.

"Saya punya ide. Kenapa kita tidak menetapkan hari libur untuk menanam pohon? Kita luangkan waktu satu hari bagi 82 juta orang di negara ini, termasuk anak-anak dan lansia, untuk menanam pohon. Kita tunjukkan contoh yang baik kepada dunia dan mewariskan negeri yang hijau untuk generasi selanjutnya," papar Sahin.

Kicauan di media sosial ini menarik perhatian sejumlah tokoh penting, termasuk politisi muda Rumeysa Kadak, sampai presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Ide ini sangat brilian. Segera kami agendakan," ujar Kadak membalas pesan Sahin yang kemudian memperoleh 55 ribu respons dari para pengguna Twitter.

3 dari 3 halaman

Segera Direalisasikan

Tak lama setelah bertukar pesan di dunia maya, Sahin dan Kadak pun saling bertemu dan membahas ide-ide positif untuk kelestarian lingkungan. "Tidak diragukan lagi, sebentar lagi kita akan mendengar kabar baik untuk membuat Turki lebih hijau," ungkap Kadak.

Turki bukan negara pertama yang akan menggelar hari spesial ini. Beberapa negara sudah memiliki hari nasional khusus menanam pohon dan terdaftar di The Arbor Day Foundation. Beberapa negara ini di antaranya Australia, Kenya, Korea Utara, dan Iran.

Masih melalui media sosial Twitter, presiden Erdogan turut menyampaikan dukungannya terhadap saran dari Sahin.

"Ini ide yang sangat bagus. Kami selalu berusaha untuk membuat Turki lebih hijau. Saya dan rekan-rekan akan membahas rencana ini agar kita segera punya hari libur untuk menanam pohon," papar sang presiden.

Sahin mengaku ide ini terinspirasi dari hari libur Idul Fitri dan Idul Adha. Bagi Sahin, negaranya juga perlu hari libur yang khusus digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas peduli lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini