6 Tips Membeli Kulkas yang Awet dan Sesuai Kebutuhan, Jangan Salah Pilih

Oleh Husnul Abdi pada 23 Jul 2019, 19:25 WIB
Diperbarui 23 Jul 2019, 20:17 WIB
Penataan Makanan di Kulkas

Liputan6.com, Jakarta Kulkas merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan. Bahkan bisa dibilang kulkas sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menyimpan makanan supaya lebih awet dan tidak cepat busuk. 

Banyak orang yang masih ragu bagaimana cara membeli kulkas yang awet dan sesuai dengan kebutuhan. Pada akhirnya, banyak yang malah salah pilih dan mendapatkan kulkas yang tidak sesuai dengan kebutuhan karena tidak memikirkannya dengan matang terlebih dahulu.

Tips membeli kulkas yang awet dan sesuai kebutuhan bisa diikuti agar tidak salah dalam memilih. Apalagi dengan berbagai bentuk dan kemudahan yang ditawarkan oleh banyak merek kulkas sekarang ini tentunya membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2019) tentang tips membeli kulkas yang awet dan sesuai kebutuhan

2 of 7

Tentukan Ukuran Kulkas

Ilustrasi kulkas
Ilustrasi kulkas (sumber: iStockphoto)

Sebelum membeli kulkas, kamu wajib untuk menentukan berapa ukuran kulkas yang kamu butuhkan. Hal ini nantinya juga berkaitan dengan ruang kosong yang harus disediakan di dalam dapur ataupun ruangan lainnya di rumah. Oleh karena itu, ukuran lebar dan tinggi kulkas akan sangat penting dalam memilih kulkas yang kamu butuhkan.

3 of 7

Tentukan Jenis Kulkas

Kulkas / Sumber: iStockphoto
Kulkas./Copyright shutterstock.com

Selanjutnya, kamu bisa menentukan jenis kulkas yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis kulkas yang dapat kamu pilih, seperti kulkas freezer, kulkas tanpa freezer, ataupun kulkas top freezer. Kulkas freezer merupakan kulkas yang didesain khusus untuk membekukan berbagai makanan dan minuman.

Biasanya kamu bisa menemukan kulkas jenis ini di toko-toko yang menjual es krim. Selanjutnya, ada kulkas tanpa freezer, yang fungsinya memang hanya untuk menyimpan dan mendinginkan bahan makanan saja, namun tidak bisa membekukan makanan.

Dan terakhir, kulkas top freezer, merupakan kulkas yang paling umum digunakan di rumah. Hal ini karena kulkas ini memiliki freezer, dan bisa juga digunakan untuk mendinginkan makanan tau minuman saja.

4 of 7

Perhatikan Bahan Material Kulkas

kulkas
ilustrasi Kulkas /Photo by rawpixel.com from Pexels

Tips berikutnya adalah memperhatikan bahan material kulkas. Kulkas biasanya terbuat dari bahan material logam sebagai bahan utama, seperti, aluminium, krom, tembaga, serta baja.

Namun, kulkas yang sering ditemukan dijual di pasaran adalah yang berbahan stainless steel. Kualitas stainless steel tentunya tidak kalah dari bahan logam lainnya. Kulkas dengan bahan material stainless steel akan terlihat lebih elegan dan enak dipandang, serta memiliki resistensi yang kuat terhadap bekas sidik jari sehingga tidak berbekas meski sering disentuh oleh tangan.

5 of 7

Perhatikan Penggunaan Daya Listrik

Kulkas / Sumber: iStockphoto
Kulkas / Sumber: iStockphoto

Penggunaan daya listrik kulkas juga wajib diperhatikan sebelum membeli. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan berapa biaya listrik yang harus kamu keluarkan demi kulkas tersebut.

Apalagi kulkas harus selalu tercolok pada listrik setiap waktu untuk mendapatkan fungsinya secara maksimal. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting namun sering disepelekan oleh kebanyakan orang.

6 of 7

Sesuaikan Dengan Budget

Ilustrasi kulkas (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi kulkas (sumber: iStockphoto)

Salah satu tips membeli kulkas yang paling harus diperhatikan juga tentunya adalah harganya. Kamu bisa memilih kulkas apa saja yang terbaik, namun tentunya harus sesuai dengan kondisi keuangan yang kamu miliki, atau berapa budget yang kamu sediakan untuk kulkas tersebut. Nantinya dengan memperhatikan budget kamu sebelum membeli kulkas, kamu dapat memilih kulkas yang paling cocok dengan keinginanmu, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

7 of 7

Tempat Membeli

laci kulkas
laci kulkas (sumber: iStockphoto)

Selanjutnya, kamu bisa menentukan dimana kamu harus membeli kulkas yang kamu inginkan. Pertama, carilah toko alat elektronik yang terpercaya. Kamu bisa bertanya pada orang-orang yang sudah berpengalaman membeli, atau mencari di Google toko alat elektronik yang mendapatkan banyak ulasan positif.

Selain itu, merek atau brand dari kulkas juga bisa jadi pertimbangan. Jangan buta karena harga yang murah saja, namun kamu belum tahu bagaimana kualitas merek tersebut. Lebih baik kamu merogoh kocek agak mahal sedikit, daripada nantinya malah menghabiskan uang untuk memperbaiki barang yang dulunya kamu beli dengan murah, lebih baik membeli yang sudah terpercaya. Biasanya merek atau brand tersebut juga menawarkan berbagai fitur yang telah dimiliki oleh kulkasnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan juga..

Lanjutkan Membaca ↓