Sukses

Bikin Takjub, 6 Penampakan Hewan Bertubuh Transparan yang Tak Pernah Disangka

Transparansi adalah sifat fisik unik yang ditemukan di dunia hewan.

Liputan6.com, Jakarta Dunia hewan selalu menawarkan kejutan yang tak henti membuat takjub. Dengan beragamnya spesies hewan di dunia, tentu banyak hal unik dari dunia hewan yang sangat menarik untuk diketahui. Seperti yang kita ketahui, beberapa di antara jenis hewan memiliki pertahanan diri yang bisa dibilang unik, salah satunya adalah berkamuflase.

Seperti halnya beberapa hewan transparan yang memiliki teknik dan mekanisme khusus. Jika yang kamu tahu binatang yang bertubuh transparan hanya ubur-ubur, maka kamu salah. Hewan dengan tubuh transparan memiliki fungsi supaya terhindar dari predator yang menjadikan dirinya mangsa.

Transparansi adalah sifat fisik unik yang dapat ditemukan di dunia hewan. Ada banyak hal menarik tentang transparansi, termasuk tujuan dan mekanisme yang mendasarinya. Ada yang sebagian atau seluruhnya tembus pandang. Ada banyak jenis spesies yang transparan dan beberapa makhluk tersebut dapat ditemukan di darat dan di air.

Tapi bagaimana jadinya jika hewan-hewan transparan tersebut adalah hewan yang sering kita temui? Berikut 6 penampakan hewan bertubuh transparan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Katak Amazon

Para ilmuwan beberapa waktu lalu menemukan spesies katak baru yang memiliki tubuh bagian bawah transparan sehingga detak jantungnya dapat dilihat dari luar. Makhluk dengan punggung warna hijau muda itu, ditemukan di Hutan Amazon, Ekuador. Ilmuwan menempatkan katak baru itu di dalam genus Hyalinobatrachium, yang dikenal dengan ciri menonjol.

3 dari 7 halaman

2. Semut Pharaoh

Semut Pharaoh atau Monomorium pharaonis (Pharanaoh Ant) adalah satu dari jenis semut yang memiliki ukuran sekitar 2mm, semut ini termasuk dari hewan yang memiliki bagian tubuh transparan, dilihat dari gambar di atas, semut ini sedang memakan cairan berwarna sehingga warna tubuh semut ini mengikut kepada apa yang dia makan.

4 dari 7 halaman

3. Glaswinged Butterfly

Glasswinged Butterfly atau Great Oto adalah jenis dari Kupu-kupu yang memiliki keunikan transparan pada sayapnya atau kebanyakan orang biasa menyebutnya kupu-kupu bersayap kaca. Kupu-kupu ini biasa ditemukan di Amerika Tengah sampai Amerika Selatan, bahkan sampai di Chili. Mereka biasa bermigrasi dari utara Amerika sampai selatan Meksiko atau Texas.

5 dari 7 halaman

4. Barton Springs Salamander

Salamander Barton Springs (Eurycea sosorum) adalah salamander tanpa paru-paru yang terancam punah. Hewan ini pertama kali ditemukan di Barton Springs, Austin tetapi sekarang juga dikenal dari daerah lain seperti di Travis dan Hays Counties. Salamander Barton Springs berukuran rata-rata 6,4 sentimeter dan memiliki warna belang-belang bervariasi dari ungu gelap hingga transparan.

6 dari 7 halaman

5. Tortoise Shell

Tortoise shell adalah salah satu dari jenis kumbang. Kumbang memang tidak sepenuhnya memiliki tubuh transparan, namun hanya tempurungnya saja, dengan transparannya tempurung kumbang ini menjadikannya dapat berlindung dari predator dengan memberi peringatan atas warna tubuhnya yang mecolok. Uniknya, corak tempurung dari setiap kumbang berbeda-beda.

7 dari 7 halaman

6. Siput Transparan

Jenis siput ini ditemukan di salah satu dari 20 sistem gua terdalam di dunia, Lukina Jama-Trojama. Siput kecil ini memiliki kubah atau cangkang yang transparan. Hewan ini hanya menghuni gua-gua bawah tanah, atau yang sering disebut dengan eutroglobionts. Meski tinggal di tempat yang gelap, siput yang diberi nama Zospeum tholussum tidak memiliki kemampuan melihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.