6 Olahraga Mata yang Bisa Tingkatkan Fungsi Penglihatan, Mudah Dipraktikkan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 21 Jul 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 22 Jul 2019, 20:13 WIB
Olahraga Mata

Liputan6.com, Jakarta Apakah mata Anda sering merasa tegang hingga menimbulkan pusing? Menatap layar ponsel atau komputer menjadi salah satu penyebab mata menjadi lelah. Banyak cara untuk menunjang kesehatan fungsi mata. Mulai dari konsumsi suplemen, makanan sehat hingga olahraga, semua ini dapat membantu mata menjaga fungsinya.

Olahraga dapat membantu mengatasi kelelahan mata dan dapat membantu mata merasa lebih baik. Orang dengan penyakit mata yang paling umum, termasuk degenerasi makula terkait usia, katarak, dan glaukoma, juga akan mednapat sedikit manfaat dari olahraga mata.

Olahraga mata dapat membantu kenyamanan mata, terutama jika mata Anda lelah saat bekerja .Suatu kondisi yang dikenal sebagai ketegangan mata digital adalah umum di antara orang yang bekerja di depan komputer sepanjang hari. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kering, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Jika Anda tak dapat lepas dari pekerjaan komputer atau membuka sosial media, meluangkan waktu 10 menit untuk olahraga mata penting dilakukan. Latihan-latihan ini akan membantu meredakan ketegangan, memperkuat otot-otot mata, meningkatkan kinerja kognitif, dan meningkatkan waktu reaksi visual dan bentuk mata.

Berikut olahraga mata untuk menjaga mata tetap sehat dan berfungsi normal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/7/2019).

2 of 7

Olahraga mempertahankan fokus

Fokus mata
Fokus mata (sumber: iStockphoto)

Latihan ini bekerja dengan menantang fokus mata. Olahraga ini harus dilakukan dalam posisi duduk. Latihan ini diresepkan oleh dokter untuk orang-orang yang memiliki otot mata yang buruk. Berikut langkahnya:

- Gabungkan kedua jari telunjuk Anda, posisikan beberapa inci dari mata.

- Fokus pada jari Anda

- Perlahan gerakkan jari dari wajah, pertahankan fokus Anda.

- Berpaling sesaat, ke kejauhan.

- Kembali fokus pada jari perlahan-lahan.

- Palingkan wajah dan fokus pada sesuatu di kejauhan.

- Ulangi tiga kali.

3 of 7

Fokus dekat dan jauh

7 Cara Hilangkan Mata Panda dalam 7 Hari
Ilustrasi mata (iStockphoto)

Ini adalah latihan fokus lain yang dapat meningkatkan fokus mata. Seperti yang sebelumnya, olahraga ini harus dilakukan dalam posisi duduk. Berikut caranya:

- Posisikan ibu jari Anda sekitar 10 inci dari wajah dan fokuslah padanya selama 15 detik.

- Temukan sebuah objek kira-kira 10 hingga 20 kaki jauhnya, dan fokuslah padanya selama 15 detik.

- Kembalikan fokus Anda ke ibu jari.

- Ulangi lima kali.

4 of 7

Figure eight

Figure eight
Figure eight (iStockphoto)

Latihan inijuga harus dilakukan dari posisi duduk juga. Figure eight bekerja pada otot-otot secara berbeda dengan menggerakkan kepala dan menjaga mata di tetap fokus. Berikut caranya:

- Duduk dengan kaki lurus di depan tubuh Anda dengan tangan kiri di lutut kiri.

- Posisikan tangan kanan di atas lutut kanan, dengan siku lurus dan ibu jari mengarah ke atas.

- Jaga kepala tetap tenang dan fokuskan mata Anda pada ibu jari.

- Gambarlah angka delapan dengan ibu jari Anda, jaga siku tetap lurus sepanjang waktu.

- Ulangi latihan ini lima kali masing-masing searah jarum jam. Selanjutnya ulangi prosesnya dengan ibu jari kiri.

5 of 7

Pijat mata

Pijat mata
Pijat mata (iStockphoto)

Latihan ini mengurangi ketegangan mata dan kekeringan. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah untuk melakukannya dengan benar:

- Duduk tegak dengan bahu santai

- Miringkan kepala sedikit ke belakang dan tutup mata Anda

- Tempatkan telunjuk dan jari tengah dengan lembut di setiap kelopak mata

- Gerakkan jari kanan ke arah berlawanan arah jarum jam dan jari kiri ke arah berlawanan arah jarum jam

- Ulangi 10 kali sebelum mengubah arah gerakan melingkar

6 of 7

Olahraga gerakan mata

Ilustrasi mata
Ilustrasi mata. Sumber foto: pixabay.com/CC0 Creative Commons.

Berkedip

Duduk dengan nyaman dengan mata terbuka. Berkedip 10-15 kali dengan sangat cepat. Tutup mata Anda dan rileks selama 20 detik. Ulangi ini 4-5 kali.

Zooming

Duduk di kursi dengan tangan terentang kedepan dan ibu jari ke atas. Sekarang, tekuk lengan Anda secara bertahap dan dekatkan ke mata Anda, sehingga memperbesar ibu jari menjadi fokus.

Menggeser bola mata

Menggeser adalah tentang menggerakkan atau memutar bola mata dari satu arah ke arah lain. Lihatlah ke sudut kanan dan kemudian geser pandangan Anda secara bertahap ke arah yang berlawanan. Otot mata kecil menjadi lebih aktif dan sehat dengan semburan darah yang dipompa dari pergeseran.

7 of 7

Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20
Aturan 20-20-20 (iStockphoto)

Ketegangan mata adalah masalah nyata bagi banyak orang. Mata manusia tidak seharusnya terpaku pada satu objek untuk waktu yang lama. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, aturan 20-20-20 dapat membantu mencegah ketegangan mata digital.

Untuk menerapkan aturan ini, setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Mengikuti aturan ini adalah cara yang bagus untuk mata beristirahat sejenak dari layar digital.

Sedikit penelitian ilmiah telah menguji keefektifan aturan 20-20-20, American Optometric Association dan the American Academy of Ophthalmology merekomendasikannya sebagai cara untuk mengurangi ketegangan mata.

Hasil penelitian 2013 yang melibatkan 795 mahasiswa menyatakan bahwa mereka yang secara berkala memfokuskan kembali pada objek yang jauh saat menggunakan komputer memiliki lebih sedikit gejala sindrom penglihatan komputer, yang meliputi ketegangan mata, mata berair atau mata kering, dan pandangan kabur.

Lanjutkan Membaca ↓