7 Fungsi CMD pada Komputer yang Jarang Diketahui

Oleh Husnul Abdi pada 19 Jul 2019, 21:49 WIB
Diperbarui 19 Jul 2019, 21:49 WIB
Command Prompt. Dok: howtogeek.com
Perbesar
Command Prompt. Dok: howtogeek.com

Liputan6.com, Jakarta CMD atau Command Prompt merupakan tool command line interface di Windows yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai perintah dalam bentuk teks. Dengan menggunakan CMD kamu seakan bisa mengakses semua struktur komputer hanya dengan menulis suatu perintah berupa teks. 

Cakupan CMD bahkan lebih luas daripada Windows Explorer. Apalagi dengan menggunakan fitur CMD banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk melakukan peretasan.

Bagi orang-orang yang sudah terbisa menggunakannya tentu akan sangat bermanfaat, namun mungkin sebagian orang tidak begitu mengerti bagaimana cara memanfaatkannya pada komputer.

Fungsi CMD sangatlah luas walau penampilannya terlihat sederhana. Cara menggunakannya pun sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu mengetikkan CMD di kolom pencarian Start Menu, lalu klik kanan Comand Prompt dan pilih Run as Administrator.

Setelah itu kamu sudah bisa menjalankan perintah CMD sesuai keinginan pada komputer. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/7/2019) tentang fungsi cmd

2 dari 4 halaman

Mengecek Status Aktivasi Windows dan Menutup Aplikasi Secara Paksa

Ilustrasi WIndows
Perbesar
Ilustrasi WIndows (Sumber: Pixabay)

Melakukan pengecekan status aktivasi windows

Fungsi CMD yang pertama adalah untuk melakukan pengecekan status aktivasi windows. Bisa dikatakan pengguna windows saat ini sudah tidak terhitung lagi jumlahnya.

Namun banyak juga para pengguna windows yang belum melakukan aktivasi akunnya. Kamu bisa mengecek status windows yang kamu gunakan sudah di aktivasi atau belum dengan CMD atau Command Prompt ini.

Menutup Aplikasi Secara Paksa

Fungsi CMD selanjutnya adalah dapat menutup aplikasi secara paksa. Tak selamanya suatu aplikasi membuat kamu merasa enjoy ketika sedang memainkannya. Bisa saja hal ini juga terjadi ketika kamu ingin mematikannya akan tetapi mengalami kesulitan sehingga perlu dilakukan dengan cara paksa.

Didalam komputer, biasanya terdapat suatu pemberitahuan not responding yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sudah tak lagi bekerja sebagaimana mestinya.

Command prompt sendiri memiliki fungsi untuk mengatasi masalah ini dengan cara menghentikan aplikasi yang kamu inginkan. Bersama dengan fungsi dari task manager, Command Prompt atau CMD menjadi sebuah cara yang paling tepat untuk menghentikan program atau suatu aplikasi dengan cara paksa.

3 dari 4 halaman

Memeriksa Kondisi Hardisk dan Menyembunyikan File

Harddisk
Perbesar
Harddisk (Sumber: Pixabay)

Memeriksa Kondisi Hardisk

Memeriksa kondisi harddisk merupakan salah satu fungsi CMD yang tak kalah penting. Terkadang ada suatu kekhawatiran didalam diri apakah harddisk yang dimiliki kondisinya terbebas dari bad sector ataukah tidak.

Jadi untuk memastikan kondisinya dalam kondisi normal saja, Kamu bisa melakukan suatu pengecekan pada harddisk dengan memanfaatkan fungsi CMD atau command prompt ini. Karena itu Kamu perlu menguasai suatu perintah didalam command prompt yang berupa wmic diskdrive get status.

Menyembunyikan Suatu File

Fungsi CMD berikutnya adalah dapat menyembunyikan suatu file. Seberapapun file yang Kamu punya baik besar atau kecil kapasitasnya sangat penting bagi Kamu untuk melakukan tata kelola suatu file.

Perlu bagi Kamu untuk mengelola, menyimpan dan juga menyembunyikan file yang Kamu punya di komputer Kamu.  Jika yang Kamu inginkan untuk menyembunyikan suatu file misalkan, maka yang Kamu harus cari adalah perintah CMD atau command prompt.

Command prompt ini dapat menjadi sebuah solusi untuk membuat file yang semula dapat Kamu lihat dan juga Kamu akses sehingga menjadi tidak lagi dapat dilihat dan tidak lagi dapat diakses oleh pengguna yang lain. kamu bisa menyembunyikan sebuah file dengan mengetik sebagai berikut di CMD attrib + s + h E:/CAPCOM.

4 dari 4 halaman

Mematikan Komputer dan Memeriksa Baterai Laptop

Memeriksa Baterai Laptop
Perbesar
Memeriksa Baterai Laptop (Sumber: Pixabay)

Mematikan Komputer

Selain itu, fungsi CMD juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan komputer dengan lebih cepat. Jika biasanya Kamu mematikan komputer dengan cara klik start menu kemudian klik turn off computer atau shut down sekarang Kamu bisa coba dengan cara yang berbeda dengan memanfaatkan command prompt.

Memang cara ini masih terdengar asing akan tetapi ampuh mematikan atau hanya bisa dilakukan dengan teknik restart computer secara normal. Jika Kamu tertarik untuk mencobanya syarat wajibnya yaitu dengan koneksi jaringan.

Memeriksa Baterai Laptop

Memeriksa baterai laptop masih layak digunakan atau tidak juga merupakan fungsi CMD. Jika kamu tidak ingin bersusah-payah dalam mengecek ketahanan, baterai dan lain sebagainya secara gampang command prompt atau CMD bisa menjadi solusi yang kamu cari.

Yang kamu perlukan disini yaitu mengetahui perintah pengecekannya seperti powercfg energy. Dengan cara yang begitu sederhana ini, kamu dapat mengetahui apakah baterai laptop kamu masih layak untuk kamu gunakan atau sudah tidak layak.

Menjadikan Laptop Sebagai Wi-Fi

Salah satu fungsi penting laptop yaitu sebagai Wi-Fi. Cara ini memang tak terpikirkan sebelumnya, terlebih bila kamu hanya memiliki pengetahuan pas-pasan di bidang IT.

Padahal biasanya laptop merupakan penerima Wi-Fi, sekarang kamu bisa menjadikannya sebagai sumber Wi-Fi. Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi CMD pada laptop yang mampu memancarkan Wi-Fi tanpa tambahan software.

Lanjutkan Membaca ↓