Sukses

Wanita Ini Tiduran di Supermarket Pakai Kostum Sapi, Alasannya Tak Terduga

Stef Rose adalah bagian dari komunitas vegetarian di Australia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, media sosial Facebook dihebohkan dengan video seorang wanita mengenakan kostum sapi di sebuah supermarket di Woolworths, Perth, Australia. Dalam video yang diunggah pada Sabtu (6/7/2019), wanita tersebut tampak berdiri meratapi etalase daging.

Wanita yang diketahui bernama Stef Rose itu lalu memandangi deretan daging yang dipajang sepanjang etalase kemudian menunduk seolah dilanda kesedihan mendalam. Rupanya, wanita pemakai kostum sapi ini adalah seorang vegetarian yang tengah melakukan protes sebagai bentuk penolakan terhadap konsumsi daging.

Seperti diketahui, vegetarian merupakan kategori orang yang menolak makan daging, unggas, binatang buruan, ikan, kerang-kerangan dan berbagai makanan hewani lainnya. Mereka lebih mengutamakan konsumsi nabati sebagai sumber energi setiap harinya.

Maka tak heran para vegetarian bersikukuh tidak mengonsumsi daging hewan. Pasalnya, mereka menilai mengonsumi daging hewan sama halnya dengan mendukung eksploitasi hewan. Tentu saja aksi Stef Rose mengenakan kostum sapi ini jadi perbincangan hangat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk kampanye gaya hidup vegetarian

Dikutip Liputan6.com dari laman Unilad, Jumat (20/7/2019), video milik Stef Rose ditutup dengan momen dirinya tiduran di depan etalase daging di supermarket memegang papan yang bertuliskan "Kalian telah dibohongi". Di bawahnya, Stef Rose membubuhkan keterangan 'YouTube Dominion'.

Setelah ditelusuri, Dominion adalah sebuah video dokumenter di YouTube yang memperlihatkan tentang sisi kelam dari eksploitasi hewan semata untuk konsumsi pangan manusia. Dalam video yang diunggah tahun 2018 silam, Dominion juga menunjukkan bahwa binatang juga dieksploitasi untuk keperluan fashion, hiburan, hingga penelitian sains.

Mengetahui hal tersebut, Stef Rose tergugah hatinya untuk mengkampanyekan gaya hidup vegan agar eksploitasi hewan dapat dihapuskan. Langkah yang dilakukan Stef Rose terbilang cukup unik mengingat dirinya rela berpakaian aneh hingga berbaring di lantai supermarket.

3 dari 3 halaman

Tuai berbagai respons

Melansir dari laman Yahoo, rupanya Stef Rose tergabung dalam komunitas vegetarian bernama Direct Action Everywhere. Aksinya diyakini menjadi salah satu bentuk nyata untuk menyuarakan hak hewan yang dinilai punya hak hidup layaknya manusia.

Sayangnya, video tersebut kini telah dihapus. Namun kabarnya, Stef Rose sempat diusir oleh pelayan supermarket lantaran dirinya dinilai mengganggu pengunjung yang sedang berbelanja. Kendati demikian, tidak sedikit orang yang merekam aksi Stef Rose untuk diunggah ke media sosial.

Karenanya, aksi Stef Rose viral hingga menuai berbagai respon. Beberapa orang mendukung aksinya membela hak hewan agar tetap hidup. Sebaliknya, seseorang justru menantang Stef Rose dan menyatakan bahwa ia akan makan burger berukuran jumbo langsung di hadapannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.