Sukses

5 Wisata Malam Jakarta, dari Sejarah hingga Kuliner

Identik sebagai kota metropolitan, Jakarta banyak punya destinasi menarik.

Liputan6.com, Jakarta Wisata malam Jakarta selalu tak pernah sepi peminat. Jakarta menjadi destinasi wisata yang cukup banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri. Banyak pilihan tempat wisata yang ditawarkan Jakarta. Mulai dari alam, taman bermain, hingga wisata malam Jakarta.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta merupakan kota yang tak pernah tidur. Hingga malam hari, Jakarta tak pernah sepi dari hiruk-pikuk. Wisata malam Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Menikmati wisata malam Jakarta tak boleh terlewat jika singgah ke Ibu Kota.

Wisata malam Jakarta pun menawarkan berbagai pilihan. Mulai dari sejarah, seni, taman rekreasi, hingga alam, semuanya memesona dinikmati saat malam hari. Wisata malam Jakarta ini juga mudah diakses menggunakan transportasi umum, seperti TransJakarta atau KRL.

Jika Anda merencanakan liburan ke Jakarta, tak ada salahnya menikmati keindahan Jakarta di malam hari. Ada beberapa destinasi ikonik yang tak pernah sepi pengunjung. Lokasi ini bahkan begitu melegenda dan terkenal hingga mancanegara. Berikut lima pilihan wisata malam Jakarta yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kawasan Kota Tua

Tak hanya ramai dikunjungi pada siang hari, kawasan Kota Tua juga menjadi tujuan para pelancong di malam hari. Kawasan Kota Tua menawarkan kemegahan bangunan dengan berbagai arsitektur bersejarah. Dulu, Kota Tua merupakan sebuah benteng, kanal dan gedung perkantoran milik Belanda.

Kini, Kawasan Kota Tua menjadi kawasan bersejarah yang tak pernah sepi pengunjung. Pada malam hari, pengunjung bisa duduk santai di depan Museum Fatahilah. Di malam hari wisatawan juga masih tetap bisa menikmati kemegahan bangunan tempo dulu dihiasi gemerlap lampu. Banyak pula spot foto menarik dengan latar belakang museum seperti Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari dan banyak lagi. Tersebar pula para patung-patung hidup yang siap untuk diajak berfoto.

Tak ketinggalan, ragam kuliner dan cenderamata dapat Anda temukan di tempat ini dengan mudah. Banyak pula kafe dan restoran dengan nuansa tempo dulu yang dapat Anda kunjungi di malam hari. Akses menuju Kota Tua juga mudah ditempuh karena berada di dekat pusat kota. Anda bisa menggunakan KRL, TransJakarta ataupun kendaraan pribadi.

3 dari 6 halaman

Monas

Monumen Nasional, atau yang populer disebut Monas, adalah ikon kebanggaan Indonesia. Monumen setinggi 132 meter ini dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Kini, Monas menjadi salah satu tujuan wisata yang tak boleh terlewat di Jakarta.

Kawasan Monas buka pukul 8 pagi hingga 10 malam. Pada malam hari Anda bisa bersantai di pelataran monas. Anda juga bisa naik ke atas Tugu Monas dan menikmati gemerlap Jakarta malam hari dari ketinggian. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pertunjukan air mancur yang ada di kawasan Monas.

Air mancur ini dikenal dengan nama air mancur pesona Monas. Dengan perpaduan lampu warna-warni dan iringan musik, pertunjukan air mancur ini dapat dinikmati secara gratis. Namun, pertunjukan ini hanya dibuka tiap Sabtu dan Minggu selama 30 menit dengan dua sesi. Sesi pertama pukul 19.30 WIB dan sesi kedua pukul 20.30 WIB.

4 dari 6 halaman

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki atau TIM terkenal sebagai pusat kesenian dan kebudayaan. TIM memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop. Beragam acara kerap dihelat di tempat ini, tak terkecuali pada malam hari.

Di sini Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni seperti musik, opera, teater, dan tari. Tak hanya itu, Anda juga bisa menonton film-film baru di di bioskop XXI. Ada pula Kineforum, komunitas film yang kerap memutar film pendek baik dari dalam maupun luar negeri. Ada pula pameran seni rupa di Galeri yang sudah disiapkan.

5 dari 6 halaman

Pasar Baru

Pasar Baru merupakan salah satu pusat perdagangan tertua di Jakarta. Dulu, Pasar Baru merupakan sebuah kawasan perbelanjaan elite warga ekspatriat, karena memang lokasinya berdekatan dengan kawasan hunian elit di Jakarta. Kini, Pasar Baru bisa dikunjungi siapa saja.

Hingga malam hari, kawasan Pasar Baru tak pernah sepi pengunjung. Di Pasar Baru, Anda bisa berwisata kuliner. Ada berbagai pilihan kuliner yang siap untuk diicip, mulai dari Kerak Telor, Bakmi Gang Kelinci, hingga makanan khas Betawi lainnya. Tak cuma kuliner, Anda juga bisa berbelanja baju, tas, sepatu, dan lainnya dengan harga murah.

6 dari 6 halaman

Pantai Ancol

Tak cuma keramaian dan kemegahan kota, wisata malam Jakarta juga bisa ditemui di kawasan Ancol. Wisata malam yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Pantai Ancol. Pantai ini menjadi destinasi wisata warga Jakarta maupun para pelancong untuk melepas penat. Disini pengunjung bisa bersantai menikmati hembusan angin yang membuai.

Beragam kuliner juga dapat dinikmati di pantai Ancol. Di sini tersedia banyak kafe dan restoran yang siap memanjakan pengunjung dengan menu dan suasana pantai yang menenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.