Sukses

7 Rute Bus Wisata Jakarta yang Ajak Berkeliling Menikmati Ibukota

Bus bisa jadi pilihan transportasi wisata di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Rute bus wisata Jakarta adalah rute yang perlu diketahui jika berencana berlibur di ibukota. Jakarta, sebagai ibukota memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari sejarah hingga belanja, Jakarta menjadi destinasi wisata yang banyak diminati. 

Banyak cara untuk dapat mengakses tempat-tempat wisata di Jakarta. Salah satu cara mudah untuk dapat mengunjungi tempat-tempat ini adalah menggunakan bus wisata. Pemerintah kota Jakarta menyediakan bus wisata yang bisa digunakan para wisatawan.

Bus wisata ini dikelola oleh PT Transportasi Jakarta atau yang biasa dikenal dengan TransJakarta. Bus wisata Transjakarta ini disebut dengan bus Jakarta Explorer. Tercatat hingga saat ini TransJakarta memiliki 7 rute bus wisata Jakarta.

Rute bus wisata Jakarta ini meliputi tempat-tempat menarik di ibukota mulai dari ikon hingga tempat belanja di Jakarta. Dengan bus ini wisatawan akan dibawa berkeliling Jakarta. Menariknya, bus Jakarta Explorer ini dapat dinaiki dengan gratis. 7 rute bus wisata Jakarta tersebar di berbagai titik wisata Jakarta.

Jadwal dan rute bus wisata Jakarta sudah diatur oleh pihak TransJakarta. Bagi Anda yang berencana berkeliling Jakarta dengan bus Jakarta Explorer, penting untuk mengetahui rute bus wisata Jakarta.

Berikut rute bus wisata Jakarta yang berhasil Liputan6.com rangkum dari laman resmi TransJakarta, Jumat (12/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rute bus Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rute bus wisata Jakarta yang pertama melayani rute ke tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Dengan bus ini Anda dapat berkeliling sekaligus mempelajari tempat-tempat bersejarah di Jakarta.

Rute ini meliputi Monumen Nasional - Balai Kota - Museum Nasional - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Gedung Kesenian Jakarta - Juanda/Istiqlal.

Bus wisata sejarah Jakarta ini dapat diakses dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sementara pada hari Minggu, Anda dapat berkeliling dengan bus ini dari pukukl 12 siang hingga pukul 7 malam.

3 dari 8 halaman

Rute bus Jakarta Baru (Jakarta Modern)

Rute bus wisata Jakarta yang kedua adalah Jakarta Baru atau Jakarta Modern. Rute ini mengajak wisatawan ke tempat-tempat modern yang ada di Jak. Dengan bus ini Anda bisa menikmati suasana metropolitan Jakarta modern.

Rute dari bus Jakarta Modern meliputi Monumen Monas 1 - Monas 2 - Balai Kota - Sarinah 1 - Sarinah 2 - Museum Nasional - Pecenongan - Pasar Baru/Gedung Kesenian Jakarta - Juanda/Istiqlal.

Bus Jakarta Modern tersedia Senin sampai Sabtu dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sedangkan pada hari Minggu bus beroperasi pada pukul 12 siang hingga pukul 7 malam.

4 dari 8 halaman

Rute bus Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)

Rute yang ketiga akan membawa Anda berkeliling ke pusat kesenian dan kuliner. Bus Kesenian dan Kuliner atau Art and Culinary melayani rute Anda dapat menikmati suasana kesenian dan nikmatnya kuliner khas Jakarta.

Rute bus yang diambil antara lain adalah Monas 1 - Monas 2 - Balai Kota - Sarinah 1 - Bundaran HI - Harmoni - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Kebon Jeruk - Sawah Besar - Pecenongan - Pasar Baru/Gedung Kesenian Jakarta - Juanda/Istiqlal.

Bus wisata Art and Culinary tersedia hanya pada hari Sabtu pukul 5 sore hingga 11 malam. Dengan bus ini Anda bisa menikmati Jakarta di sore dan malam hari.

5 dari 8 halaman

Rute bus Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)

Bus wisata Jakarta Skyscrapers akan membawa Anda menikmati pengalaman berkeliling melewati gedung-gedung pencakar langit khas kota metropolitan. Suasana kota Jakarta penuh hiruk pikuk dan gedung-gedung yang menjulang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Rute yang diambil bus ini adalah Monas 1 - Monas 2 - Balai Kota - Sarinah 1 - Tosari 1 - Sudirman - GBK 1 - Bundaran Senayan - GBK 2 - Tosari 2 - Bundaran HI - Sarinah 2 - Museum Nasional - Pecenongan - Pasar Baru/GKJ - Juanda/Istiqlal.

Bus wisata Jakarta Skyscrapers beroperasi tiap Senin sampai Sabtu pada pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sedangkan di hari Minggu, bus beroperasi pada pukul 12 siang hingga 7 malam.

6 dari 8 halaman

Rute bus Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)

Rute bus yang kelima adalah bus wisata Jakarta Open Space. Bersama rute ini Anda akan dibawa menuju tempat-tempat yang memiliki ruang terbuka. Rute yang dilayani dengan bus ini meliputi Sarinah 2 - Balai Kota - Sarinah 1 - Tosari 1 - RPTRA Kalijodo - Tosari 2 - Bundaran HI.

Rute bus Jakarta Open Space dilayani dengan jadwal Senin sampai sabtu pukul 11 siang hingga 7 malam. Sedangkan pada hari minggu dilayani dari pukul 12 siang hingga 7 malam.

7 dari 8 halaman

Rute bus Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

Selain wisata sejarah, dengan bus wisata Jakarta Anda dapat mengunjungi tempat-tempat cagar budaya. Bus wisata Jakarta Heritage siap mengantarkan Anda menuju tempat cagar budaya Jakarta yang penuh nilai sejarah.

Rute ini melayani perjalanan dari Monas 1 - Monas 2 - Balai Kota - Sarinah 1 - Tosari 1 - Maqom Mbah Priok - Tosari 2 - Bundaran HI - Sarinah 2 - Juanda/Istiqlal. Anda dapat menikmati wisata cagar budaya dengan bus wisata ini pada Sabtu dan Minggu pukul 1 siang hingga 9 malam.

8 dari 8 halaman

Rute bus Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)

Ke Jakarta tak lengkap jika tak mengunjungi pusat perbelanjaan. TransJakarta ternyata juga memiliki rute yang bisa mengajak Anda berkeliling ke tempat-tempat perbelanjaan yang terkenal di Jakarta.

Rute bus Jakarta Shopping mealayni perjalanan mulai Sarinah 2 - Balai Kota - Wisma Nusantara - Tosari - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - Plaza Sentral - Lapangan Panahan - Istora Senayan - Plaza Senayan - Senayan City - Karet Sudirman 2 - Dukuh Atas 2 - Tosari 2 - Plaza Indonesia. Jadwal Bus wisata Jakarta Shopping tersedia dari Senin sampai Jumat pukul 10 pagi hingga 6 sore, Sabtu dari pukul 10 pagi hingga 9 malam, dan hari Minggu pukul 12 siang hingga 7 malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini