Unik, Penelitian Ungkap Lagu Skrillex Mampu Usir Nyamuk Demam Berdarah

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 12 Jul 2019, 14:20 WIB
Skrillex

Liputan6.com, Jakarta Mendengarkan musik dan lagu-lagu yang disukai sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari. Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Menurut hasil penelitian, manfaat mendengarkan musik secara tidak sadar dapat merubah mood bahkan juga membantu kamu lebih berkonsentrasi. Manfaat musik juga dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan penglihatan.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata musik juga memiliki manfaat lain yang tak terduga sebelumnya. Diketahui sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat musik bisa mengusir nyamuk. Kira-kira musik yang seperti apa? Baru-baru ini, terungkap sebuah fakta mengejutkan soal keterkaitan nyamuk demam berdarah dengan DJ kenamaan asal Amerika Serikat, Skrillex.

Lagu Skrillex yang banyak digemari oleh kaum muda ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah. Hal ini diungkapkan dalam sebuah jurnal penelitian Acta Tropica berjudul "Electronic music 'Scary Monsters and Nice Sprites' on foraging, host attack, and sexual activities of a mosquito named Aedes Aegypti”, seperti Liputan6.com lansir dari Fox 10, Jumat (12/7/2019).

2 of 3

Lagu Skrillex Mengusir Nyamuk Demam Berdarah

Penelitian tersebut menyimpulkan nyamuk jarang mengisap darah dan kawin ketika lagu Skrillex dimainkan. Para peneliti yakin musik dubstep ala Skirllex bisa menjadi cara baru mengurangi risiko penularan penyakit melalui gigitan nyamuk, seperti demam berdarah. Peneliti menciptakan dua lingkungan buatan untuk meneliti perilaku mengisap darah nyamuk Aedes aegypti.

Untuk penelitian ini, para peneliti melakukan uji coba dengan memasang musik Skrillex yang berjudul Scary Monsters and Nice Sprites dengan pengeras suara. Benda itu dipasang di dekat sangkar nyamuk aedes aegypti betina yang dibiarkan kelaparan selama 12 jam. Di dalam kandang tersebut, diisi juga satu nyamuk jantan untuk mengetahui perilaku seksual mereka, serta seekor hamster sebagai "buruan" dari serangga tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa meskipun sudah 12 jam tidak diberi makan, nyamuk yang terganggu oleh getaran lagu Skrillex tidak mencari makan hingga sekitar 2 sampai 3 menit musik itu selesai. Sementara, pada kelompok lain yang berisi nyamuk tanpa gangguan, akan menggigit mangsanya setelah 30 detik.

3 of 3

Alasan Lagu Skrillex Dapat Mengusir Nyamuk

Nyamuk
Ilustrasi Foto Nyamuk (iStockphoto)

Alasan lagu Skrillex dapat mengusir nyamuk adalah dari kombinasi suara berisik, tekanan dan getaran kuat, dengan nada yang terus meningkat. Peneliti menduga dentuman keras dan bising lagu tersebut membuat nyamuk bingung. Ketika kawin, nyamuk jantan harus menyelaraskan ketukan sayap dengan nyamuk betina menggunakan sensitivitas pendengaran.

Lagu milik Skrillex menghasilkan frekuensi suara di bawah 440 Hz, setara frekuensi suara yang dihasilkan oleh nyamuk betina. Jika kamu menyukai Skrillex, tak perlu repot mengupayakan mencari cara untuk mengusir nyamuk. Mainkan saja lagu "Scary Monsters and Nice Sprites".

Lanjutkan Membaca ↓